Connect with us

News

Bu Slamet tetap jaga Prokes

Avatar

Published

on

Bu Slamet, pedagang sarapan pagi yang menerapkan Prokes

Jakarta, Selasa (Koin24) – Warga baru selesai shalat Subuh berjamaah. Seperti biasa langsung “menyerbu” lapak sarapan pagi Bu Slamet.

Seorang tuna netra, dengan tongkatnya langsung memesan sarapan. Bapak ini hanya gunakan kebiasaan, setelah shalat Subuh, Bu Slamet sudah siap melayani pelanggan.

Pak Pulan begitu kita sebut, tetap melakukan protokol kesehatan dengan memakan masker dan menjaga jarak, agak menjauh dari lapak jualan Bu Slamet.

Khawatir suaranya tak terdengar, lelaki yang membuka jasa pijat kesehatan itu melangkah sedikit ke depan dan menurunkan sedikit masker, “Ada sarapan apa, Bu ?” Tanyanya.

Konsumen lain membantu menjelaskan bahwa sebagian dagangan sudah ada tetapi Bu Slamet belum mulai jualan, pulang lagi.

“Mungkin ada yang ketinggalan Pak atau shalat Subuh dulu. Lontong isi dan aneka gorengan sudah ada,” kata Mas Untung yang sudah menunggu lebih awal.

Pemijat kesehatan itu pun izin pulang dahulu. “Saya pulang dulu karena Bu Slamet belum ada, mau cari ketan buat ngopi” katanya.

Akhirnya Bu Slamet datang juga, sejumlah pelanggan sudah siap dengan pilihan sarapan pagi. “Maaf sudah lama ya menunggu,” ujar Bu Slamet menyapa pelanggan, Selasa sebelum matahari terbit.

Selasa 1 Juni 2021 bertepatan dengan hari libur. Bu Slamet mengaku lebih santai, bangun pukul 02.30 WIB karena dia pikir konsumen juga libur kerja.

“Biasanya bersamaan dengan jama’ah keluar masjid, sudah siap jualan. Karena ini hari libur sedikit santai,” kata Bu Slamet yang berdagang di Jalan Bambu Petung, Kompleks Perumahan Kodam Jaya Cipayung, Jakarta Timur.

Bu Slamet dan putrinya biasa mulai mempersiapkan makanan sarapan pagi pukul 02.00 dinihari. Itu sebabnya hari ini agak terlambat karena bangunan “kesiangan” pukul 02.30 WIB.

Ini ketan urap dan ketan bumbu juga baru matang, masih hangat. “Pisang masih digoreng sama putri saya. Kalau yang lain sudah siap,” ujarnya kepada konsumen.

Baik harga lontong isi maupun gorengan termasuk combro dan misro harganya Rp 1.250 atau empat Rp 5.000. “Pastel lagi ga ada, itu titipan,” ujarnya menjawab pertanyaan pembeli.

Bu Slamet, mengingatkan langganannya untuk menggunakan penjepit atas plastik untuk memilih makanan. “Kita perlu sama-sama jaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Rekan ‘bisnisnya” pemasok pastel sampai hari ini belum bisa berjualan. Lingkungan perumahan RT 03 RW 03 Kelurahan Cilangkap kena lock down karena Covid-19 pasca lebaran.

Konsumen Bu Slamet mayoritas adalah pekerja yang pada pukul 05.00 sudah mulai beraktivitas untuk menuju kantor mereka.

Itu sebabnya meski matahari belum terbit, usaha sarapan paginya sudah dikunjungi konsumen. Matahari di Cipayung terbit pada 05.54 WIB, sedangkan Bu Slamet sejam sebelumnya sudah buka usaha.

Soal keuntungan dikatakan lumayan untuk membantu rumah tangga. Harga sarapan yang rata-rata Rp 1.250 belum lama naik dari semula Rp 1.000 per potong, kecuali ketan urap dan ketan bumbu.

Ekonomi rakyat memang harus tetap berputar. Namun kesehatan masyarakat menjadi hal yang sangat penting.

Baik penjual maupun konsumen mari kita sama-sama melakukan 3M setiap kegiatan. Mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker dan menjaga jarak minimal satu meter.

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News

Personil Koramil 06 Cempaka Putih Dampingi Walkot Jakpus Tinjau PPKM Mikro

Published

on

By

Jakarta, koin24.co.id – (17/6) Personil Koramil 06 Cempaka Putih beserta Tiga Pilar dampingi Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma tinjau prokes PPKM mikro dan perkembangan Covid -19 di wilayah Cempaka Putih, tepatnya di Grand pramuka jl. Ahmad Yani kel. Rawasari Kecamatan Cempaka Putih.

“Seperti yang diungkapkan gubernur DKI jakarta, Anies Baswedan, saat ini penyebaran Covid 19 cukup mengkhawatirkan, penyebaran Covid 19 di beberapa wilayah menunjukan peningkatan. Agar lebih meminimalisir penyebaran bahkan memutus rantai penularan jajaran Tiga Pilar tingkat kota melakukan peninjauan. Dalam hal ini Walikota turun langsung kelapangan meninjau perkembangan Covid 19 diwilayah Cempaka Putih dan meninjau pelaksanaan PPKM mikro”, terang Dandim 0501/ JP BS Kolonel Inf Luqman Arief ditempat terpisah.

Dandim berharap, peninjauan dan penerapan PPKM mikro berjalan efektif dan dapat meminimalisir bahkan memutus penyebaran Covid – 19.

Dari informasi yang diraih, saat peninjauan berlangsung tim Walkot Jakarta pusat juga melakukan himbauan kepada warga dan masyarakat lainnya, mengingatkan pentingnya prokes mengantisipasi dan menangkal penyebaran 3 vairan baru Covid 19 yang saat ini sudah terdeteksi di Indonesia.

Turut hadir dalam peninjauan, Aspemseko Jakarta pusat, Camat cempaka putih, Kapolsek Cempaka Putih, Maneger pengelola Gran pramuka, lurah Rawasari, Babinsa Rawasari. Binmaspol Rawasari dan aparat terkait lainnya. (rls/Kodim 0501/JP BS)

Continue Reading

News

Babinsa Kemayoran Awasi Prokes Vaksinasi Warga

Published

on

Kemayoran, koin24.co.id – Aparat gabungan Tiga Pilar Kemayoran melaksanakan pengawasan vaksinasi Covid-19, di RPTRA Jln. Kemayoran Timur 8 RT 12/RW 07, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (17/6/2021).

Pengawasan diikuti oleh Camat Kemayoran Asep M, Lurah Kemayoran Rahmat Fajar, Babinsa Koramil 07/Kemayoran dan Bhabinkamtibmas Polsek Kemayoran, serta Satpol PP.

“Kami melakukan pengawasan pada kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi warga masyarakat di wilayah binaan, agar berjalan tertib aman dan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelas Danramil 07/Kemayoran Mayor Chb Endang Rahmat, kepada wartawan, di Jakarta.

Danramil juga mengatakan, vaksinasi yang diselenggarakan pada hari ini diperuntukkan bagi warga yang berusia antara 18 hingga 59 tahun. “Vaksinasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan imun atau kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19,” pungkasnya. (rls/Kodim 0501/JP BS)

Continue Reading

News

Babinsa Gambir Dan Pasukan BKO Lakukan Patroli Terapkan Prokes

Published

on

Gambir, koin24.co.id – Aparat gabungan Tiga Pilar kecamatan Gambir terus berupaya bahu membahu menekan laju penularan Covid-19 dari wilayah binaan, dengan imbauan protokol kesehatan (prokes) terutama di fasilitas umum.

Seperti yang dilakukan pada Kamis (17/6/2021) ini, Babinsa Pelda Julisman dan Serka Herlambang anggota Koramil 04/Gambir mendampingi pasukan BKO Kodim 0501/JP BS dari Marinir dan Zipur melakukan patroli di halte termasuk halte busway dan halte Musium Gajah.

Danramil 04/Gambir Mayor Inf Sisriyanto Ade Prasiska mengatakan, kegiatan yang dilakukan kali ini sebagai upaya antisipasi lonjakan Covid-19 dari wilayah binaan.

“Kami bersama-sama melakukan patroli penerapan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, di tempat-tempat umum,” ujarnya.

“Kami berharap warga masyarakat juga agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” tegasnya. (rls/Kodim 0501/JP BS)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler