Connect with us

News

Intan kuliah virtual sambil layani konsumen Warteg

Kamsul Hasan

Published

on

Intan kuliah virtual sambil melayani pembeli

Jakarta, koin24.co.id – Pandemi Covid-19 membuat keluarga ini berpikir keras untuk tetap bisa mencapai cita-citanya.

Intan, 20 tahun anak bungsu pedagang Warteg ini harus membantu keluarga sambil kuliah virtual.

“Warung bapak saya di Tawakal XI tutup. Jadi sementara bantu di warung kakak saya,” kata mahasiswa semester lima ini.

Keluarga harus aplusan menjaga warung makan yang buka hampir 17 jam itu. “Kalau pagi yang masak ibu saya,” jelasnya.

Selain Intan yang anak bungsu masih ada dua kakaknya menjaga Warteg ini. ” Kami kan keluarga semua, jadi soal jam kerja tidak dibagi dengan ketat,” ujarnya.

Mahasiswa jurusan manajemen di Pamulang ini mengaku kuliah sambil melayani pembeli baik yang makan di tempat maupun bungkus.

Sebenarnya dia kost dekat kampus di daerah Pamulang, Tangerang Selatan. Namun karena kuliah tatap muka diganti dengan virtual maka dia bantu keluarga melayani konsumen juga.

Dia menceritakan sebenarnya warung makan bapak dan ibunya ada di Tawakal XI, belakang Sumber Waras, Grogol, Jakarta Barat, namun ditutup selama Covid-19.

Jadi, pasangan bapak dan ibu beserta tiga putri mengisi Warteg kakak lelakinya. Dari warung inilah dilakukan subsidi silang untuk membiayai kontrak yang di Sumbar Waras.

“Warungnya kita pertahanan, meski tidak buka tetap bayar kontraknya. Tapi kontrakan tempat tinggal kita tutup, tidak kontrak dulu,” ujar Intan mengungkap strategi keuangan keluarga menghadapi Covid-19.

Saat Warung Ibu Intan di Tawakal XI beroperasi membayar dua kontrakan sekaligus bukan masalah. “Sewa tempat dagang dan tempat tinggal ga masalah. Namun selama tutup, repot juga,” kata anak bontot ini.

Belum lagi uang sewa kost di dekat kampus. Jadi ada tiga tempat yang harus disewa, sekarang tinggal dua saja, efisiensi.

Meski tempat kostnya tetap dibayar namun tidak ditempati seperti saat ada perkuliahan tatap muka. “Biar irit makan dan sambil bantu saya tinggal dan kuliah dari sini,” ujar mahasiswa semester lima ini.

Soal apa yang akan dilakukan setelah lulus nanti, Intan dengan yakin menjawab mau kerja dulu di perusahaan orang. “Mas Atok kan pernah kerja juga meskipun sekarang tekuni Warteg,” ujarnya menjelaskan kakak sulung.

Kakak sulungnya dan kakak iparnya diakui keduanya sarjana, namun akhirnya kembali memilih dunia Warteg yang menghidupi keluarga mereka. Apakah melalui pendidikan tinggi keluarga mereka akan membangun usaha waralaba Warteg ? Belum sampai berpikir ke arah itu kata Intan.

Saat ini masyarakat mengenal ada waralaba Warteg, seperti Kharisma, Mamoka, Subsidi dll. Namun keluarga ini mengaku belum mau terjun ke bisnis waralaba Warteg seperti itu.

“Tidak tahu nantinya, coba tanya Mas Atok yang sudah lebih lama menekuni dunia Warteg, meski dia sarjana teknik tapi manajemen dagang lebih tahu,” ungkap Intan.

Mas Atok sendiri saat ini selain membuka di Ceger yang sementara ditunggui keluarga juga ada di Cilangkap. Katanya mau buka lagi di sekitar Cipayung dan Ciracas tetapi masih menunggu pandemi Covid-19 dulu.

Diakui Intan, omset berdagang turun pernah tinggal 30 persen. Sekarang bersyukur mulai meningkat lagi meski belum normal.

Seperti juga masyarakat lain, keluarga pedagang Warteg ini berharap vaksin segera ditemukan. Bila masyarakat sudah divaksin kehidupan bisa kembali normal, meski tetap dengan protokol kesehatan.

Meski sibuk dengan kuliah virtual dan melayani pembeli, Intan selalu mengingatkan pada konsumen apa bila warung kepenuhan.

Tempat cuci tangan dan sabun disiapkan di depan pintu masuk. Biasanya sepulang shalat Jumat, pembeli agak padat karena di seberang warung ada masjid. “Alhamdulillah, ada pembeli yang sudah sadar kalau penuh menunggu atau memesan dari luar,” jelasnya.

Dia mengaku beruntung tidak keluar kuota untuk kuliah virtual. Warungnya terdapat jaringan internet dan TV Indihome untuk mendapatkan informasi, termasuk prosedur Kesehatan.

Seperti juga warung orang tuanya di Tawakal, Warteg kakaknya di Ceger dan Cilangkap, Jakarta Timur tidak mendapatkan bantuan sebagai UMKM. “Kalau warung seperti dy Tawakal yang tutup dapat bantuan bisa meringankan,” harapan. (KH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News

Patroli Stok Logistik di Minimarket Akibat Covid-19

Published

on

Tangerang, koin24.co.id – Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah Pandemi Covid-19, sejumlah anggota Koramil 02/Btc Kodim 0506/Tgr melakukan patroli dengan mengecek logistik di minimarket akibat Covid-19.

Dalam kegiatan Patroli pengecekan stok logistik tersebut dilakukan di Indomaret dan Alfamart oleh Serka Ono W Babinsa Kelurahan Pondok Timur Kecamatan Pondok Aren Kota Tangsel.

Serka Ono W Babinsa Koramil 07/PDA mengungkapkan, “Patroli pengecekan stok logistik di lakukan di minimarket dan toko-toko yang berada di wilayah Kelurahan Pondok Timur. Patroli dalam program Serbuan Teritorial (Serter) di wilayah senantiasa untuk membantu Pemerintah dalam memantau kesedian logistik di pasaran masih aman,”

Di saat yang bersamaan tersebut, lebih lanjut Babinsa menambahkan, dalam patroli ini juga kami memberikan imbauan kepada warga masyarakat tentang pentingnya mematuhi aturan PSBB dengan tidak lupa untuk menjaga jarak. # Pendim 0506/Tgr.

Continue Reading

News

Pelaksanaan Rapid Test dan pembagian sembako di Petamburan

Published

on

Pembagian sembako kepada warga petamburan

Jakarta, koin24.co.id – Pada Selasa (24/11/2020) dalam rangka mengantisipasi kasus penularan Covid – 19, anggota Koramil 05 Tanah Abang memantau pelaksanaan Rapid Test yang dilaksanakan di SDN 01, RW 04 RT 08 Petamburan.

Rapid test yang diselenggarakan oleh tim dari puskesmas setempat dilakukan untuk mengantisipasi penularan Covid 19 bagi warga Petemburan akibat dampak kerumunan massa yang terjadi beberapa hari sebelumnya.

Serda Junaidi Babinsa Koramil 05 TA mengungkapkan, “Cek kesehatan Rapid Test di Petamburan dilakukan untuk memantau kasus penularan covid 19, buntut dari kerumunan massal yang terjadi beberapa hari lalu”,

Pada kesempatan tersebut Serda Junaidi juga mengabarkan, selain melaksanakan rapid test, dilakukan juga pembagian sembako kepada warga petamburan.

“Pembagian sembako dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga binaan di masa pandemi covid 19”, tutur Serda Junaidi.

Pada pelaksanaan tersebut hadir dalam kegiatan, 11 personil Polsek Petamburan, 3 anggota Koramil 05 TA, tim Sat Pol PP dan jajaran Kelurahan.

Continue Reading

News

Tetap utamakan Protokol Kesehatan tepat guna dan terarah

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Pada Selasa (24/11/2020) dalam kesempatan pelaksanaan Peta Jarak Jaring Ter di Aula Koramil 03/Tg.Priok Jl.Yosudarso Kel. Kebon Bawang Kec.Tg.Priok, Jakarta Utara, Wadanramil 03/Tg.Priok Kapten Arh Yahya mengatakan, pelaksanaan peta Jarak Jaring ter ini bertujuan untuk menyatukan persepsi antara Mitra Koramil dengan anggota Koramil guna memperlancar pelaksanaan deteksi dini dan Cegah dini serta Temu Cepat lapor Cepat.

Lebih lanjut Wadanramil menambahkan fungsi satuan teritorial merupakan satuan terdepan yang di bentuk untuk pertahanan Negara serta membatu pemerintahan untuk turut serta mensejahterakan rakyat yang ada di Wilayah binaanya.

Wadanramil 03/Tg.Priok Kapten Arh Yahya juga mengungkapkan, “Perlu adanya pembinaan – pembinaan mitra karib Babinsa yang sudah kami bentuk, sehingga akan tepat guna dan terarah dalam pelaksanaan tugas di Wilayah akan lebih Maksimal, sehingga terjalin kemanunggalan TNI dengan Rakyat”.

Di kesempatan yang sama, Wadanramil juga berharap di masa pandemi Kovid 19 ini para mitra Babinsa jajaran Koramil 03/Tg.Priok dapat membantu tugas – tugas babinsa yang ada di Wilayah serta memberikan himbauan – himbauan kepada warga masyarakat agar tetap selalu melaksanakan 3 M dan tidak lupa untuk mengedepankan Protokol Kesehatan.

Semoga dengan adanya pembinaan peta Jarak ter kepada mitra karib Babibsa tersebut akan beguna bagi para mitra Babinsa serta Faham sesuai tupoksinya sehingga akan lebih maksimal dan Akurat dalam memberikan informasinya kepada babinsanya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler