Connect with us

Sport & Soccer

Ketua Umum PBTI: Parameter Audisi dan Seleknas Taekwondo Obyektif Untuk Mendapatkan Atlet Berkualitas

Avatar

Published

on

Bogor, koin24.co.id – Audisi dan Seleksi Nasional Atlet Taekwondo Indonesia untuk persiapan Sea Games 2022 yang berlangsung di Hotel Green Forrest Bogor, Jawa Barat sejak 6 Desember 2021 lalu, resmi berakhir (12/12).

Sebanyak 23 atlet (14 atlet putra dan 9 atlet putri) diaudisi dan diseleksi secara ketat dengan parameter obyektif yang dilakukan oleh tim penilai.

Adapun tim penilai sendiri terdiri dari jajaran pelatih nasional, maupun yang berasal dari tim yang menilai dari sisi psikologi, kesehatan maupun dari sisi fisik berbasis ‘sport science’.

Audisi dan Seleknas hari terakhir disaksikan dan ditutup oleh Ketua Umum PBTI, Letjen TNI (Purn) H. M Thamrin Marzuki, S.Sos secara online didampingi para pengurus PBTI. Hadir pula Ketua Pengprov Ti Jawa Tengah, Alex Haryanto.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PBTI merasa bangga sekaligus mengapresiasi antusiasme dan semangat para atlet yang mengikuti audisi dan seleknas ini. Antusiasme dan semangat mengikuti setiap tahap pelaksanaan seleksi yang sangat ketat ini, menurutnya modal kuat bagi tim pelatnas taekwondo nantinya dalam menjalankan berbagai program latihan.

Selain itu, dirinya juga menjamin bahwa proses penilaian yang berlangsung selama audisi dan seleknas ini dilaksanakan secara obyektif, fair dan terukur.

“Hanya atlet berkualitas sesuai kualifikasi dan standard yang kita inginkan yang akan lolos dan akan berada dalam pelatnas taekwondo nanti,” ujar Thamrin.

Lebih lanjut ketua umum PBTI juga menekankan bahwa, agar atlet dan seluruh tim tetap fokus menjaga protokol kesehatan.

Apalagi menurutnya, pandemi Covid-19 belum berakhir ditambah dengan kekhawatiran masuk dan berkembangnya varian virus ‘Omicrom” di Indonesia.

Disisi lain Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres), Yefi Triaji mengatakan bahwa hasil audisi dan seleknas ini merupakan salah satu dari komitmen PBTI dalam menjaring atlet potensial dan berprestasi di PON XX Papua lalu.

Selanjutnya bagi mereka yang lolos, akan masuk menjadi bagian dari persiapan timnas taekwondo Indonesia menuju Sea Games, Vietnam 2022 mendatang.

“Kami akan menentukan dan mengumumkan hasilnya segera dalam waktu dekat. Yang penting pada prinsipnya, siapapun atlet yang terpilih adalah selain terbaik dari segi teknik, mereka yang terpilih adalah atlet yang siap dari segi fisik, mental dan intelegensia,” terang Yefi.

Ditambahkan Yefi, proyeksi kedepan, dengan sistem yang sudah kita bangun saat ini, semoga kita bisa mendapatkan atlet dengan masa produktif yang lebih panjang dari hasil program prestasi yang berorientasi pada olimpiade sesuai dengan roadmap Desain Besar Olahraga Nasional.

Tentu menurutnya, program pengembangan atlet jangka panjang (Long Term Athlete Development Program) ini, bisa efektif berjalan jika proses pembinaan terstruktur dengan materi dan kompetensi kepelatihan yang baik yang didukung oleh sistem dan massifnya kompetisi yang berlangsung ditanah air.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan, Kepelatihan dan Pengembangan (Diklatbang), Dr. Fahmy Facherzzy, M.Pd mengatakan bahwa, tim sport science taekwondo Indonesia sudah bekerja dan telah mengevaluasi seluruh atlet. Hasilnya akan disampaikan lepada Ketua Umum.

Intinya menurut Fahmy, selain aspek technical skill yang dinilai oleh para pelatih, hasil penilaian dalam seleknas yang berbasis digital sport science ini juga telah bekerja mengukur kapasitas dan kinerja fisik atlet berdasarkan aspek Phisical (metabolisme tubuh, berat badan, kadar dan komposisi gizi, protein, lemak hingga mengukur kekuatan massa tulang atlet.

Aspek phisical lainnya adalah menyangkut kriteria genetic speed dan kesimbangan. Sementara dari hasil kesehatan atlet akan dilaporkan oleh tim dokter pelatnas taekwondo dari hasil psikotest tentang mentalitas bertanding dan intelegensia atlet.

Dikatakan Fahmi, secara umum hasil audisi dan seleknas ini, kondisi fisik tim hanya tinggal menyempurnakan performa atlet lewat program khusus.

“Diharapkan Februari nanti kondisi team sudah progress, Maret akan dilakukan test kembali. Namun teknik, taktik dan strategi perlu mendapat perhatian khusus dari pelatih. Ini dilakukan untuk mengejar sisa 4 bulan menjelang Sea Games, Vietnam 2022,” ujar Fahmy. (Red).

Sport & Soccer

Anak Dewa Harapkan Kualitas Super Legion of God di Liga 1 Musim Depan

Published

on

Tangerang,Koin24.co.id – Barisan komunitas Anak Dewa mulai menebar harapan tinggi untuk kiprah perdana Dewa United FC di kompetisi Liga 1 musim 2022/2023. Mereka sangat berharap klub dukungan mereka bisa langsung unjuk kekuatan sebagai salah satu kandidat juara Liga 1 di musim pertamanya.

“Dewa United FC memang klub baru yang berhasil promosi dari Liga 2 ke Liga 1. Tapi itu bukan artinya Dewa United FC tak punya kans jadi juara. Julukan Legion of God yang kami berikan untuk Dewa United FC adalah clue dari kualitas kekuatan klub tersebut di Liga 1 musim depan,” papar Koordinator Anak Dewa Joglo, Jakarta Barat, Majol dengan penuh keyakinan, Senin, (28/3).

Dikatakan, kiprah dan sepak terjang Dewa United FC di Liga 2 musim lalu bisa jadi cerminan cikal bakal kekuatan baru kiprah klub tersebut di Liga 1. Apalagi, lanjutnya, lewat pemberitaan juga diketahui Dewa United FC bakal bekerjasama dengan raksasa klub sepak bola Belanda, Ajax Amsterdam untuk membangun akademi.

“Dewa United FC akan jadi barometer baru kekuatan sepak bola klub Indonesia. Kami sangat yakin itu. Di Liga 2 kemarin cuma Legion of God yang bisa dua kali mengalahkan Rans Cilegon. Hasil lebih spektakuler dari Legion of God akan kembali tersaji di Liga 1 musim depan,” ujarnya optimis.

Pernyataan senada juga dilontarkan Edu, koordinator Anak Dewa Pujaseira. Menurutnya, Dewa United FC sebagai tim debutan Liga 1 punya potensi besar untuk jadi kekuatan besar yang mengejutkan. Apalagi, katanya, tim yang masih terkesan pasif di bursa transfer ini punya segala hal yang bisa seketika menjelma jadi tim dengan kualitas super.

“Anak Dewa berikan julukan Legion of God untuk Dewa United FC dengan harapan tinggi kualitas tim sangat super dan sangat sulit dikalahkan. Legion of God is Team to Beat, bro,” cetus Edu.

Koordinator Anak Dewa Karang Tengah, Ciledug, Tangerang, Arif, juga turut memberikan harapan serupa.

“Dewa United FC bakal jadi cikal bakal klub sepak bola Indonesia berlevel Asia. Itu mimpi kita. Semoga terkabul,” ucap pria yang karib disapa Pitak ini.

Head of Fan Relation Officer Dewa United FC, Rio Bembo Setiawan ketika dikonfirmasi mengaku bangga dengan antusiasme dan harapan tinggi para Anak Dewa untuk Dewa United FC.

“Harapan tinggi mereka bisa diartikan sebagai cerminan mulai tumbuh militansi dukungan mereka untuk Dewa United FC. Ini harus dipelihara berkesinambungan dan terus dikembangkan. Klub juga akan jadi lebih termotivasi untuk mewujudkan harapan para suporter sebagai pemain ke-12 mereka,” Rio Bembo berujar.

Continue Reading

Sport & Soccer

Atmosfir berbeda

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Kompetisi sepakbola Liga Inggris atau Liga Premier, Premier League, dikenal sebagai kompetisi terbaik di dunia. Juga paling bergengsi.

Semua klub di Liga Premier merupakan petarung yang tidak pernah gentar menghadapi tim unggulan dan itu juga berlaku untuk tim-tim promosi yang untuk kembali ke Liga Premier harus berjuang lewat pertarungan keras di Liga Promosi.

Maka, pertarungan di Liga Premier terkenal sangat sulit diprediksi.Sangat tidak jarang tim unggulan,tim papan atas tergelincir oleh tim papan bawah.

Itu juga yang membuat kompetisi Liga Primer tambah sangat diminati.Punya nilai jual yang tinggi.Tak jarang juara satu musim harus ditentukan oleh satu atau dua pertandingan terakhir,di saat-saat akhir pertandingan pula.

Beberapa tahun terakhir atmosfir itu sudah berganti.Juara Liga Premier sudah diketahui beberapa pertandingan sebelum kompetisi selesai.

Tim raksasa dengan nama besar, Manchester United,beberapa musim belakangan,walau masih punya pemain terkenal dengan kualitas kelas atas dan tetap merupakan tim yang disegani,seperti sulit mengimbangi Manchester City,Chelsea dan Liverpool.

The Reds Liverpool setelah menanti 20 tahun, didukung fans yang tak pernah goyah oleh kesedihan, kekesalan dan kekecewaan akhirnya bisa kembali menjadi juara di tahun 2020 dengan masih menyisakan tujuh pertandingan.

Nyaris menyamai prestasi The Invisible Arsenal musim 2003-2004 .Prestasi fenomenal sebagai tim tak terkalahkan.

Chelsea selain mencicipi gelar juara Liga Premier juga menjadi kekuatan menakutkan di Liga Champions.

Manchester City juga sudah bukan tim kelas menengah lagi sekadar “tetangga yang berisik” bagi Manchester United.

Manchester Biru beberapa kali menjadi kampiun Liga Premier walau belum mencicipi gelar juara Liga Champions.

Musim ini sepertinya ketiga nama tersebut yang bersaing untuk berebut gelar.

Liga Premier belum lagi sampai paruh musim namun kelihatannya tinggal Manchester City dan Liverpool yang paling punya kesempatan berlomba ke garis akhir.

Untungnya masih ada tim papan tengah sampai bawah yang tetap dengan karakter berjuang bahkan andai sudah terdegradasi.

Pujaan Liverpool ,Steven Gerrard yang kembali ke Inggris sebagai pelatih Aston Villa ternyata membawa warna tersendiri.

The Vilains mampu keluar dari zona degradasi dan sekarang makin menunjukkan kepantasan sebagai penghuni papan tengah dan berambisi mencapai papan atas.

Apapun perkembangannnya, Liga Premier masih akan diminati sebagai liga dengan kompetisi terbaik.Apakah perubahan atmosfir akan berpengaruh untuk predikat tersebut, kita tunggu.

(Sumber Foto: https://www.wallpaperbetter.com/)

Continue Reading

Sport & Soccer

Hadirnya DBON, Wartawan Miliki Andil Cetak Atlet

Published

on

Kendari, koin24.co.id – Sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menjadi salah satu agenda penting dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Staf khsusus Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Mahfudin Nigara mengatakan DBON yang saat ini tengah digaungkan pemerintah diharapkan menjadi tonggak kebangkitan olahraga tanah air.

Kebangkitan olahraga seperti yang diharapkan pemerintah pusat itu kata mantan wartawan olahraga senior ini akan terwujud jika adanya keterlibatan peran wartawan.

“Dalam DBON ini peran wartawan olahraga sangat dibutuhkan, peranya adalah pengawas. Namun wartawan harus paham tentang cabor-cabor yang ada di DBON. Dengan posisi seperti itu maka peran SIWO sangat tinggi untuk mengawasi setiap pergerakan dan sentra-sentra pembinaan olahraga,” kata Mahfudin Nigara usai rakernas SIWO di D’Blitz Hotel Kendari, Senin (7/2/2022).

Lanjut Nigara, DBON diibaratkan sebagai pabrik. Pabrik yang akan mencetak atlet-atlet berprestasi untuk mengharumkan nama daerah dan bangsa di kancah internasional.

“Selama ini peran wartawan terhadap olahraga hanya biasa-biasa saja. Normatif menilai dan memberitakan atlet maupun cabang olahraga, tapi tanpa berpikir bagaimana ikut mencetak atlet. Dengan adanya DBON wartawan bisa terlibat banyak. Di posisi ini wartawan punya peran yang sangat besar untuk bisa melahirkan atlet-atlet itu sendiri,” tambahnya.

Untuk menguatkan peran wartawan terhadap program DBON, akan dilakukan penandatanganan MoU antara Menpora Zainudin Amali dengan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari yang dijawalkan berlangsung di Plaza Inn Hotel Kendari pada Selasa, (8/2/2022).

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler