Connect with us

Sport & Soccer

KONI Pusat dan Kadispora apresiasi RAT KONI DKI

Avatar

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Provinsi DKI Jakarta mendapat apresiasi dari KONI Pusat. Pasalnya, dalam kondisi pandemi Covid-19 atlet DKI Jakarta masih tetap bersemangat latihan dengan cara apa pun, seperti latihan mandiri di rumah masing-masing.

“Saya selaku Ketua Umum KONI Pusat merasa salut terhadap KONI DKI Jakarta yang tetap bersemangat membina atlet dalam kondisi pandemi Covid-19. Diharapkan KONI DKI dapat memberikan kontribusi atlet yang lebih banyak untuk tim nasional hingga tingkat internasional di cabang olahraga apa pun,” kata Ketua Umum KONI Pusat Marcian Norman dalam sambutannya yang dibacakan lewat virtual oleh Wakil Ketua Umum KONI Pusat Sudarno di Jakarta, Sabtu (21/11/2021).

RAT KONI DKI sendiri berjalan lancar dari pagi hari hingga sore, diikuti sebanyak 56 peserta terdiri atas 47 cabang olahraga, 6 KONI Wilayah, dan 3 Badan Fungsional. Tiga Komisi yang menjalani sidang-sidang, yakni Komisi A, B, dan C menerima laporan keuangan KONI DKI Jakarta tahun 2019 dan 2020, serta mendukung rencana program kerja tahun 2021.

Ketua Umum KONI DKI Jakarta Djamhuron P Wibowo dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh cabang olahraga yang tetap semangat dan konsisten dalam menjalankan program latihan persiapan PON. Apalagi kini Kadispora sudah membuka pintu untuk digunakannya fasilitas olahraga milik pemerintah provinsi DKI Jakarta seperti GOR dan sarana olahraga terbuka lainnya.

“Saya bangga melihat Cabor (cabang olahraga-Red) tetap punya semangat yang tinggi untuk mencapai apa yang dicita-citakan meraih juara umum PON XX/2021 Papua. Kami bersama pengurus tidak pernah menyerah kalau belum berhasil. Bagaimanapun kami terus berupaya untuk mencapai hasil yang diinginkan. Artinya kita bersama-sama tetap menjaga semangat dan kekompakan untuk mencapai prestasi terbaik di PON Papua nanti,” kata Djamhuron sebelum menutup RAT.

Sementara itu Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta juga memberikan apresiasi terhadap kinerja KONI DKI dalam membina atlet menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua. Kendati dalam suasana Pembatasan Sosial Berskala Berskala (PSBB), KONI DKI tetap melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara virtual dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Atas nama Pemprov DKI Jakarta, kami memberi apresiasi kepada KONI DKI Jakarta yang tidak pernah lelah dalam mempersiapkan atlet menuju PON. Walaupun dalam kondisi pemberlakuan PSBB tapi atlet terlihat bersungguh-sungguh melakukan latihan secara mandiri,” kata Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Achmad Firdaus mewakili Gubernur Provinsi DKI Jakarta membuka RAT KONI DKI secara virtual di Jakarta, Sabtu.

Dikatakan, atlet DKI Jakarta harus berjuang sekuat tenaga untuk merebut supremasi tertinggi olahraga nasional PON XX/2021 Papua. Dalam upaya meraih prestasi tertinggi di PON, Pemprov DKI Jakarta dalam hal ini Gubernur dan DPRD telah memberikan support seluas-luasnya kepad atlet dan pelatih untuk menggunakan fasilitas olahraga milik Pemprov.

“Kami sudah membuka pintu untuk atlet DKI Jakarta yang dipersiapkan untuk PON agar menggunakan fasilitas olahraga milik Pemprov,” lanjut Kadispora.

Kadispora mengharapkan pembinaan atlet DKI Jakarta lebih terarah dan terukur dengan tetap melakukan pembinaan terhadap atlet muda. Dengan demikian, prestasi atlet DKI Jakarta secara berjenjang dari pelajar, mahasiswa, hingga atlet prestasi dapat berjalan dengan baik.

Sebelumnya Gubernur Anies Baswedan secara virtual mengucapkan selamat atas terselenggaranya RAT KONI DKI secara virtual dengan mengedepankan protokol kesehatan. Ia menyampaikan pesan singkatnya agar KONI DKI Jakarta dapat mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi dalam persiapan menuju PON Papua, sehingga melahirkan prestasi yang diharapkan. (***)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sport & Soccer

LADI kembali gelar penyegaran pengawas kontrol doping

Published

on

Pengurus LADI foto bersama seusai kegiatan "Sosialisasi Anti Doping", Oktober lalu di Royal Kuningan, Jakarta.

Jakarta, koin24.co.id – Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) kembali menggelar Refreshing Doping Control Officer (DCO), Selasa hingga Kamis (24-26/11/2020) ini di Belleza Hotel, Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Ini merupakan kegiatan LADI yang kedua di tahun 2020. Sebelumnya, LADI melaksanakan “Sosialisasi Anti Doping”, yang melibatkan tim medis dan kedokteran olahraga, Oktober lalu di Hotel Royal Kuningan, Jakarta.

Refreshing atau penyegaran tenaga pengawas doping wajib dilakukan menyambut penyelenggaraan event olahraga besar. LADI terakhir menggelar refreshing DCO ini menjelang multievent Asian Games 2018 lampau, yang diikuti perwakilan dari 40 negara. Multievent terbesar yang dihadapi berikutnya adalah PON XX 2021, Oktober-November di Papua.

“Refreshing untuk tenaga pengawas doping atau DCO ini penting untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan wawasan mereka terkait pengambilan sampel doping,” ungkap Ketua LADI, dr. Zaini Khadafi Saragih, Sp.KO., Selasa (24/11/2020) pagi.

Kegiatan refreshing DCO kali ini diikuti sekitar 30-an peserta dari internal LADI. Rangkaian kegiatan selama tiga hari ini dimulai Selasa malam. Setelah laporan oleh dr. Zaini K.Saragih, pembukaan kegiatan ini pada pukul 19.00 WIB dilakukan oleh Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Olahraga, Dr.Herman Chaniago, MM.

Dilanjutkan dengan penyajian materi pertama, mengenai “Introduction and Team Requirement”, oleh Ketua LADI dr.Zaini K. Saragih, Sp.KO., direncanakan mulai pukul 19.30 WIB.

Rabu (25/11), materi kedua dengan topik “Preparation for Sample Collection and Athlete Notificafion and Chaperoning”, oleh dr.Veranika Darmidy, direncanakan pukul 09.00-10.30 WIB.

Materi ketiga, dengan topik “Conducting Sample Collection”, disajikan oleh dr.Junaidi, Sp.KO., direncanakan pukul 10.30-12.00 WIB.

Materi keempat, mengenai “Modifications for Athletes who are Minors with Disabilities” oleh Rimbi Savitri Rahmi, M.Pd., pukul 13.00-14.45 WIB.

Materi berikutnya, kelima, mengenai “Reporting Non-Comformities and Post-Test Administration and Sample Transportation”, dibawakan oleh Ilona Pratiwi Hutabarat, M.Pd., direncanakan pukul 14.45-16.15 WIB.

Buku Peraturan Anti Doping

Di tengah keterbatasannya, LADI sudah berhasil menyusun Buku Peraturan Anti Doping 2021, yang secara global disebut The Code. Buku Peraturan Anti Doping 2021 ini sudah menyelesaikan tahapan revisi secara keseluruhan.

LADI sendiri merupakan satu-satunya institusi pengawasan doping di Indonesia, sekaligus lembaga resmi negara. LADI terbentuk pada 2004, sebagai konsekuensi Indonesia meratifikasi konvensi UNESCO, yang mewajibkan semua negara memiliki badan pengawasan doping yang independen.

Meski sudah berusia 16 tahun, sebagai organisasi LADI kekurangan sumber daya, baik finansial, SDM (secara kuantitas dan kualitas), maupun moral dengan belum diikutkannya LADI dalam sistem keolahragaan prestasi.

Walau keberadaan LADI semakin dianggap penting, namun semangat pembaharuan LADI tidak akan berdampak signifikan tanpa perubahan total mendasar terkait bentuk, struktur organisasi, SDM, penganggaran dan fungsi strategis dalam sistem keolahragaan nasional.

Untuk melaksanakan program pembinaan atlet unggulan dengan berdasarkan ilmu pengetahuan (sports science based), peran LADI tidak dapat diabaikan. Jika penerapan sports science berjalan baik, maka organisasi pengawas doping juga akan berkembang baik. Organisasi pengawas doping layaknya sparring bagi pengembangan sports science. (***)

Continue Reading

Sport & Soccer

One Pride MMA Fight Night 39, Gugun sukses rebut sabuk juara kelas bantam

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Kompetisi olahraga beladiri Mixed Martial Arts OnePride MMA Fight Night 39 telah digelar malam tadi (21/11). Mengusung tema The Real Fight, OnePride MMA tadi malam sukses menghadirkan 4 partai seru, yaitu partai perebutan sabuk kelas bantamweight, contender fight kelas bantamweight dan welterweight juga kelas partai perbaikan peringkat kelas bantamweight.

Tiga kali menggelar Fight Night di masa pandemi Covid-19, OnePride MMA terus menjaga protokol kesehatan secara ketat. Semua yang hadir telah melakukan tes Covid-19 terlebih dulu dan membatasi jumlah orang yang ada pada area OnePride MMA.

“Pada masa pandemi ini memang belum boleh ada penonton, tetapi kami coba dengan memberikan teknologi yang lebih baik sehingga penonton di rumah bisa mendengar pukulan/dentuman secara lebih real supaya menonton OnePride lebih seru dan menarik. Mudah-mudahan usaha kami untuk memberikan yang terbaik bisa meningkatkan industri MMA dan semakin banyak penggemar MMA di Indonesia.” kata Ardiansyah Bakrie, Ketua Umum KOBI.

Partai utama OnePride MMA Fight Night 39 sang pemilik sabuk juara kelas bantamweight Yusuf Susilo melakukan rematch menghadapi Gugun Gusman. Rematch dilakukan setelah sebelumnya pada pertarungan tahun 2019 Gugun melakukan pelanggaran saat ia menghantam kepala belakang Yusuf Susilo sehingga Yusuf harus dilarikan ke rumah sakit dan diputuskan memenangkan pertandingan berdasarkan peraturan di MMA. Namun kali ini Yusuf harus menerima kekalahannya dan melepaskan sabuk juara ke Gugun Gusman.

“Ini kelas keramat, Gugun kembali mendominasi. Ketika dulu fight pertama Gugun didiskualifikasi, malam ini ia membuktikan dengan dominasi yang sama dengan ground and pound dan diakhiri dengan kuncian.” kata Ardiansyah Bakrie, Ketua Umum KOBI.

Pada awal pertarungan keduanya masih menjaga jarak. Tendangan dilepaskan Yusuf, yang membuat Gugun tampil lebih agresif dan mendominasi. Gugun membawa Yusuf bermain bawah, ia sempat melakukan kuncian americana namun masih gagal.

Pada awal ronde kedua Yusuf bermain lebih agresif, ia beberapa kali melepaskan pukulan ke wajah Gugun. Tapi, Gugun kembali membawanya bermain bawah, Gugun mendominasi, ia melakukan ground and pound bertubi-tubi ke Yusuf, sementara Yusuf hanya bertahan di posisi bawah. Tak lama Gugun mencoba melakukan kuncian, Yusuf Susilo tidak bisa bergerak lebih.

Gugun sukses mengalahkan Yusuf dengan kuncian rear naked choked, ia akhirnya berhasil merebut dan memiliki Sabuk Juara Kelas Bantam yang sempat tertunda.

“Alhamdulillah dengan ini saya membuktikan bahwa sabuk ini berhak saya miliki. Saya memang punya target untuk mengalakan lawan di ronde kedua. Untuk ke depannya saya akan terus berusaha lebih keras mempertahankan sabuk juara ini” kata Gugun usai pertarungan.

Partai perbaikan peringkat kelas bantamweight pertama adalah laga antara Yacub Christ dan Rahul Pinem. Pada ronde pertama Rahul melakukan tendangan ke arah Yacub, kemudian Yacub justru menjatuhkan Rahul, keduanya terus bermain bawah sampai ronde pertama selesai.

Ronde kedua Yacub dan Rahul bermain bawah dan keduanya berusaha untuk melakukan kuncian. Di awal ronde ketiga keduanya memulai dengan jual beli pukulan yang cukup keras, namun akhirnya Rahul memaksa Yacub bermain bawah dan berusaha untuk melakukan kuncian ke leher Yacub sampai ronde ketiga berakhir.

Juri akhirnya memutuskan kemenangan poin untuk Rahul Pinem.

Laga selanjutnya adalah contender fight kelas bantamweight M. Kadafi vs Brian Lawitan. Brian tampil agresif pada pertarungan tadi malam dengan melepaskan straight ke wajah Kadafi. Mendapat serangan telak, Kadafi membalasnya dengan melakukan take down. Meskipun menguasai pertarungan Kadafi kesulitan untuk melakukan serangan. Pada ronde kedua Brian melakukan tendangan yang cukup keras ke arah Kadafi. Mendapat serangan yang cukup keras Kadafi seperti kebingungan untuk mengantisipasi serangan Brian selanjutnya, sementara Brian semakin agresif melakukan serangan juga ground and pound ke arah Kadafi.

Wasit memberhentikan pertandingan di ronde kedua, Kadafi KO, Brian sukses memenangi pertandingan di ronde kedua.

Partai contender fight juga berlangsung di kelas welterweight antara Andicka Mamesah dan M. Sofi. Awal pertarungan Andika bermain menekan sementara M. Sofi lebih menjaga jarak. Andika berusaha memojokkan M. Sofi beberapa kali namun M. Sofi berhasil lepas dan masih menjaga jarak sambil keduanya mencoba melepaskan pukulan dan tendangan.

Ronde kedua Andicka berhasil membanting M. Sofi, awalnya M. Sofi berhasil bangkit dan ganti melawan. Tapi kemudian Andicka kembali menjatuhkan M. Sofi untuk bermain bawah dan dengan mudah ia melakukan kuncian rear naked choked ke M. Sofi. Akhirnya Andicka berhasil mengalahkan M. Sofi pada ronde kedua.

OnePride MMA adalah promotor MMA terbesar di Indonesia dengan menghadirkan 400 petarung dari 50 klub yang tersebar di Indonesia. (***)

Continue Reading

Sport & Soccer

Panglima TNI dikukuhkan sebagai Ketua Umum Forki

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang saat ini menjabat sebagai Panglima TNI dikukuhkan menjadi Ketua Umum Federasi Karate-Do Indonesia (Forki) masa bakti 2019-2023 oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/11/2020).

Dalam sambutannya, Ketua Umum FORKI mengatakan, situasi saat ini menjadi masa yang sulit bagi dunia olahraga, akan tetapi pandemi Covid-19 bisa dijadikan momentum untuk melakukan refleksi dan evaluasi dalam pembinaan olahraga karate di Indonesia. “Dengan ditundanya berbagai even pertandingan di tingkat nasional maupun internasional, memberikan kita waktu untuk bekerja lebih keras untuk meningkatkan kualitas pembinaan, serta memformulasikan bentuk pembinaan atlet di masa pandemi,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, dalam waktu dekat akan melaksanakan Pelatnas karate di Bali untuk mengembalikan performa para atlet. Program pelatihan yang akan dilaksanakan akan disesuaikan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mecegah para atlet dari terpapar Covid-19. Dinamika ini menuntut PB Forki untuk mengoptimalkan berbagai metode pembinaan olahraga modern secara lebih cermat, tidak hanya sport science dan sport management, agar tujuan dari Pelatnas tahun ini dapat mencapai target yang diharapkan.

“Kita juga akan berkonsentrasi pada berbagai even di tahun 2021 yang akan datang, baik sekala nasional dalam PON 2021, maupun skala internasional dalam AKF dan WKF Championship, kualifikasi Pra-Olimpiade 2021 di Paris, Sea Games Vietnam 2021 dan persiapan untuk menghadapi ASIAN Games 2022 di RRT. Dengan demikian, waktu yang ada harus digunakan untuk melaksanakan Pelatnas secara efektif, agar karateka-karateka kita mampu mengukir prestasi yang membanggakan,” ujarnya.  

Ketua KONI Letjen TNI (Purn) Marciano Norman saat mengukuhkan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., mengatakan merasa yakin bahwa PB Forki di bawah kepemimpinan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan mampu berprestasi di tingkat dunia, yang mana dalam waktu dekat akan mengikuti pra kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021.

Bersamaan dengan pengukuhan Ketua PB FORKI, Ketua KONI juga melantik para Pengurus Besar Forki masa bakti 2019-2020 yang terdiri dari Wakil Ketua Umum II Inspektur Jenderal Polisi Ilham Salahudin, Sekretaris Jenderal H. Raja Sapta Ervian, S.H., M.Hum., Wakil Sekretaris Jenderal Mayjen TNI Sapriadi, S.IP., M.Si., Wakil Sekretaris Jenderal Drs. Darty Siregar, M.Si., ICPS, MCCI, CSCSS, Wakil Sekretaris Jenderal Ir. Muhammad Hasbi Aris, M.Si., Wakil Sekretaris Jenderal Basiruddin A., Wakil Bendahara Umum Kolonel Laut Puguh Gurantaka, M.M., Ketua Humas dan Publikasi Moh. Ridwan, S.Sos.

Ketua Bidang I Organisasi, Daerah dan Perguruan, Hukum dan Advokasi Yusran Arief, S.E., Ketua Komisi Organisasi, Daerah dan Perguruan Hartono, Ketua Bidang II Pembinaan Prestasi, Pertandinghan, Latihan dan Perwasitan Drs. Djafar Efendi Djantang, M.Si., Ketua Komisi Petandingan Drs. Yoyo Satrio Purnomo, Ketua Bidang III Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Penataran H. Tommy Adrian Firman, S.HI., Ketua Komisis Penelitian dan Pengembangan Ir. Andrian Tejakusuma, Ketua Bidang IV Luar Negeri Agus Santoso, S.H., LL.M., Ketua Bidang Sponsorship dan Sarpras Brigjen TNI Tjatur Putra G Genah, S.Sos., M.M., M.Tr. (Han)., Ketua Komisi Sponsorship Harmen Saputra, S.T., Ketua Komisi Sarana Prasarana Kolonel Inf Oktori Bakti, dan Ketua Badan Pengfawas Keuangan Ir. Suhendi Nur, S.H. (Puspen TNI)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler