Connect with us

News

Obituari; Iwan Uyun, mantan pengurus PWI Pusat berpulang

Avatar

Published

on

Alm. Wartawan senior TVRI, Yazirwan Uyun. (Foto: istimewa)

Jakarta, koin24.co.id – Wartawan senior TVRI, Yazirwan Uyun atau yang lebih dikenal dengan bang Iwan Uyun meninggal pada Jumat, 15 Januari 2021, pagi dini hari, pada usia 66 tahun di RSPI Bintaro.

Sepanjang hidupnya, Iwan Uyun  yang lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat pada tanggal 2 Oktober 1954 mendedikasikan hidupnya pada dunia media.

Dalam dunia organisasi profesi kewartawanan, Uyun di organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat tercatat sebagai Ketua Bidang Media Televisi pada periode 1998-2003, dan 2003-2008.

Kalangan pers berduka cita atas meninggalnya Iwan Uyun. Sejumlah tokoh pers menyampaikan pesan duka cita lewat WhatsApp Group Pengurus PWI Pusat.

Para tokoh pers itu antara lain Atal S. Depari (Ketua Umum PWI Pusat), dan Ilham Bintang (Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat), dan wartawan senior lainnya, seperti M Kabul Budiono, dan Asro Kamal Rokan.

Iwan Uyun memulai kariernya sebagai seorang reporter di TVRI pada tahun 1982. Seperti pada umumnya, ia mulai merintis karier wartawan sebagai seorang reporter kemudian menjadi pewawancara dan produser berita.
 
Keseriusannya pada dunia wartawan ditunjukkan dalam berbagai liputan yang bersama-sama teman seangkatannya yakni Max Sopacua, Ishadi SK, Abraham Isnan, Soetrimo dan lain- lain.

“Kala itu TVRI menjadi pusat pemberitaan mengingat belum ada stasiun televisi lain yang mengudara sehingga tugas-tugas reporter TVRI menjadi andalan,” tutur Retno Intani sahabat dekatnya yang sama-sama menekuni dunia pertelevisian. Retno menyampaikan catatan kecil untuk obituari almarhum kepada PWI Peduli.
 
Dalam perjalanan waktu, Iwan Uyun menduduki posisi jabatan struktural. Pos pertama yang diembannya adalah sebagai Kepala Sub Direktorat Pemberitaan TVRI kemudian menjabat sebagai Direktur Personalia PT TVRI (Persero) dan terakhir menjabat sebagai Direktur Utama PT TVRI mulai 10 Februari 2004 menggantikan Hari Sulistyono, pejabat sebelumnya.
 
Iwan Uyun kemudian melepas jabatannya sebagai Direktur Utama PT TVRI kepada Dewan Pengawas LPP TVRI 2006-2011 yang diberi amanah Undang-Undang Penyiaran no 32 tahun 2002 untuk memberi arah pengelolaan TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik.
 
Setelah tidak aktif lagi di TVRI pada tahun 2007, Iwan Uyun menjadi anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dua periode yakni periode 2007 – 2010 dan periode 2010 – 2013.
 
Selain itu, ia juga dikenal sebagai Komisaris Independen Fortune Indonesia, dan Komisaris Kapanlagi-Youniverse. Yazirwan adalah alumnus Fikom Universitas Padjajaran angkatan tahun 1976.
 
Pada saat Yazirwan Uyun tidak aktif lagi di dunia media pertelevisian, ia bersama sahabat-sahabatnya eks pemberitaan TVRI, melakukan berbagai kegiatan sosial salah satunya adalah berkeliling daerah mengadakan pengajian dan kunjungan sosial memberi santunan kepada sahabat-sahabatnya yang membutuhkan.
 
Di rumahnya di kawasan Rempoa, Tangerang Selatan dibangun mushola yang representatif. Jika sahabat-sahabatnya mengaji di rumahnya, biasanya diikuti dengan sholat berjamaah di mushola dalam rumahnya itu.
 
Bambang Soediono, sesama reporter TVRI senior menjadi saksi bahwa Yazirwan Uyun adalah orang baik, dermawan dan suka menolong. “Di ujung usia, dia semakin dekat dengan Allah. Dia bukan orang yang munafik, namun melaksanakan syariat agama dengan diam-diam dan jauh dari sikap riya’. Dia rendah hati dengan segala aspeknya” ungkap Bambang lebih lanjut.
 
Hari ini, Jumat 15 Januari 2021, seusai Jumatan, sahabat-sahabatnya melepas Yazirwan Uyun di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan dengan kesedihan mendalam. Almarhum meninggalkan seorang isteri, Rosdiana dan dua anak, Hendra dan Floransia.
 
Selamat jalan, bang Iwan Uyun. Semoga amalan baikmu menjadi penerang di alam kubur dan jejak-jejak kebaikanmu dapat diteruskan oleh generasi penerusmu. (***)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Airlangga Hartarto masuk polling tokoh harapan rakyat, ini respon pengurus Partai Golkar

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, sementara menduduki posisi puncak dalam perburuan tokoh harapan untuk kepemimpinan nasional. Airlangga Hartarto tampaknya sekaligus digadang-gadang menuju Pilpres 2024.

Penempatan nama Airlangga Hartarto di urutan pertama tokoh harapan untuk kepemimpinan tersebut, berdasarkan jajak pendapat (polling) sebuah situs berita nasional.

Menanggapi hasil polling online tersebut, Ketua DPP Partai Golkar Tb Ace Hasan Syadzily mengatakan, pihaknya mengapresiasi pilihan masyarakat yang telah mempercayakan Airlangga Hartarto sebagai tokoh harapan 2024.

“Hasil polling tersebut merupakan cerminan bahwa kinerja Airlangga Hartarto baik sebagai menteri maupun Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), dinilai positif oleh masyarakat,” ucap Ace.

“Pertama, tentu kami mengucapkan terima kasih atas pilihan masyarakat yang mempercayakan pilihannya kepada Pak Airlangga Hartarto sebagai tokoh harapan 2024. Berarti Pak Airlangga yang selama ini bekerja keras sebagai Ketua Komite PEN dalam menjaga stabilitas ekonomi dinilai masyarakat dengan pandangan positif,” sambung Ace.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini menjelaskan, saat ini Airlangga Hartarto tengah fokus bekerja memulihkan ekonomi Indonesia yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Terkait hasil polling, pihaknya mengaku menyerahkan kepada para pembaca media online untuk menilai tokoh-tokoh yang memiliki harapan pada 2024.

“Masyarakat sudah cerdas untuk menentukan pilihan terbaiknya,” tegas Ace.

Dari jajak pendapat tersebut, hingga Rabu (24/2/2021) siang, Airlangga Hartarto memimpin dengan keunggulan sementara 16,44%. Menko Perekonomian sekaligus Ketua KPCPEN ini bersaing ketat dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Penyelenggara polling memberi pilihan 24 nama tokoh nasional populer yang terdiri dari kepala daerah, politisi, ketua partai, menteri, pimpinan lembaga negara.

Nama-nama seperti Ganjar Pranowo, Tri Rismaharini, Prabowo Subianto, hingga Susi Pudjiastuti juga masuk dalam daftar pilihan.

Selain 24 nama yang disediakan, penyelenggara polling juga meminta publik untuk memunculkan nama lain, jika dinilai layak. (***)

Continue Reading

News

Airlangga sebut pemerintah distribusikan 35 juta masker untuk masyarakat

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Dalam mendukung pelaksanaan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) mikro, pemerintah mulai membagikan masker kepada masyarakat. PPKM Mikro ini sendiri telah diperpanjang pemerintah hingga 8 Maret di tujuh provinsi di Pulau Jawa.

“Siang ini saya bersama Menteri Perindustrian Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita (@agusgumiwangK) menyerahkan 35 juta masker yang akan didistribusikan untuk masyarakat melalui TNI dan Polri,” begitu isi cuitan akun twitter resmi Menko Perekonomian dan Ketua KPCPEN, Airlangga Hartarto.

Masker berbahan kain dengan standar kesehatan itu diberikan gratis kepada masyarakat untuk mensukseskan program 3 M (Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). Diharapkan dengan adanya pembagian masker ini masyarakat bisa senantiasa mematuhi protokol kesehatan.

“Penyerahan 35 juta masker ini merupakan bentuk komitmen pemerintah lewat Kementerian Perindustrian untuk membantu mensukseskan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, terutama dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro,” tambah Airlangga dalam cuitannya, Kamis (24/2/2021) malam.

Selama ini pemerintah memang sangat mengharapkan tingkat kedisiplinan masyarakat terus meningkat untuk menerapkan protokol disiplin kesehatan. Dalam Pemaparan penanganan Covid-19 beberapa hari lalu menyebutkan jika tren kepatuhan protokol kesehatan juga meningkat di seluruh provinsi hingga 87-88 persen.

Dalam program pemberian masker oleh pemerintah itu sendiri, berlaku untuk masyarakat yang berada di semua zona, baik hijau, kuning, orange dan merah. Penyaluran masker gratis berbahan kain ini dikoordinasikan melalui aparat TNI/Polri yang ditegaskan untuk membantu pelaksanaan PPKM mikro.

“Hal ini juga sesuai arahan Presiden Joko Widodo @jokowi dimana pemerintah harus mendorong kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, salah satunya memakai masker. Untuk seluruh masyarakat, mari bersama kita jaga dan tetap patuhi protokol kesehatan. Salam,” pungkas Airlangga Hartarto lewat akun twitternya, @airlangga_hrt.

Lewat program pembagian masker secara gratis ini diharapkan bisa terus meningkatkan kepatuhan disiplin protokol kesehatan dan tentunya bisa menekan angka positif pandemi Covid-19 di Tanah Air. (***)

Continue Reading

News

Desa Tolok punya jalan layak, Dandim Sambas jelaskan program TMMD

Published

on

Sambas, Kalimantan Barat, koin24.co.id – Warga Desa Tolok, Kec. Menyuke, Kab. Landak, Kalimantan Barat (Kalbar) mengeluhkan rusaknya jalan di desa mereka, sehingga banyak aktifitas tidak berjalan dengan normal terutama pada sektor pertanian dan pendidikan.

Rusaknya fasilitas umum (jalan) tersebut sangat berpengaruh pada peningkatan perekonomian, karena jalan tersebut merupakan akses penting bagi masyarakat terutama bagi para petani.

Dandim 1208/Sambas Letkol Inf Setyo Budiyono, S.H., M.Tr.(Han), Rabu (24/2/2021) menjelaskan bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai langkah TNI AD untuk membangun desa yang tertinggal terutama infrastruktur, sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Dengan hadirnya Program TMMD ini dapat menyentuh sampai ke pelosok desa karena memang sudah menjadi tujuan TNI Manunggal Membangun Desa untuk kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Sukimin warga Desa Tolok mengungkapkan, jalan penghubung antar Desa dan Kecamatan itu merupakan akses utama transportasi masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian. “Sudah bertahun-tahun belum diperbaiki, sehingga warga sulit beraktifitas, apalagi saat kemarau kondisi jalan berdebu serta mengganggu pernafasan. Namun, saat musim hujan jalannya licin, berlumpur dan tidak bisa digunakan,” ungkapnya.

Ia menuturkan, guliran program TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke-110 Tahun 2021 yang dikerjakan Satgas TMMD Kodim 1201/Mempawah sangat membantu masyarakat yang kesulitan. (Pendim 1208/Sambas).

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler