Connect with us

News

Pak Derajat tetap sabar menghadapi Covid-19

Kamsul Hasan

Published

on

Pak Derajat tetap sabar pada masa pandemi Covid-19

Jakarta, koin24.co.id – Masa pandemi Covid-19 sudah memasuki sembilan bulan. Namun sampai saat ini belum jelas kapan akan berakhir.

Sebagian masyarakat sudah tak tahan hidup di tengah pandemi. Penghasilan tidak ada, pengeluaran terus bertambah, tabungan pun semakin menipis.

Pak Derajat, asal Tegal, Jawa Tengah adalah salah satu orang yang mengalami betapa sulitnya hidup pada masa pandemi Covid-19.

“Kita bisa apa lagi selain menerima dan terus berdoa agar pandemi ini bisa segera teratasi,” ujar pemilik Warung Makan Ibu Intan di Jalan Tawakal XI, Jakarta Barat.

Warung makan yang menjadi tempat penghasilan harus tutup sejak dilakukan PSBB pertama. Apalagi katanya mahasiswa juga kuliah dengan virtual, padahal mereka adalah pelanggan tetap.

Bapak dari lima orang anak yang merantau ke Jakarta sejak usia muda ini, mengaku hanya bisa ikhlas dan sabar serta berdoa agar bisa berusaha kembali.

Meski sekarang sudah tidak PSBB lagi namun lelaki berusia 63 tahun ini belum membuka usaha lagi. “Masih tunggu perkuliahan tatap muka,” ujarnya.

Ia mengaku mengadu nasib di Jakarta sejak tahun 1972, masih usia 15 tahun dan belum berkeluh. Sudah berbagai tempat usaha ditekuni.

Lokasi di Jalan Tawakal XI, belakang RS Sumber Waras dan Kampus Kedokteran Universitas Trisakti ini dinilai yang paling strategis. Itu sebabnya meski tidak buka, dia tetap membayar kontrak agar tidak lepas atau jatuh ke tangan orang lain.

“Kalau berat ya berat seharinya dagang tidak dagang kan tetap harus bayar sewa sekitar seratus ribu. Sayang lokasinya strategis, jadi tetap saya pertahankan,” ujarnya.

Soal bantuan dana dari UMKM yang menurut pemberitaan dibagikan kepada sembilan juta pedagang atau pengusaha tidak pernah dinikmati. Dia harus menutup biaya sewa dari penghasilan warung keluarga di Ceger, Jakarta Timur.

Saat mendengar akan dimulai lagi kuliah tatap muka, bapak dari lima anak ini sangat senang. Semoga bisa lebih cepat ditemukan vaksin dan kuliah tatap muka lagi, agar kehidupan keluarga lancar.

Keluarga yang hidup dari Warteg ini mengaku ingin mengubah nasib. Itu sebabnya anak pertama seorang lelaki dikuliahkan sampai jadi sarjana teknik.

Sempat bekerja pada perusahaan besar, namun akhirnya lebih memilih menekuni usaha Warteg juga. “Anak paling besar jadi sarjana Warteg juga. Dibiayai dari Warteg dan sekarang memilih usaha Warteg juga,” jelas Pak Derajat.

Walaupun usianya bisa dibilang tua, dia masih rajin berusaha bersama istri karena masih ada satu kewajiban lagi. Anaknya yang bungsu sedang kuliah, semester lima.

Pak Derajat mengaku ada satu cita-citanya yang kandas. Anak perempuan nomor empat semula bercita-cita ingin jadi dokter, sudah lulus ujian masuk tetapi terkendala biaya.

Untuk si bungsu yang juga perempuan, dia berharap bisa selesaikan kuliah manajemennya. “Saya masih butuh biaya, insya Allah bisa selesai karena sudah semester lima,” harapnya.

Mengenai rencana membuka kembali Warteg di Tawakal XI, Pak Derajat masih menunggu pengumuman pemerintah, terkait perkuliahan tatap muka.

Kakek dari enam cucu ini berharap pemerintah nantinya bisa membantu melakukan disinfektan terhadap warung makan yang sudah berbulan-bulan tutup agar steril dari virus yang kemungkinan ada.

Seperti juga warungnya di Ceger, Jakarta Timur, dipastikan akan menerapkan protokol kesehatan. Air yang mengalir dan sabun pasti akan kami siapkan untuk cuci tangan baik sebelum maupun sesudah makan.

Covid-19 katanya adalah bencana dunia, bukan kelas lokal / daerah atau nasional. “Kita sedang dicoba, semoga bisa bangkit lagi dan lebih sukses,” tutupnya. (KH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News

Patroli Stok Logistik di Minimarket Akibat Covid-19

Published

on

Tangerang, koin24.co.id – Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah Pandemi Covid-19, sejumlah anggota Koramil 02/Btc Kodim 0506/Tgr melakukan patroli dengan mengecek logistik di minimarket akibat Covid-19.

Dalam kegiatan Patroli pengecekan stok logistik tersebut dilakukan di Indomaret dan Alfamart oleh Serka Ono W Babinsa Kelurahan Pondok Timur Kecamatan Pondok Aren Kota Tangsel.

Serka Ono W Babinsa Koramil 07/PDA mengungkapkan, “Patroli pengecekan stok logistik di lakukan di minimarket dan toko-toko yang berada di wilayah Kelurahan Pondok Timur. Patroli dalam program Serbuan Teritorial (Serter) di wilayah senantiasa untuk membantu Pemerintah dalam memantau kesedian logistik di pasaran masih aman,”

Di saat yang bersamaan tersebut, lebih lanjut Babinsa menambahkan, dalam patroli ini juga kami memberikan imbauan kepada warga masyarakat tentang pentingnya mematuhi aturan PSBB dengan tidak lupa untuk menjaga jarak. # Pendim 0506/Tgr.

Continue Reading

News

Pelaksanaan Rapid Test dan pembagian sembako di Petamburan

Published

on

Pembagian sembako kepada warga petamburan

Jakarta, koin24.co.id – Pada Selasa (24/11/2020) dalam rangka mengantisipasi kasus penularan Covid – 19, anggota Koramil 05 Tanah Abang memantau pelaksanaan Rapid Test yang dilaksanakan di SDN 01, RW 04 RT 08 Petamburan.

Rapid test yang diselenggarakan oleh tim dari puskesmas setempat dilakukan untuk mengantisipasi penularan Covid 19 bagi warga Petemburan akibat dampak kerumunan massa yang terjadi beberapa hari sebelumnya.

Serda Junaidi Babinsa Koramil 05 TA mengungkapkan, “Cek kesehatan Rapid Test di Petamburan dilakukan untuk memantau kasus penularan covid 19, buntut dari kerumunan massal yang terjadi beberapa hari lalu”,

Pada kesempatan tersebut Serda Junaidi juga mengabarkan, selain melaksanakan rapid test, dilakukan juga pembagian sembako kepada warga petamburan.

“Pembagian sembako dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga binaan di masa pandemi covid 19”, tutur Serda Junaidi.

Pada pelaksanaan tersebut hadir dalam kegiatan, 11 personil Polsek Petamburan, 3 anggota Koramil 05 TA, tim Sat Pol PP dan jajaran Kelurahan.

Continue Reading

News

Tetap utamakan Protokol Kesehatan tepat guna dan terarah

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Pada Selasa (24/11/2020) dalam kesempatan pelaksanaan Peta Jarak Jaring Ter di Aula Koramil 03/Tg.Priok Jl.Yosudarso Kel. Kebon Bawang Kec.Tg.Priok, Jakarta Utara, Wadanramil 03/Tg.Priok Kapten Arh Yahya mengatakan, pelaksanaan peta Jarak Jaring ter ini bertujuan untuk menyatukan persepsi antara Mitra Koramil dengan anggota Koramil guna memperlancar pelaksanaan deteksi dini dan Cegah dini serta Temu Cepat lapor Cepat.

Lebih lanjut Wadanramil menambahkan fungsi satuan teritorial merupakan satuan terdepan yang di bentuk untuk pertahanan Negara serta membatu pemerintahan untuk turut serta mensejahterakan rakyat yang ada di Wilayah binaanya.

Wadanramil 03/Tg.Priok Kapten Arh Yahya juga mengungkapkan, “Perlu adanya pembinaan – pembinaan mitra karib Babinsa yang sudah kami bentuk, sehingga akan tepat guna dan terarah dalam pelaksanaan tugas di Wilayah akan lebih Maksimal, sehingga terjalin kemanunggalan TNI dengan Rakyat”.

Di kesempatan yang sama, Wadanramil juga berharap di masa pandemi Kovid 19 ini para mitra Babinsa jajaran Koramil 03/Tg.Priok dapat membantu tugas – tugas babinsa yang ada di Wilayah serta memberikan himbauan – himbauan kepada warga masyarakat agar tetap selalu melaksanakan 3 M dan tidak lupa untuk mengedepankan Protokol Kesehatan.

Semoga dengan adanya pembinaan peta Jarak ter kepada mitra karib Babibsa tersebut akan beguna bagi para mitra Babinsa serta Faham sesuai tupoksinya sehingga akan lebih maksimal dan Akurat dalam memberikan informasinya kepada babinsanya.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler