Connect with us

Metro

Pembibitan ikan dalam rangka ketahanan pangan di Johar Baru

Avatar

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Danramil 08/Johar Baru Mayor Inf. Bona Ventura dan anggota Babinsa Serma Yudi Emeta menghadiri pembibitan ikan lele, di Jln. Mardani Raya Gang T RT 03/RW 05 Johar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (21/1/2021).

Pembibitan ikan ini dilakukan di dalam ember dan dilakukan di rumah Ketua Kelompok, Nurjanah.

“Kami mendukung pembibitan ikan lele ini, supaya warga masyarakat juga memperoleh penghasilan tambahan dari usaha ini dan yang utama dapat memenuhi kebutuhan hidup beserta keluarganya,” ujar Danramil.

Budidaya ikan lele dalam ember ini, lanjut Danramil, dilakukan dalam rangka mensiasati keterbatasan lahan di perkotaan.

“Banyak keuntungan dengan pembibitan seperti ini, bibit mudah dicari, dengan modal yang kecil mendapatkan untung yang besar, tidak membutuhkan lahan yang luas, pemeliharaan yang mudah dan permintaan pasarnya tinggi,” ungkap Danramil.

Upaya pembibitan ikan dalam ember merupakan satu usaha ketahanan pangan warga Johar Baru dalam menghadapi pandemi yang belum kunjung berakhir. (Sumber Kodim 0501/JP BS)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Metro

Gubernur Anies apresiasi kolaborasi petugas-warga tangani banjir dan korban terdampak

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pintu air Manggarai, Jakarta Selatan pada Minggu (21/2/2021). Dalam tinjauan tersebut, Gubernur Anies berkoordinasi dengan jajaran terkait update informasi genangan dan banjir yang terjadi akibat hujan merata yang melanda kawasan Ibu Kota.

Gubernur Anies menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat, baik dari jajaran Pemprov DKI, hingga warga dan lembaga sosial yang ikut berkolaborasi menanggulangi genangan dan banjir, serta membantu warga terdampak.

“Saya menyaksikan ada keluarga bawa kendaraan yang berhenti di lokasi genangan. Lalu menurunkan box makanan, menyerahkan dan lalu pergi lagi. Tanpa ada upacara, tanpa ada dokumentasi, semata-mata membantu saudara. Ini terjadi begitu banyak. Peristiwa ini menggambarkan bahwa begitu banyak orang baik yang membantu sesama di masa penuh cobaan sekarang ini. Apalagi kita dalam suasana pandemi,” ujar Gubernur Anies seperti dilansir dari ppid.jakarta.go.id, Minggu (21/2/2021).

Gubernur Anies juga menyampaikan rasa duka mendalam lantaran adanya korban jiwa akibat musibah tersebut. Sebagaimana diketahui, terdapat 5 (lima) korban meninggal dunia, mayoritas di antaranya masih anak-anak yang sedang bermain saat kejadian berlangsung.

“Saya memberikan instruksi kepada seluruh jajaran dan meminta masyarakat apabila menyaksikan anak-anak bermain di kawasan yang sedang ada genangan, maka ditegur, diajak untuk berhenti. Karena bermain di sana sangat berisiko. Ada lubang, arus yang tak terduga, akhirnya terjadilah peristiwa yang tidak kita inginkan. Maka jangan pandang itu seperti anak orang lain, pandanglah seperti anak kita sendiri. Sehingga kita bisa ambil tanggung jawab untuk mengingatkan menegur dan menghentikan agar tidak ada kejadian seperti kemarin,” jelas Gubernur Anies.

Selain itu, Gubernur Anies juga menggambarkan update kondisi di lapangan terkait kawasan yang telah mengalami penyusutan, karena penanganan oleh petugas berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari permukaan sungai Ciliwung, kali Krukut, dan kali Sunter sejak tadi pagi telah berada di posisi normal.

“Jadi tadi pagi, kiriman air dari luar Jakarta dari kawasan tengah dan hulu sudah berkurang. Dan proses pemompaan berjalan terus hingga menjelang subuh. Sehingga kita bisa menyaksikan pagi ini jalan-jalan itu semua sudah kering dan bisa dilewati kendaraan dengan baik. Alhamdulillah per siang ini kondisi sudah jauh lebih terkendali,” pungkas Gubernur Anies.

Berdasarkan data dari BPBD hingga Minggu (21/2) pukul 15.00, terdapat 15 RW, terdiri dari 29 RT yang masih terdampak, dari total 30.470 RT yang ada di Jakarta, atau 0,095 %. Angka tersebut menurun jika dibandingan kemarin, Sabtu (20/2) wilayah terdampak sempat mencapai 113 RW, terdiri dari 342 RT. Sementara jumlah pengungsi sebanyak 1.332 jiwa dari 384 KK, semuanya dari wilayah Jakarta Timur, dengan 9 lokasi pengungsian. Angka tersebut juga telah menurun dari kemarin yang mencapai 3.311 jiwa pengungsi, tersebar di 44 lokasi pengungsian.

Perlu diketahui, saat mengunjungi pintu air Manggarai, Gubernur Anies didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali beserta jajarannya; Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI, Yusmada Faizal; Plt. Asisten Pemerintahan DKI, Sigit Wijatmoko; Plt. Asisten Kesra DKI, Suharti Sutar; Asisten Perekonomian dan Keuangan DKI, Sri Haryati; dan Kepala Dinas Kominfotik DKI, Atika Nur Rahmania.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada. Jika terjadi keadaan darurat dapat menghubungi Call Center 112. Serta melaporkan jika menemukan genangan/banjir melalui aplikasi JAKI dan peta bencana, dan masyarakat diimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M.

Pemprov DKI Jakarta turut memanggil bagi seluruh masyarakat untuk berkolaborasi bersama meringankan pengungsi di Ibu Kota. Saat ini kebutuhan mendesak yang diperlukan berupa logistik, perahu, makanan, minuman, medic kit, family kit, matras, selimut, dan masker. (Sumber: ppid.jakarta.go.id)

Continue Reading

Metro

Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya didampingi Bupati Bekasi cek titik banjir terparah akibat tanggul Sungai Citarum jebol

Published

on

Bekasi, Jawa Barat, koin24.co.id – Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran didampingi Bupati Kabupaten Bekasi mengecek langsung salah satu titik banjir terparah di Kabupaten Bekasi, akibat tanggul Sungai Citarum yang jebol, Minggu (21/2/2021). 

Tanggul Sungai Citarum di Kampung Babakan Banten, Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat jebol pada Sabtu (20/2/2021) tengah malam.

Tanggul Sungai Citarum di Pebayuran Jebol 50 meter, 6.000 KK terdampak banjir. Sampai Minggu sore, Pangdam Jaya dan Kapolda Metro masih berada di lokasi titik banjir untuk mengecek keadaan.

Kapendam Jaya Letnan Kolonel Arh. Herwin BS, mengatakan kedua pimpinan itu turun langsung melakukan pengecekan serta membantu mengevakuasi warga. Sementara ketinggian air di lokasi masih cukup dalam. “Saat ini masih proses evakuasi. Pangdam Jaya, Kapolda didampingi Bupati Kabupaten Bekasi, juga masih mengecek langsung dan air diperkirakan ketinggian sampai satu atau dua meter,” beber Kapendam Jaya.

Puluhan perahu karet pun diterjunkan oleh berbagai pihak termasuk Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya. Perahu tersebut digunakan untuk mengevakuasi warga yang masih berada di rumahnya masing-masing.

“Masyarakat membutuhkan kendaraan-kendaraan sementara kita siapkan perahu karet dari Kodam, Polda, Tim SAR semua menyiapkan perahu karet untuk evakuasi empat desa tersebur,” jelas Kapendam Jaya.

“Akibat dari jebolnya tanggul tersebut merendam rumah warga yang tersebar di empat desa dan tiga kecamatan di Kabupaten Bekasi,” tutup Kapendam Jaya. (***) 

Continue Reading

Metro

Peduli banjir, Koramil 01/Jatinegara beri bantuan selimut untuk Lansia

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Kodim 0505/JT melalui Koramil 01/Jatinegara memberikan bantuan selimut kepada korban banjir Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dalam rangka cepat tanggap mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah binaan teritorialnya, Minggu (21/02/21).

Kegiatan pemberian 100 ikat selimut oleh Danramil 01 Jatinegara Mayor Czi. Jarmadi bersama jajarannya kepada korban banjir dengan peruntukannya kepada Lansia (lanjut usia) dan Balita ini dilakukan sebagai bentuk wujud kepedulian TNI terhadap warga terdampak banjir yang sangat membutuhkan bantuan. Koramil Jatinegara melalui jajarannya juga mengerahkan Babinsa untuk membantu masyarakat dalam hal evakuasi pada saat bencana banjir melanda wilayah Kelurahan Kampung Melayu.

Musibah banjir yang terjadi disebabkan curah hujan yang turun sangat lebat selama 2 hari tersebut mengakibatkan meluapnya arus Sungai Ciliwung. Akibatnya air sungai meluap masuk ke pemukiman warga Kampung Melayu.

Pada kesempatan pemberian selimut kepada Lansia, tokoh masyarakat yang juga ketua RW. 04 Sunarto dan Ketua RW.05 Aswat mengucapkan terima kasih kepada Kodim, Polres dan Danramil beserta jajarannya, karena semenjak banjir melanda wilayah Kelurahan Kampung Melayu, Koramil Jatinegara, BPBD dan Muspika Jatinegara selalu melekat untuk membantu warga masyarakat. Mulai dari evakuasi, pemberian bantuan dan mendirikan dapur umum untuk keperluan warga korban banjir yang berada di lokasi pengungsian.

Mayor Czi. Jarmadi mengatakan, atas nama Kodim 0505/Jakarta Timur mengucapkan terima kasih kepada warga karena dalam pelaksanaan evakuasi dari lingkungan perumahan sampai ke lokasi pengungsian semua korban banjir masih diberikan ketabahan, kekuatan dan kesehatan dalam menghadapi bencana alam banjir.

Koramil 01/Jatinegara juga menyalurkan bantuan paket Sembako, membagikan masker dan memberikan selimut kepada warga terdampak banjir di beberapa titik. Yaitu wilayah Kelurahan Kampung Melayu, Kelurahan Bidaracina dan Kelurahan Cipinang Muara.

Menurutnya tiga kelurahan yang terdampak banjir tersebut akibat tingginya intensitas curah hujan. Ditambah terusan air dari bendungan Katulampa sehingga aliran sungai Ciliwung tidak bisa menampung tingginya debit air dan meluap ke pemukiman warga yang mengakibatkan terjadinya banjir. (Sumber Kodim 0505/JT)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler