Connect with us

News

Pengurus PWI Bengkulu yang pro aktif tutup usia

Avatar

Published

on

Foto: Alm. Sahyarudin, S.Sos, MM., Sekretaris PWI Provinsi Bengkulu (2016- 2021).

Jakarta, koin24.co.id – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu yang pro aktif terhadap semua kegiatan PWI, meninggal dunia di Rumah Sakit Tiara Sella, Jalan S. Parman Kota Bengkulu, Minggu (4/4) sekitar pukul 16.00.

Dia adalah Sahyarudin, S.Sos, MM., Sekretaris PWI Provinsi Bengkulu (2016- 2021). Dia meninggal pada usia 55 tahun. Saat meninggal di rumah sakit, dia ditunggui oleh istri dan anak-anaknya.

Jenazahnya kemudian disemayamkan di rumahnya Jalan Raya Betungan, Kelurahan Betungan, Kota Bengkulu.
Jenazah almarhum menurut rencana dimakamkan Senin 5 April 2021 sekitar pukul 10.00 WIB di TPU Betungan.

Meninggalnya angkasawan RRI kelahiran 3 November 1966 ini membuat banyak kalangan merasa kehilangan, terutama kalangan wartawan.

“Dia meninggal karena sakit komplikasi. Kami benar-benar kehilangan sosok pengurus PWI yang baik,” kata Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antony ketika dihubungi oleh Direktur Kesejahteraan dan Pengabdian Masyarakat PWI Pusat M. Nasir.

“Beliau sangat aktif di PWI. Boleh dibilang PWI adalah kantor keduanya. Saat sedang sakit pun, dia pasti bertanya bagaimana kegiatan- kegiatan PWI, kapan uji kompetensi wartawan lagi. Kalau sudah mendingan sakit, saya akan datang,” kata Zacky menirukan Sahyarudin.

Menurut Zacky, terakhir dia mengikuti kegiatan PWI ketika pengecatan Tugu Pers menyambut HPN 2021. “Dalam kondisi berjalan masih dipapah, beliau tetap datang juga ke lokasi,” tuturnya.

Seperti dikabarkan rakyatbengkulu.com, almarhum dikenal sebagai sosok organisator yang ulung dan juga merupakan wartawan senior di lembaga penyiaran Radio Republik Indonesia (RRI) Bengkulu. Almarhum wafat meninggalkan seorang istri dan tiga anak.

Zacky Antony didampingi Ketua Panitia HPN Provinsi Bengkulu tahun 2021 Iksan Agus Abraham, SH., menyatakan turut berbela sungkawa atas meninggalnya almarhum. Banyak kenangan indah yang terukir selama bergaul dengan almarhum ini.
“Beliau (almarhum) jika sedang mengerjakan sesuatu sangat fokus dan tak mau setengah-setengah, harus tuntas berjalan,” kata Zacky.

tri.co.id melaporkan juga, bagi para rekan dan kerabatnya,
Sahyarudin merupakan sosok yang supel dan sering membantu.
“Beliau orangnya supel,” kata rekan kerjanya Nasruddin yang saat ini bertugas di RRI Mataram, Minggu (4/4/2021).

Nasruddin juga mengingat kembali kenangan bersama almarhum saat mengikuti Diklatpim IV RRI. 
“Saat Diklatpim IV kerap saling bertukar pikiran,” kata Nasruddin seperti dikutip RRI.co.id.

Sementara, salah satu rekan Sahyarudin di RRI Bengkulu juga menceritakan kenangan bersama. Salah satunya adalah Rokky Eka mengatakan, sosok Sahyarudin merupakan pemimpin yang baik.
“Beliau senior yang baik sekaligus atasan yang mendidik. Banyak kenangannya selama 15 tahun dalam satu ruangan,” kata Rokky.

Segenap anggota dan pengurus PWI Pusat dibawah kepemimpinan Ketua Umum Atal S. Depari dan Sekjen Mirza Zulhadi menyampaikan turut berdukacita yang mendalam. Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan. (•••)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News

Pengusaha harus naik kelas, Anin berikan bantuan untuk UMKM di Jabar

Published

on

Bandung, Jawa Barat, koin24.co.id – Pengusaha harus naik kelas. Hal ini disampaikan Anindya Novyan Bakrie selaku Wakil Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri  Indonesia)  dalam acara bertajuk “Kadin Jawa Barat Peduli Anak Yatim Bersama Anindya N. Bakrie” yang digelar di Hotel Aryaduta, Bandung, Minggu, 18 April 2021.

Pernyataan ini pun menjadi salah satu program unggulan Anin, sapaan akrab Anindya Novyan Bakrie, dalam upayanya menjadi orang nomor satu di Kadin.

“Semua pengusaha bisa bertahan pasca Covid-19 dan juga harus bisa naik kelas. Langkah ini bisa dilakukan secara bersama sama. Pengusaha besar membantu pengusaha kecil, begitu sebaliknya, sehingga dorongan terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tak hanya jargon atau wacana. Tetapi, betul-betul diimplementasikan menjadi sebuah upaya bersama memajukan pelaku usaha,” jelas Anin, sebagaimana dilaporkan Setiadi Ihsan, GM. Bakrie Amanah, Senin, 19 April 2021.
 
Anin menjabarkan bagaimana Kadin bisa membumi, misalnya dapat masuk dan dikenal oleh kalangan milenial. Di Bandung ini ada contoh, paparnya, Pasar Caringin bukti nyata ekonomi kerakyatan yang dibangun oleh anggota Kadin. Pasar itu menjadi andalan suplai berbagai kebutuhan pangan untuk Jawa Barat. Kalau ini bisa direplikasi, akan luar biasa, jelas Anin.
 
Ketua Kadin Jawa Barat, Cucu Sutara, menjelaskan bahwa Kadin Jabar telah menggelar rapat pleno dan memutuskan mendukung Anin dalam pencalonan sebagai Ketua Umum Kadin periode berikutnya.

“Dukungan ini bukan tanpa alasan, namun melihat kiprah Anindya Bakrie dalam memajukan KADIN selama 15 tahun, termasuk secara khusus untuk KadinJabar. Keberadaan Gedung Kadin Jabar di jalan Sukabumi tidak lepas dari kontribusi Anindya Bakrie,” jelasnya.
 
Cucu menambahkan, sebagai bukti bahwa Anindya Bakrie sangat serius dalam mengembangkan UMKM, Anin melalui Bakrie Amanah memberikan bantuan modal usaha bagi UMKM yang berada di wilayah binaan Kadin Jawa Barat.

“Silakan, bantuan ini dapat dimanfaatkan. Kami hanya memfasilitasi saja!” tandas Cucu.
  
Anin mengapresiasi dukungan Kadin Jabar ini. Bahkan, baginya hal itu bukan hanya dukungan, tapi suatu amanah.

“Kadin saat ini punya 34 pengurus provinsi dan pengurus di 500 kabupaten kota. Semua kepengurusan punya masalah sendiri-sendiri. Ini adalah tantangan. Tapi dengan berbekal berpengalaman 15 tahun berkiprah di Kadin, saya yakin bisa membawa Kadin menjawab semua tantangan itu,” jelasnya.
 
Acara “Kadin Jawa Barat Peduli Anak Yatim Bersama Anindya N. Bakrie” digelar oleh Kadin Jawa Barat dalam mengisi bulan Ramadhan 1442 H. Acara ini dihadiri oleh pengurus Kadin Jabar, serta para Ketua Kadin kabupaten dan Kota di wilayah Jabar. Tentunya juga ratusan anak  yatim dhu’afa dari berbagai institusi yayasan, DKM dan pesantren.
 
Selesai keduanya memberikan sambutan, Anindya Novyan Bakrie secara simbolik menyerahkan bantuan usaha untuk UMKM di Jabar dan 4 Mac Book Pro bagi Kadin Jabar. Acara diakhiri dengan pemberian santunan kepada anak-anak yatim dhuafa.(***)

Continue Reading

News

Ini pesan Dansektor 19, Kolonel Chb Widodo saat hadiri Rakor pengendalian banjir

Published

on

Karawang, Jawa Barat, koin24.co.id – Dansektor 19, Kolonel Chb Widodo meminta semua pihak bekerjasama dalam penanganan banjir yang terjadi akibat luapan Kali Kalapa.

Demikian disampaikan Kolonel Chb Widodo
didampingi Danki Sektor 19, Serma Suprianto menghadiri rapat koordinasi pengendalian banjir Kali Kalapa di kantor Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Jum’at (16/4/21).

Dansektor menegaskan, banjir yang terjadi karena luapan Kali Kalapa saat ini butuh aksi. Bukan lagi saling menyalahkan, karena semua harus menjadi tanggung jawab bersama demi kebaikan warga. Apalagi, banjir terjadi setiap kali waktu buka puasa karena hujan turun di waktu sore.

“Jangan saling menyalahkan. Mari kita semua ikut bertanggung jawab demi kebaikan bersama,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Wabup H. Aep Syaepuloh dirinya menekankan agar segera mulai untuk aksi penanganan banjir Kali Kalapa. Mengingat, dalam beberapa hari terakhir, warga Desa Wadas terdampak banjir, jika turun hujan lebih dari 2 jam.

Rencana aksi untuk pengendalian banjir diantaranya melakukan sodetan dengan menurunkan alat berat, lalu penertiban bangunan liar yang berdiri di sekitar Kali Kalapa. “Ini rapat ke lima. Kita harap ada kesepakatan dan bisa langsung aksi. Karena kasian masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wadas, Junaedi mengatakan, pihaknya hanya ingin warga tidak merasa ketakutan dan khawatir jika hujan turun. Karena, hujan turun sedikit saja sudah banjir.

“Kami menginginkan rasa tanggung jawab dan kepedulian pihak perusahaan untuk menanggulangi banjir,” tandasnya.

Usai rapat, rombongan langsung menuju lokasi pengerukan sedimentasi Kali Kalapa di depan komplek perumahan Harmoni Mas.

Dalam proyek pengerukan tersebut, Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas PUPR menurunkan 1 alat berat. (Red).

Continue Reading

News

Airlangga Hartarto dipersepsikan menteri dengan kinerja positif di mata media dan publik

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Di tengah isu tentang reshuffle kabinet Indonesia Maju yang muncul pekan ini Indonesia Indicator (I2) mengeluarkan sebuah riset tentang persepsi media dan publik terhadap para menteri. Riset ini mengambil data pemberitaan sejak 24 Desember 2020–12 April 2021 atau sejak momentum reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang pertama pada 23 Desember 2020.

Dalam riset ini I2 menganalisa pemberitaan dari 5.963 media online berbahasa Indonesia, dari media online nasional hingga media online lokal.

Lewat kemampuan teknologi artificial intelligent yang dimiliki, I2 mengumpulkan data pemberitaan sebanyak 4.655.176. Teknologi tersebut dibuat untuk mempersepsikan setiap berita berdasarkan sentimen tertentu seperti positif, netral dan negatif. 

Dari riset yang mereka lakukan, hasilnya terdapat 10 menteri dari 36 menteri yang mendapatkan sentimen positif tertinggi. Salah satunya, Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto yang ditemukan memiliki persepsi pemberitaan positif tertinggi dalam riset itu.

“Kami menggunakan kata kunci nama menteri, sistem kecerdasan buatan mengidentifikasi pemberitaan mengenai figur menteri, dan sekaligus mengenali pemberitaan yang memiliki konten-konten positif,” kata Kepala Divisi Riset Indonesia Indicator, Fanny Chaniago di Jakarta, dalam rilisnya Rabu, 14 April 2021.

Konten pemberitaan itu menyangkut beberapa aspek seperti kinerja para menteri,  berdasarkan pelaksanaan program kerja serta terobosan yang dibuat di kementerian tersebut. Begitu pula dengan pemberitaan tentang, bagaimana media mencitrakan atau mempersepsikan figur menteri tersebut.

Dalam riset ini I2 mengungkapkan bahwa indikator baiknya apresiasi media dan publik jika dilihat dari analisis pemberitaan. Jadi tidak hanya didasarkan pada jumlah atau besaran exposure pemberitaan. I2 juga menyatakan beberapa figur menteri dan setingkat menteri disorot media karena ada isu-isu di luar kinerja dan tupoksi.

Menko Airlangga Hartarto termasuk salah satu menteri di Kabinet Indonesia  Maju  yang sering kali menjadi trending dalam pemberitaan media. Baik dalam perannya sebagai menteri atau pun tugasnya sebagai Kepala Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Dari riset I2 disebutkan jika Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mendapatkan 8.808 pemberitaan dengan sentimen positif selama kurun  waktu riset tersebut. Jumlah itu setara dengan 48 persen dari jumlah total  pemberitaan tentang Airlangga Hartarto sebagai menteri. I2 belum memberikan data tentang sentimen lainnya, negatif dan netral.

Sentimen positif yang cukup banyak dalam pemberitaan tentang Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ini mencerminkan kepercayaan media dan publik atas kinerjanya. Selain itu banyaknya pemberitaan menyangkut dirinya menunjukkan adanya perhatian besar media atas kiprahnya sebagai pembantu Presiden Joko Widodo. 

Terutama pemberitaan tentang peran Airlangga dalam pemulihan ekonomi nasional yang menonjol disertai dengan jumlah sentimen positif. Begitu pula dalam pemberitaan penanganan pandemi Covid-19, terutama dalam kebijakan PPKM Mikro yang dianggap sukses menurunkan jumlah kasus aktif di Tanah Air.

Berikut 10 menteri yang mendapatkan sentimen positif tertinggi:
1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (13.968 berita)
2. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (13.879 berita)
3. Menteri Keuangan Sri Mulyani (9.101 berita)
4. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (8.808 berita)
5. Menteri Sosial Tri Rismaharini (7.735 berita)
6. Menteri BUMN Erick Thohir (7.165 berita)
7. Menteri Perhubungan Budi Karya (6.744 berita)
8. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (6.709 berita)
9. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (6.191 berita)
10. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (5.844 berita). 

Sementara nama 10 Menteri teratas berdasarkan Prosentase sentimen positif di media yakni Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (56 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (51 persen), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (48 persen), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (47 persen), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (47 persen), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (47 persen), Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (43 persen), Menteri Keuangan Sri Mulyani (42 persen), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (40 persen), Menteri Sosial Tri Rismaharini (38 persen). (***)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler