Connect with us

News

Peringati Hantaru ke-62, BPN Jakarta Barat Bagikan 34 Sertipikat Secara Simbolis

Berman Nainggolan Lumbanradja

Published

on

Jakarta, Koin24.co.id — Walikota Kota Administrasi Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko menjadi inspektur upacara dalam rangka Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) ke-62, di halaman Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat, Senin (26/9/2022) pagi.

Pada Peringatan Hantaru ke-62, Kantor ATR/BPN Jakarta Barat, membagikan secara simbolis sebanyak 34 sertipikat untuk 3 (tiga) jenis kepemilikan hak. Untuk kepemilikan sertipikat jenis 5 Hak Milik, 19 Hak Pakai, 5 Hak Guna Bangunan dan 5 Hak Wakaf. Sertipikat tersebut diberikan kepada masyarakat, lembaga dan sertipikat milik Pemprov DKI Jakarta.

Dalam amanat pidato yang dibacakan oleh Walikota Jakarta Barat, menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto mengatakan, peringatan Hantaru tahun 2022 dengan tema “Kementerian ATR/BPN Cepat, Berkualitas, dan Tangguh” akan mewujudkan percepatan transformasi digital dalam sistem pelayanan publik, pengaduan perizinan, penanganan masalah dan database yang akan menyebabkan layanan kepada masyarakat yang transparan, cepat, efektif dan efisien.

“Saya mengingatkan kembali kepada tugas yang saya arahkan pada saat rakernas, sejalan dengan tugas yang diberikan oleh Bapak Presiden pada saya. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama melaksanakan: 1. Percepatan pendaftaran tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). 2. Penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan dengan reforma agraria serta pemberantasan mafia tanah. 3. Dukung percepatan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN),” papar Hadi Tjahjanto.

Menurut Hadi Tjahjanto, dengan program PTSL, ATR/BPN mendapat loncatan yang sangat signifikan dalam kurun waktu lima tahun. Capaian jumlah tanah terdaftar sebanding dengan 70 tahun sebelum program PTSL. Hingga saaat ini, capaian pendaftaran tanah sudah mencapai 81,6 juta bidang, atau setara dengan 64,7 persen.

“Untuk mencapai target 100 persen pada tahun 2025 harus menyusun strategi yang terbaik. Saya mengingatkan, pentingnya mengejar target PTSL. Namun yang tidak kalah penting adalah menjaga kualitas produk sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari,” pungkasnya.

Pada peringatan Hantaru ke-62 ini tampak hadir perwakilan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Ketua Komisi A dan Anggota DPRD DKI Jakarta, Komandan Distrik Militer (Dandim) 05/03 Jakarta Barat, Kapolres Jakarta Barat, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Kepala Badan Pengelolaan Aset Daerah Pemprov DKI Jakarta, Kepala Suku Badan Pengelolaan Aset Daerah Kota Administrasi Jakarta Barat, Kepala Suku Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Jakarta Barat, Camat Kembangan, Camat Kebon Jeruk, Kecamatan Grogol Petamburan, Lurah Duri Kepa, Lurah Kembangan Utara, Ketua IPPAT Jakarta Barat, Direktur PT Permata Hijau dan Direktur PT Antilope Madju Putri Indah.

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

News

SMSI Riau Gelar Bimtek Penulisan Feature Pariwisata

Published

on

CIREBON – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Riau menyelenggarakan Workshop Penulisan Feature Pariwisata selama dua hari, 27-28 November 2022, di Hotel Grand Tryas, Cirebon, Jawa Barat.

Workshop menghadirkan tiga orang nara sumber yakni Benni Febrianto mewakili Kadis Pariwisata Riau, wartawan nasional sekaligus penulis, Asro Kamal Rokan, dan Wakil Ketua Umum SMSI Pusat, Yono Hartono yang sekaligus membuka kegiatan.

Yono Hartono, saat memberi sambutan mewakili Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus, menyampaikan apresiasinya pada SMSI Riau yang telah menyelenggarakan workshop tenik menulis feature pariwisata.

“Saya bangga pada SMSI Riau yang bisa menyelenggarakan kegiatan di luar kota. Terus terang, saat pak Ketum minta saya untuk hadir di Cirebon, saya kaget. Pak Ketum bilang, Riau sudah biasa acara di luar. Makanya saya apresiasi, semoga kegiatan ini lancar dari awal sampai akhir,” ujar Yono saat membuka workhsop.

Di sesi pertama pemaparan, Kadis Pariwisata Riau diwakili Kabid Pengembangan Pariwisata, Benni Febrianto menguraikan potensi dan destinasi wisata Riau yang tersebar di beberapa kabupaten seperti Istana Siak di Kabupaten Siak, Candi Muara Takus di Kampar, dan Ombak Bono di Pelalawan.

“Banyak destinasi wisata di Riau yang bisa dikembangkan dan dijual. Kita juga punya desa wisata yang terus kita kembangkan infrastrukturnya,” ujar Benni.

Salah satu Desa Wisata di Riau ada di Dayun, Kabupaten Siak. Dayun saat ini tengah dikembangkan menjadi Desa Wisata, karena daya tarik yang dimilikinya. Saatnya nanti, Dayun akan menjadi destinasi wisata yang dilengkapi berbagai iven/atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung, di mana kehidupan masyarakatnya tetap menyatu dengan tradisi yang berlaku.

Pemaparan Benni mendapat tanggapan dua wartawan senior Riau, Kazzaaini dan Helmi Burman. Keduanya mengkritisi pengelolaan pariwisata Riau yang belum terkonsep dengan baik, sehingga pariwisata Riau belum bisa dijual maksimal ke luar.

Riau sendiri sebenarnya telah memiliki Perda
Rencana Induk Pembangunan (RIP) Kepariwisataan Provinsi Riau tahun 2021-2035. Perda ini nantinya akan memuat payung hukum tentang penyelenggaraan pariwisata di Bumi Lancang Kuning. Ini untuk memudahkan pemerintah daerah menyusun program dalam pengembangan pariwisata. Sayangnya, hingga kini RIP belum berjalan sebagaimana mestinya.

Sesi Paling Ditunggu
Materi teknik menulis feature pariwisata oleh wartawan/penulis, Asro Kamal Rokan di akhir sesi, adalah saat yang paling ditunggu. Ketika Asro menyampaikan pengalaman-pengalamannya dalam menulis feature dan laporan, ia mengingatkan agar penulis tetap berpijak pada 5W1H, dan kaidah jurnalistik.

“Boleh kita berimaginasi, tetapi yang kita tulis tetaplah sebuah fakta, semakin banyak data semakin bagus. Tergantung lagi, angel atau sudut pandang mana yang akan kita angkat, itu bebas saja. Satu lagi, menulis itu perlu rasa, dan salah satu kekuatan rasa itu ada di ending tulisan. Buatlah ending atau akhir yang menyentuh, yang berkesan, dan penuh dengan pesan moral,” papar Asro memutup workshop.

Sebelumnya, Ketua SMSI Riau, Novrizon Burman menjelaskan, Workshop Penulisan Feature Pariwisata diikuti oleh 46 peserta yang merupakan anggota SMSI Riau. Setelah mengikuti workshop, seluruh peserta diharuskan membuat feature tentang pariwisata di Riau di media sibernya masing-masing.

“Jadi, ilmunya langsung kita implementasikan. Pulang dari Cirebon, kita semua harus membuat feature pariwisata di Riau. Ini bentuk kontribusi SMSI terhadap dunia pariwisata Riau,” ujar Novrizon.

Novrizon saat memberikan sambutan menjelaskan, workshop merupakan rangkaian dari agenda SMSI di tahun 2022. Sebelum tutup tahun, SMSI juga akan menyelenggarakan Bimtek Pergub Nomor 19 Tahun 2021 tentang kerja sama media. (*)

Continue Reading

News

Rektor Universitas Mercu Buana Mendorong Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah Terindeksasi Internasional Bereputasi

Published

on

Universitas Mercu Buana (UMB) terus berinovasi dalam pencapaian publikasi ilmiah melalui peningkatan kualitas pengelolaan jurnal ilmiah diantaranya dengan melakukan proses indeksasi Internasional Bereputasi. Universitas Mercu Buana mendapat kesempatan menjadi tuan rumah (host) penyelenggaraan “Workshop Jurnal Ilmiah Menuju Terindeksasi Internasional Bereputasi Tahun 2022” dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Workshop tersebut bertujuan untuk memberikan panduan, petunjuk teknis, pemecahan masalah sekaligus pendampingan kepada pengelola jurnal ilmiah dalam proses peningkatan kualitas pengelolaan jurnal dan peningkatan akreditasi.

Pada acara yang digelar Senin (21-22/11) Rektor Universitas Mercu Buana Prof. Dr. Andi Adriansyah, M.Eng. menyampaikan harapannya agar melalui kegiatan ini dapat mengoptimalkan peningkatan kualitas jurnal-jurnal di lingkungan Universitas Mercu Buana menuju indeksasi Internasional bereputasi segera. “Dari kegiatan workshop pendampingan jurnal ilmiah ini diharapkan dapat menghasilkan penulisan ilmiah yang dapat dipublikasikan pada jurnal-jurnal terindeksasi Internasional bereputasi,” ujar Andi.

Dalam kesempatan tersebut, Subkordinator Publikasi Ilmiah – Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Hardiyana, S.ST., M.E. mengatakan kegitan workshop ini sebagai pendampingan jurnal ilmiah dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas jurnal yang terbit di Indonesia sebagai syarat pemenuhan kewajiban publikasi bagi dosen dan mahasiswa. “Sebagai informasi peserta yang mengikuti dalam kegiatan worksop ini adalah 40 jurnal yang terpilih, baik berasal dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia”.

Tampil sebagai narasumber dalam acara tersebut antara lain Prof. Dr. Parmin, M.Pd., Prof. I Komang Gede Wiryawan, Tinton Dwi Atmaja, MT., Dwi Wajar Saputra, S.E., M.Si., serta Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana, Dr. Erna Setiany, S.E., M.Si.

Continue Reading

News

Cuaca Buruk Tim DKI dan Jatim Ditetapkan sebagai Juara Bersama Cabang Sepakbola

Published

on

Final cabang sepakbola Porwanas XIII-2022 di Malang Raya antara Tim PWI DKI Jakarta melawan Tim PWI Jawa Timur diakhiri dengan keputusan juara bersama, karena alasan force majour hujan dan petir.

Final berlangsung di Stadion Cakrawala, Universitas Malang, Jumat pukul 14.00 WIB.
Tim Jakarta dan Tim Jawa Timur yang berada di Hotel Ibis, berangkat ke Stadion menggunakan bus masing-masing, secara berbarengan.

Tim Jakarta tiba lebih dahulu pukul 13.00 WIB, tak berselang lama datang tim Jawa Timur. Lapangan diguyur hujan, namun kedua tim tetap menggelar pemanasan sebelum bertanding.

Lima menit sebelum bertanding, pengawas pertandingan memanggil kedua tim untuk bertanding dan setuju melaksanakan pertandingan dibawah guyuran hujan. Dengan catatan bola masih bisa jalan dan wasit yang memimpin fairplay.

Namun pukul 14.00 WIB, hujan juga belum reda dan petir semakin terdengar keras. Panitia memutuskan untuk menunda pertandingan 2×15 menit sesuai aturan.

Kontingen DKI Jakarta pada Porwanas 2022 ini didukung oleh Yayasan BUMN, Bank BNI, Achsanul Qosasih, Djarum Foundation, BCA, SIDO MUNCUL, Bank DKI, DANONE, Oval Advertising, Nendia Primarasa, PP Perbasi dan Sekjen Nirmala Dewi, perlengkapan olahraga Hundred, Pocari Sweat, Jafpa, Media Buffet, Bank DKI, KAI dan KONI Provinsi DKI Jakarta.

Berikut kronologis TIm PWI DKI Jakarta tiba di Stadion Cakrawala UNM:

1. Tim DKI Jakarta sampai di Lapangan Cakrawala Universitas Negeri Malang pada pukul 13.00 WIB.

2. Tim DKI langsung mempersiapkan tim dan melakukan pemanasan di lapangan meski dalam kondisi hujan.

3. Karena hujan semakin deras disertai kilat dan petir, panpel pertandingan mengingatkan Tim DKI untuk keluar dari lapangan demi keselamatan.

4. Kesepakatan yang diwakili manajer dan kapten kedua tim bersama panpel untuk menunggu 15 menit pertama dilanjutkan 15 menit kedua untuk menunggu kondisi cuaca.

5. Hingga pukul 14.30 wib, dari rencana pertandingan pada pukul 14.00 wib, kondisi cuaca tidak mendukung, pihak PB Porwanas akhirnya memutuskan tidak ada pertandingan. PWI DKI Jakarta dan PWI DKI Jatim sebagai juara bersama cabang sepakbola.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler