Connect with us

News

Presiden ajak pemimpin APEC rajut kembali ‘Bogor Goals’ pada visi pasca-2020

Avatar

Published

on

Presiden Jokowi menghadiri KTT APEC, Jumat (20/11) malam, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. (Foto: Biro Pers Setpres)

Bogor, Jawa Barat, koin24.co.id – Presiden Joko Widodo pada Jumat (20/11) malam, menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam pertemuan, Presiden mengajak pemimpin negara APEC untuk membangun kembali komitmen kemitraan seperti yang telah dilakukan di Bogor pada 26 tahun silam, yang dituangkan dalam Bogor Goals.

“Presiden di dalam pertemuan menyampaikan saatnya APEC membangun kembali komitmen sekuat yang dilakukan pada tahun 1994 di Bogor dalam merajut visi APEC Pasca-2020,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai pertemuan.

Presiden menilai, terobosan besar yang telah dilakukan APEC di tahun 1994 tersebut masih sangat relevan sampai saat ini, antara lain mengenai pentingnya memperkokoh sistem pasar terbuka dan multilateralisme serta tebalnya spirit saling membantu dan bekerja sama untuk mencapai tatanan ekonomi yang menguntungkan semua.

“Di dalam pernyataannya dalam KTT APEC kali ini, Presiden menyampaikan bahwa tidak ada pilihan lain bagi APEC untuk bekerja sama sebagaimana yang telah dilakukan di Bogor pada tahun 1994,” ujar Menlu.

Dalam pertemuan, ujar Menlu, Presiden menyinggung mengenai cenderung melemahnya fondasi kebersamaan yang telah dibangun tersebut. “Dua tahun lalu, KTT APEC tidak dapat mencapai kesepakatan. Oleh karena itu, Presiden menyambut baik bahwa di KTT kali ini kita dapat menyepakati hasil pertemuan,” ujar Menlu.

Disinggung juga mengenai ekonomi APEC yang mengalami kontraksi PDB (Produk Domestik Bruto) hingga 2,7 persen dan 74 juta penduduk kehilangan mata pencaharian akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Presiden mengajak pemimpin APEC untuk bersama membalikkan keadaan tersebut.

“Secara bersama-sama APEC harus membalikkan keadaan ini,” ujar Menlu mengutip pernyataan Presiden.

Dalam upaya tersebut, ujar Menlu, Presiden menyampaikan 3 hal. Pertama, mengenai pentingnya kembali merajut strategic trust. “Visi APEC Pasca-2020 menjadi momentum untuk mempertebal strategic trust guna mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan,” ujar Menlu.

Kedua, Presiden menekankan pentingnya mereaktivasi pertumbuhan perekonomian APEC.

“Presiden mengharapkan 2021 akan terjadi pertumbuhan positif dan upaya harus didorong mulai dari sekarang. Misalnya, perjalanan bisnis esensial harus didorong termasuk melalui optimalisasi APEC Business Travel Card, tentunya dengan protokol kesehatan yang kuat, yang disiplin. Dan rantai pasok, konektivitas, dan digitalisasi ekonomi juga harus diperkuat,” tutur Menlu.

Ketiga, Presiden menekankan pentingnya reformasi struktural dan multilateralisme harus terus didorong. Hal tersebut sejalan dengan semangat yang dibangun dalam Bogor Goals di tahun 1994.

Pada KTT APEC kali ini, Presiden didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jaelani. (FID/UN/Sumber: Setkab)

News

Bertemu Tommy Soeharto, Bamsoet ajak Tommy kembali majukan olahraga otomotif Indonesia

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) pertama pasca lepas dari Kementerian Perhubungan RI, periode 1991-1995 sekaligus pengusaha nasional, Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto), untuk kembali terjun aktif memajukan industri dan olahraga otomotif nasional. Kecintaan Tommy Soeharto terhadap otomotif tak perlu diragukan. Ia pernah berkarir sebagai pembalap mobil dan mengikuti ajang Rally Indonesia pada tahun 1997. Dan hingga saat inipun sosok Tommy masih merupakan mascot pembalap sekaligus tokoh otomotif nasional bersama deretan pembalap nasional senior seperti Tinton Suprapto, Helmi Sungkar, Beng Siswanto, Dolly Indra Nasution dan lain-lain.

“Kehadiran Sirkuit Sentul sebagai salah satu lintasan balap yang membanggakan di Indonesia, tak lepas dari peran dan campur tangan Mas Tommy. Bahkan darah kecintaan terhadap dunia otomotif tersebut kini diwariskan ke putra beliau, Darma Mangkuluhur yang juga aktif sebagai pembalap mobil,” ujar Bamsoet usai bersilaturahmi dengan Tommy Soeharto, di Jakarta, Rabu (2/12/20).

Calon Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini juga meminta berbagai saran dan pandangan Tommy Soeharto seputar prospek industri dan olahraga otomotif di Indonesia. Antara lain tentang bagaimana menggaet kembali promotor handal untuk menyelenggarakan kejuaran otomotif internasional di Indonesia. Dari mulai Moto GP, Superbike, Motocross, hingga Rally.

“Selain tentunya mengadakan event kejuaraan nasional secara rutin dan berkualitas. Karena untuk memajukan industri dan olahraga otomotif, tidak bisa instan. Harus berkesinambungan,” tandas Bamsoet.

Ketua DPR RI ke-20 ini menambahkan, berbagai klub di daerah harus diberdayakan dan di support untuk mengadakan event kejuaraan nasional. Sehingga kegiatan tak melulu di sekitaran Jakarta. Dengan demikian juga bisa merangsang lahirnya atlet profesional dari berbagai daerah.

“Sebagai induk organisasi otomotif Indonesia, IMI harus bisa melakukan konsolidasi organisasi sebagai langkah awal mencapai prestasi. Kita memiliki SDM yang melimpah, dukungan finansial dari investor dalam memajukan industri dan olahraga otomotif juga bisa dicari. Hanya membutuhkan kemauan dan kerja keras untuk mewujudkannya,” pungkas Bamsoet. (*)

Continue Reading

News

Kodim 0806/Trenggalek ikuti apel gelar pasukan pengamanan TPS Pilkada serentak 2020

Published

on

Trenggalek, Jawa Timur, koin24.co.id – Jajaran TNI, Polri dan Linmas di Kabupaten Trenggalek melaksanakan apel kesiapan pengamanan jelang pemungutan suara Pilkada Slserentak Kabupaten Trenggalek 2020 di halaman Mapolres Trenggalek.

Kegiatan apel tersebut dipimpin langsung oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek diantaranya, Pjs Bupati Trenggalek Drs. Benny Sampirwanto, MSi., Kapolres Trenggalek yang diwakili Wakapolres Kompol Mujito, S.H., M.Si., Dandim 0806 yang diwakili oleh Danramil Pogalan Kapten Arh Jaidi, Rabu (2/12/20).

Pasukan apel terdiri dari anggota personel Kodim 0806/Trenggalek, Unit Subdenpom TNI, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, Dinas perhubungan, petugas pengamanan TPS dan Linmas.

Selain itu, turut dihadirkan pula sarana dan prasarana penunjang kegiatan pengamanan TPS seperti Ranmor operasional, ambulan dan lain-lain.

Pada kesempatan itu Pjs Bupati Trenggalek Benny Sampirwanto menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bukti kesiapan jajaran kepolisian bersama instansi terkait dalam menyukseskan gelaran Pilkada Kabupaten Trenggalek.

Sementara itu, Kompol Mujito menuturkan, mengingat pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek saat ini diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19, pihaknya meminta agar seluruh petugas pengamanan yang terlibat benar-benar menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Senada Wakapolres Trenggalek, Kapten Arh. Jaidi mengatakan pihaknya tetap bersinergi bersama stakeholder terkait untuk mewujudkan Pilkada yang aman dan kondusif dan berpesan agar petugas di lapangan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Untuk pelaksanaan Pilkada serentak nanti, Polres Trenggalek bersama Kodim 0806 akan mengerahkan sekitar 900 personel, sedangkan Linmas sekitar 4100 personel dan dibantu dari Satpol PP.

Usai kegiatan apel dilaksanakan pengecekan Ranmor dalam rangka memastikan kesiapan personel dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2020. (***)

Continue Reading

News

Panglima TNI pimpin upacara Sertijab Kapuskersin

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memimpin upacara serah terima jabatan Kepala Pusat Kerjasama Internasional (Kapuskersin) TNI, bertempat di kantor Subden Denma Mabes TNI, Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (2/12/2020).

Acara  Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapuskersin TNI dari Laksma TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si., kepada Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, M.A., berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020 tanggal 18 November 2020.

Selanjutnya Laksma TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si., akan berdinas di Bais TNI, sedangkan Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, M.A., sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Koarmada II.

Pada kesempatan tersebut, sebagai pejabat baru, Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, M.A., melakukan penandatanganan pakta integritas dan berita acara serah terima jabatan, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kasum TNI Letjen TNI M. Herindra, M.A., M.Sc., Irjen TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han)., Danpuspom TNI Mayjen TNI Eddy Rate Muis S.H., M.H., dan Kababinkum TNI Laksda TNI Anwar Saadi, S.H., serta pejabat teras Mabes TNI. (Puspen TNI)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler