Connect with us

News

Sekseskan Program Serbuan Vaksin Covid-19, Kodim 0504/JS Gelar Vaksinasi 12 Th. Keatas

Avatar

Published

on

Jakarta Selatan, koin24.co.id – Kodim 0504/Jakarta Selatan bersama Nakes Kodam Jaya dan Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan mengadakan kegiatan serbuan Vaksi bagi warga Kecamatan Mampang Prapatan dalam rangka mensuseskan Program Serbuan Vaksin Covid-19 bertempat di SMP N 141 Kel. Pela Mampang Kec. Mampang Prapatan. Minggu (11/7/2021).

Menurut Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Inf Ucu Yustiana,S.IP, Kegiatan Vaksinasi Covid-19 hari ini untuk umum dimulai dari umur 12 tahun keatas, bertujuan untuk membentuk kekebalan serta imun tubuh secara komunal, dalam rangka percepatan pemulihan Covid-19.

“Diharapkan melalui serbuan Vaksin ini program vaksinasi dapat segera memenuhi target dengan cepat dan baik”, ungkap Kolonel Inf Ucu Yustiana, S.IP.

“Serta yang paling penting dapat mempercepat pencapaian imunitas kelompok (Herd immunity), menuju masyarakat yang sehat,”katanya.

“Vaksinasi yang dilaksanakan hari ini  untuk umum dimulai dari usia 12 tahun keatas yang bertujuan untuk percepatan pemulihan Covid-19 dan ekonomi warga masyarakat,” pungkasnya.

Tahapan yang harus dilakukan oleh warga yang akan melaksanakan
Vaksin adalah,  pendaftaran Vaksin, Screening oleh tenaga kesehatan, setelah itu menerima suntik Vaksin, dilanjutkan Observasi selama 30 menit untuk mengetahui perkembangannya, setelah di Vaksin.

News

Masjid Nurul Ikhlas Distribusikan 1750 Paket Daging Qurban

Published

on

By

Panitia dan RT Lali mendistribusikan paket daging qurban dari Masjid Nurul Ikhlas

Jakarta, Kamis (Koin24) – Pengurus dan Panitia Qurban Masjid Nurul Ikhlas, RT 005 RW 05 Kelurahan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, sukses lakukan pemotongan dan pendistribusian daging qurban pada masa PPKM darurat.

Lali, pengurus masjid dan panitia qurban, Kamis siang menjelaskan rangkaian penerimaan dan penyaluran daging qurban Masjid Nurul Ikhlas sudah selesai, meski hari tasyrik masih sampai Jumat besok.

Seperti juga masjid lainnya se Kelurahan Bambu Apus, Nurul Ikhlas tidak selenggarakan shalat Idul Adha 1442 H. Namun untuk pemotongan hewan qurban dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Pemotongan dilakukan pada lahan kosong yang berpagar tinggi di depan masjid. Masyarakat umum tidak bisa masuk dan nonton pemotongan seperti tahun-tahun sebenarnya.

Mereka yang masuk hanya panitia dan petugas pemotongan saja. “Alhamdulillah tahun ini ada tujuh belas sapi dan delapan ekor kambing,” jelas Lali yang juga Ketua RT 003 RW 01 Kelurahan Bambu Apus.

Masjid Nurul Ikhlas sendiri berada pada lingkungan RT 05 RW 05. Jamaahnya mayoritas dari lingkungan sekitar yaitu RT 03 RW 01 Kelurahan Bambu Apus dan RT 05 RT 06 RW 05 Kelurahan Cipayung, Jakarta Timur.

Itu sebabnya menurut RT Lali, demikian biasa dipanggil warga, pendistribusian daging qurban sampai ke sebagian kelurahan tetangga karena lokasinya berdekatan dan menjadi jamaah di Masjid Nurul Ikhlas.

Tahun ini, meski dalam suasana Covid-19 dan PPMK darurat jumlah paket daging qurban yang dibagikan meningkat mencapai 1.750 paket.

“Para ustadz dan ustadzah, panti sosial dan warga sekitar masjid insya Allah dapat,” ujarnya sambil menjelaskan distribusi dibagikan pada 11 Dzulhijjah, Rabu kemarin.

Selain perubahan pola pemotongan yang dilakukan secara terbatas, pendistribusian juga dilakukan tanpa kupon tetapi diantar langsung ke rumah warga oleh pengurus RT dan Dawis sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

Pola pemotongan dan pendistribusian ini sesuai dengan peraturan gubernur, meski tidak dilakukan di RPH tetapi menerapkan protokol kesehatan dan didistribusikan langsung ke warga penerima.

Baik pengurus Masjid Nurul Ikhlas maupun Madjid Al Hidayah sepakat pola pemotongan dan pendistribusian daging qurban pada era PPMK darurat tahun 2021 bisa dijadikan model atau cara pada tahun berikutnya.

Panitia maupun pengurus masjid nampak menyediakan stok masker, sabun pencuci tangan, air bersih yang terus mengalir dan menjaga jarak.

Secara terpisah sejumlah warga mengaku pendistribusian daging qurban tahun ini lebih baik dan tidak terjadi antrean apalagi rebutan daging.

Masyarakat kata Saeni duduk manis di rumah daging qurban diantar sampai ke pintu rumah. Pendistribusian qurban tahun ini berbeda dan lebih baik karena tanpa menimbulkan kerumunan. (Kamsul Hasan)

 

 

 

 

 

 

 

Continue Reading

News

Qurban dan PPMK Darurat

Published

on

By

Panitia qurban Masjid Al Hidayah Bambu Apus menunaikan amanah dengan memotong qurban dan membagikan

Jakarta, Kamis (Koin24) – Perayaan Idul Adha 1442 H yang jatuh pada Selasa 20 Juli 2021, bertepatan dengan hari terakhir PPMK darurat untuk Jawa dan Bali.

Mayoritas masjid dan panitia hari besar Islam tidak selenggarakan shalat Idul Adha sesuai arahan pemerintah, agar tak terjadi kerumunan.

Masyarakat memilih shalat Idul Adha sendiri atau dengan jama’ah terbatas untuk menekan potensi penularan Covid-19 yang grafiknya meninggi di Indonesia, khususnya DKI Jakarta.

Wilayah Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, sempat menjadi daerah tertinggi Covid-19. Itu sebabnya wilayah ini yang berbatasan dengan Kecamatan Ciracas, benar-benar menekan penularan dengan berbagai upaya.

Menjadi Contoh Distribusi Qurban

Dalam hal tidak mengadakan shalat di lapangan atau masjid, panitia sepakat meniadakan. Namun soal penyembelihan hewan qurban, panitia memilih tetap menyelenggarakan sendiri.

“Ribet banget kalau hewan qurban harus disembelih di RPH. Kita pilih butir C, sembelih di pekarangan masjid tetapi ditutup pagar,” ujar Deddy salah seorang panitia.

Mayoritas panitia qurban di wilayah Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur memang tidak memilih pemotongan di RPH tetapi sembelih sendiri di tanah lapang atau pekarangan masjid.

Masjid Al Hidayah, Bambu Apus yang berada di RT 09 RW 01 Kelurahan Bambu Apus melakukan pemotongan di halaman parkir areal masjid dengan menutup rapat pagar sekelilingnya.

Dani Indra, pengurus masjid mengungkapkan pemotongan berjalan lancar. Masyarakat tidak bisa masuk lingkungan atau areal masjid karena ditutup rapat.

Diungkapkannya secara umum jumlah masyarakat yang berqurban naik, meski dalam suasana Covid-19 dan ekonomi terganggu. Jumlah sapi naik menjadi sebanyak 14 ekor, tahun lalu hanya 11 ekor sapi.

Jumlah kambing memang menurun dari 40 ekor menjadi 27 kambing. Bila dihitung satu ekor sapi untuk tujuh orang berarti tambah tiga ekor sapi setara 21 orang pengorban.

“Jamaah atau masyarakat yang berqurban di Masjid Al Hidayah naik delapan orang. Perdistribusian 700 paket daging qurban bekerja sama dengan pengurus RT Dan Tim Dawis lingkungan dalam rangka menghindari kerumunan,” kata Dani Indra, Rabu malam.

Ketua RT 09 RW 01 Kelurahan Bambu Apus, Syamsuddin Wirabrata secara terpisah mengaku menerima 147 paket daging qurban dari panitia Masjid Al Hidayah yang berada di lingkungannya.

RT Udin, begitu biasa disebut ucapkan terima kasih kepada pengurus masjid dan panitia yang sudah sukses selenggarakan pemotongan qurban tanpa kerumunan.

“Alhamdulillah saya dibantu pengurus RT lainnya langsung distribusikan ke rumah warga secara door to door, jadi semua lancar tanpa ada kerumunan,” ujarnya.

Baik Dani Indra, RT Udin maupun Deddy sepakat pola pemotongan qurban dengan cara dilokalisir dan distribusi langsung melibatkan sejumlah RT bisa dijadikan model pada tahun mendatang.

Pertama yang boleh masuk lingkungan pemotongan adalah orang tertentu yang sudah dilakukan swab dalam kondisi sehat. Kedua dibagi-bagi lapak dengan jarak lebih dari lima meter.

Hasil pemotongan setelah dibagi menjadi 700 paket kemudian didistribusikan ke pengurus RT masing-masing. Jadi tidak ada warga yang antre di lingkungan masjid menunggu daging qurban.

Pola seperti ini menjadi hal baru yang bisa dijadikan kebiasaan pada tahun mendatang. Diakui Dana Indra, panitia tetap menyediakan untuk fakir miskin yang datang langsung, sepanjang tidak terjadi kerumunan.

“Alhamdulillah, semua lancar selain yang diantar ke rumah. Masyarakat umum, seperti pengemis dan pemulung juga dibagikan tetapi tidak antre langsung diantar panitia,” jelasnya.

Masjid Al Hidayah Bambu Apus, juga menyediakan air yang cukup, sabun untuk cuci tangan, masker dan tetap menjadi jarak ketika ada kegiatan pada lingkungan masjid. (Kamsul Hasan)

Continue Reading

News

Anugerah Jurnalistik MHT 2021 Digelar Sesuai Jadwal

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Meski masih menghadapi pandemi Covid-19, anugerah jurnalistik Mohammad Husni Thamrin  ke-47 tetap akan dilaksanakan sesuai rencana. Yakni, 25 Agustus 2021.

“Kita on the track, belum ada perubahan. Kendati demikian, dengan melihat kondisi saat ini, kita tetap mempertimbangkan bagaimana ke depannya,” ungkap Sayid Iskandarsyah, ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya, Rabu (21/7/2021).

Sayid Iskandarsyah menjelaskan bahwa ia bersama Pengurus Harian PWI Jaya dan panitia pelaksana Mohammad Husni Thamrin (MHT) Awards tetap melakukan koordinasi dengan jajaran Diskominfotik DKI Jakarta, terkait dengan penyelenggaraan MHT Awards 47-2021 ini.

“Pada intinya kami sepakat jika MHT Awards 47-2021 harus tetap digelar tahun ini juga,” tegas Sayid Iskandarsyah.

Pada kesempatan terpisah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengisyaratkan kemungkinan acara penyerahan penghargaan kepada para pemenang MHT Awards 47-2021 ini diselenggarakan secara virtual. Tahun silam, penyerahan penghargaan pemenang MHT Awards 46-2020 dilakukan secara offline dan virtual dari Ruang Pola Pemprov DKI Jakarta.

MHT Awards diselenggarakan dari kolaborasi antara PWI Jaya dengan Pemprov DKI Jakarta. Ini merupakan lomba karya jurnalististik terkait dinamika pembangunan ibu kota. Untuk MHT Awards 2021 ini tim juri yang dipimpin oleh Irmanto, wakil ketua bidang organisasi PWI Jaya, sudah menjaring dan menilai karya jurnalistik yang dipublikasikan pada periode 1 Juni 2020 hingga 31 Mei 2021.

“Kita menerima sekitar 500 item dari seluruh kategori yang dilombakan,” ujar Irmanto, bangga.

Ada tujuh kategori yang dilombakan. Yakni, Jurnalistik Teks, Jurnalistik Foto, Jurnalistik Video dari Stasiun Televisi Terestrial, Jurnalistik Video dari Media Massa Televisi Streaming, Jurnalistik Audio dari Radio, Jurnalistik Infografis baik media cetak dan media online, dan Tajuk Rencana baik dari media cetak dan media online.

Dari keterangan Ketua Panitia MHT Awards 2021, Kadirah,  sejumlah mitra penyelenggara sudah menyatakan dukungannya. Antara lain, Bulog, PAL Jaya, Djarum Foundation, Astra Agro Lestari, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Gajah Tunggal, Pegadaian, Sahabat Steven Musa (SSM), FIF, Bursa Efek Indonesia, promotor musik Agi Sugiyanto, serta Majalah Sudut Pandang dan tiga portal berita; void.id, era.id dan suryapagi.com. (***)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler