Connect with us

News

TNI AL gelar kompetisi PPKM-Maritime Hackathon

Avatar

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – TNI Angkatan Laut (TNI AL) berkomitmen untuk terus memaksimalkan potensi Indonesia sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia dengan potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa. Dalam rangka menggali potensi anak bangsa di bidang inovasi produk digital kemaritiman, Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral) bekerjasama dengan Telkom University dan TemanSiswa.com menggelar Kompetisi Kreativitas Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) Maritime Hackathon 2021, di Dispotmaral, Kelapa Gading Jakarta Utara, Jumat (26/3) yang saat ini sudah memasuki tahap Semifinal.

Kegiatan yang dibuka Kadispotmaral Brigjen TNI (Mar) Nuri Andrianis Djatmika ini selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Kadispotmaral sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam kompetisi ini. Animo dari komunitas IT sangat tinggi, dan solusi aplikasi yang diusulkan sangat inovatif untuk mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut dalam pembinaan potensi maritim.

PPKM-Maritime Hackathon ini merupakan kompetisi kreativitas menciptakan ide dan inovasi dalam pembentukan karakter maritim yang akan diimplementasi dalam pengembangan beragam produk yang mendukung pengelolaan data dan potensi maritim untuk mendukung sektor edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir dengan harapan mampu menjaring potensi masyarakat yang memiliki kompetensi strategis dan membangun kesadaran maritim di kalangan komunitas _Information Communication and Technology_ (ICT). Kegiatan ini menghadirkan dewan juri dari akademisi, praktisi industri IT, dan anggota TNI AL yang berpengalaman.

Sejak dibuka pada 18 Februari 2021 lalu, kegiatan yang diikuti unsur masyarakat seperti pelajar, mahasiswa, dan profesional dari berbagai daerah se-Indonesia telah memasuki tahap semifinal dengan aplikasi yang diajukan peserta terdiri dari _Mobile Application, Web Application_ , Olah-Anlisis Data, dan _Internet of Things_ . Dalam tahap ini peserta akan melakukan coding membangun aplikasi secara live selama 24 jam. Peserta hadir secara online dari seluruh wilayah Indonesia.

Asisten Pembinaan Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa semua komponen masyarakat berhak dan wajib berpartisipasi dalam pertahanan negara. Gelaran PPKM – Maritime Hackathon TA 2021 ini diharapkan mampu menghasilkan produk digital inovatif di bidang ekonomi, edukasi, pariwisata dan kesehatan yang semuanya bermuara pada pertahanan negara. Produk yang dihasilkan merupakan kontribusi masyarakat kepada pertahanan dan keamanan nasional.

Hal senada disampaikan COO MDI Ventures (Venture Capital dari Telkom group), Gede Ngurah Sandhy Widyasthana bahwa kompetisi ini sangat bermanfaat untuk menjaring ide-ide kreatif dari anak bangsa. “Kami sangat mengapresiasi gelaran ini karena dapat mendukung perkembangan industri dalam negeri melalui talent-talent muda dan terbuka untuk melakukan sinergi di masa mendatang,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sub Dinas Pembinaan Kemampuan (Kasubdis Binpuan) Dispotmaral sekaligus Dansatgas PPKM-Maritime Hackathon TA 2021, Letkol Marinir Widoyono menyampaikan gelaran ini diikuti lebih dari 100 tim dimana setelah melalui verifikasi terjaring 89 tim dalam semifinal. Laga semifinal akan menjaring 10 finalis terbaik untuk maju ke babak final pada 5-6 April 2021 mendatang dengan hadiah lebih dari Rp100 juta serta berbagai hadiah dari sponsor. “Semua rangkaian dan informasi kegiatan terdapat di website www.hackathonmaritim.id.,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Anggota Komisi III DPR RI Santoso, S.H. yang menilai bahwa event ini merupakan terobosan baru untuk mengalang kaum milenial yang memiliki kompetensi di bidang IT dan pengolahan data. “Generasi muda memerlukan cara tersendiri mendekati mereka, dan Dispotmaral telah melakukan langkah yang tepat,” tuturnya. (Dispenal)

News

Perwira siswa Dikreg LX Seskoad terima pembekalan Aslat Kasad Mayjen TNI Harianto

Published

on

Bandung, Jawa Barat, koin24.co.id – Sebanyak 451 Perwira Siswa (Pasis) Dikreg LX Seskoad TA 2021, menerima Ceramah pembekalan dari Asisten Latihan (Aslat) Kasad, Mayjen TNI Harianto, Selasa (4/5/2021)

Di awal sambutan pembukaanya Komandan Seskoad, Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS., M.A mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Aslat Kasad, yang telah meluangkan waktu disela-sela kesibukan, untuk memberikan ceramah pembekalan kepada Pasis Dikreg LX Seskoad TA 2021.

Mengawali Ceramah pembekalannya, Aslat Kasad mengatakan HIDUP ADALAH PERJUANGAN PANJNG “Kita tidak tahu kemana mengarah dan kapan berhentinya”.

Lebih lanjut Aslat menyampaikan, SI VIS PACEM, PARA BELLUM ” jika kau mendambakan perdamaian bersiap siaplah untuk perang. “Peran Dansat dalam merencanakan Latihan sangatlah penting, oleh karena itu diperlukan Kepekaan, Kepedulian dan Berbuat yang terbaik,” tegas Jenderal Bintang dua ini.

Selama proses ceramah pembekalan dapat berjalan dengan lancar dan terjadi Komunikasi aktif antara Pasis dengan Aslat Kasad selaku penceramah.

Turut Hadir dalam Ceramah Pembekalan ini, Wadan Seskoad, Brigjen TNI Fulad, S.Sos., M.Si, Ir Seskoad, Para Direktur, Kakordos, Dankorsis, serta Pejabat Struktural Seskoad dengan tetap memperhatikan Protokol kesehatan Covid-19. (Red/Penseskoad).

Continue Reading

News

Kasespim Lemdiklat Polri, berikan paket lebaran ke para staf Sespim

Published

on

Bandung, Jawa Barat, koin24.co.id – Bertempat di lapangan apel Djayoesman Mako Sespim Lemdiklat Polri, telah berlangsung Upacara penyerahan bingkisan lebaran secara simbolis dari Kasespim Lemdiklat Polri, Irjen Pol. Drs. Rokhmad Sunanto, M.M kepada perwakilan anggota/staf Sespim Lemdiklat Polri, pada Senin (4 Mei 2021).

Dalam sambutannya, Kasespim menyampaikan bahwa, bingkisan ini memang tidak seberapa nilainya, namun memiliki makna yang besar yaitu memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan serta cinta kasih antar sesama anggota Sespim Lemdiklat polri, sehingga diharapkan lebih solid dalam melaksanakan tugasnya.

Acara ini diselenggarakan bukan bertujuan untuk memamerkan supaya mendapat sanjungan, namun dikandung dimaksud untuk memberikan keteladanan bagi seluruh anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya yang kebetulan mendapatkan rezeki lebih dari Tuhan Yang Maha Esa agar tergugah hatinya untuk mau berbagi kepada sesama saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Apalagi dimasa Pandemi Covid-19 ini, bantuan sekecil apapun dari kita kepada masyarakat sangatlah berarti.

“Maka, apabila seluruh komponen masyarakat yg memahami tentang hal itu terlebih pada bulan ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah adalah momen yang tepat untuk melakukan amal perbuatan yang lebih baik,” imbuh Irjen Pol Rokhmat Sunanto.

Selanjutnya, Kasespim menyampaikan bahwa, Sespim Lemdiklat Polri merupakan lembaga pendidikan yang mendidik calon-calon pemimpin dimasa depan, para peserta didik terdiri dari berbagai kalangan, selain Polri ada juga dari TNI, Kejaksaan dan Kemenkumham.

Kepada mereka para peserta, diharapkan dapat memilki sikap, perilaku yang terpuji dan memiliki rasa empati serta jiwa sosial yang tinggi peka terhadap lingkungan kerja dan tempat tinggal, sehingga tujuan membentuk karakter polisi yang presisi sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat dapat terwujud dengan baik.

Karena adanya kebersamaan dan sambung rasa antara masyarakat dan Polri dalam rangka terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif.

“Dengan dibagikannya bingkisan lebaran kepada seluruh anggota dan personel Sespim Lemdiklat Polri, diharapkan mereka dapat merayakan hari raya Idul Fitri dirumah masing-masing bersama keluarga dan tidak berfikir lagi untuk berkeinginanan pulang mudik. Sebagaimana anjuran yang disampaikan pemerintah, kiranya sebagai Anggota Polri dan ASN dapat memberikan contoh kedisiplinan kepada masyarakat,” pungkas Jenderal Polisi Bintang 2 asal Kota Wali Demak. (Red).

Continue Reading

News

Seskoad bagikan bingkisan lebaran

Published

on

Bandung, Jawa Barat, koin24.co.id – Komandan Seskoad, Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS., M.A mengambil apel Organik Seskoad, Senin (3/5/2021), bertempat di Lapangan Melati Mekar Seskoad, apel pagi kali ini dihadiri oleh Pejabat Struktural Seskoad, serta organik Militer dan PNS Seskoad.

Dalam kesempatan ini, Komandan Seskoad menekankan kepada organik Seskoad agar tidak melaksanakan mudik lebaran dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, serta tingkat penyebarannya yang masih tinggi, Ini terlihat dengan jelas dari masih tingginya angka dari warga masyarakat yang positif terkena Covid-19 dan yang meninggal dunia karenanya. Tujuan pelarangan mudik pada tahun ini adalah untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 seperti yang terjadi sebelumnya, yakni pada beberapa kali masa libur panjang, termasuk saat libur Natal dan Tahun Baru 2020.

“Saya sangat berharap kepada seluruh organik Seskoad baik Militer maupun PNS pada hari raya Idul Fitri tahun ini tidak melaksanakan mudik mengingat pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir. Mari kita sama-sama jaga diri kita dan keluarga kita agar terhindar dari Covid-19. Hal tersebut sekaligus untuk memaksimalkan manfaat dari pelaksanaan vaksinasi yang telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu,” ucap Komandan Seskoad dalam pengarahannya.

Selain memberikan pengarahan kepada organik Seskoad, Komandan Seskoad memberikan bingkisan parcel kepada organik Seskoad dan berharap bingkisan parcel tersebut dapat membantu kebutuhan pangan organik untuk Idul Fitri, setidaknya bantuan ini juga dapat mempererat Tali silahturahmi keluarga besar Seskoad.

Dima a Kegiatan ini, merupakan bentuk kepedulian Seskoad terhadap seluruh Organik Seskoad.

Sementara Komandan Seskoad, Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS., M.A mengapresiasi kepada pengelola koperasi Seskoad yang telah bekerja keras sehingga menghasilkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang sebagian dapat dibagikan kepada para anggota baik Militer maupun PNS Seskoad dalam bentuk bingkisan lebaran.

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Red/Penseskoad).

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler