Connect with us

News

Totalitas Panglima TNI Andika Perkasa Sukseskan KTTG20

Avatar

Published

on

Jakarta – Kita patut bangga bahwa KTT G-20 telah berjalan dengan sangat baik dan aman. Kita tahu bahwa organisasi G-20 terbentuk pada tanggal 26 September 1999 atas inisiasi negara-negara G-7.

“Awalnya pertemuan rutin G-20 tidak melibatkan kepala negara, melainkan hanya Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral saja. G-20 mulai melibatkan kepala negara dan melaksanakan KTT setiap tahun atas inisiasi Amerika Serikat sejak tahun 2008, “ ujar Dar Edi Yoga Anggota Dewan Pakar Vox Point Indonesia, Kamis (17/11).

Kini lanjut Yoga, peran G-20 menjadi sangat krusial, apalagi negara-negara G-20 menguasai 85% ekonomi dunia dan menjadi simbol superioritas negara di panggung utama ekonomi dunia.

Ditambahkannya, KTT G-20 baru saja selesai dengan tema “recover together recover stronger”. Keberhasilan ini menjadi kebanggaan, apalagi ini pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah sekaligus menjabat presidensi (troika) dalam sejarah G-20.

“Dalam hiruk-pikuk perhelatan G-20 kemarin, Jenderal Andika Perkasa pasti sangat menyadari betapa pentingnya peran organisasi yang dipimpinnya untuk mendukung keamanan G-20. TNI pun bekerja keras bersama Polri serta pemangku kepentingan lain, untuk memberikan jaminan rasa aman kepada seluruh delegasi,” kata Yoga.

KTT G-20, lanjutnya, adalah pertaruhan nama baik Indonesia di dunia internasional. Maka kekuatan TNI yang dikerahkan pun tidak main-main, yaitu 18 ribu prajurit ditambah personel Polri sejumlah 9 ribu.

“Wujud keseriusan Panglima TNI untuk menyiapkan pengamanan KTT G-20 adalah dengan memutuskan berkantor di Bali sejak tanggal 5 November 2022 untuk memimpin langsung persiapan pengamanan para tamu negara. Bahkan sebelumnya ia juga sudah bolak-balik ke Bali untuk mengecek berbagai persiapan awal,” kata Dar Edi Yoga.

Jenderal Andika, menurut Yoga, memang menaruh perhatian besar pada KTT G-20, sehingga perlu beberapa kali hadir langsung di berbagai lokasi yang akan digunakan KTT.

Ada pemandangan yang khas pada Jenderal Andika selama di Bali, yaitu selalu muncul dengan radio HT (handy talky) yang  menemani ke manapun pergi.  Dari radio HT ini, Jenderal Andika ingin betul-betul hands on mengendalikan seluruh pasukan dan Alutsista agar selalu dalam kesiagaan tinggi sejak sebelum KTT dimulai hingga perhelatan usai.

Tidak main-main, radio HT hybrid tersebut bisa menjangkau seluruh wilayah NKRI bahkan hingga manca negara. Panglima TNI juga bisa mengecek dan mengendalikan kinerja seluruh satuan TNI dari Bali. Bukan untuk gaya-gayaan, Jenderal Andika ingin selalu bisa memastikan bahwa seluruh Panglima dan komandan lapangan selalu berada pada kondisi siaga dalam persiapan pengamanan KTT G-20.

“Dari apa yang sudah dilakukan oleh Panglima TNI di Bali, kita bisa melihat hasilnya, bahwa perhelatan KTT G-20 berlangsung dengan aman dan lancar. Kita juga patut meneladani karakter kinerja Jenderal Andika yang fokus dan detail dalam pelaksanaan tugas pokok TNI dimanapun, termasuk untuk mengamankan KTT G-20,” tegas Yoga.

Yoga mengutip pepatah yang mengatakan “The devils are in the details!” Detail yang terlihat begitu kecil, remeh dan sederhana, justru sering paling tidak disukai dan terlewat dari perhatian para pemimpin, para atasan dan para komandan. Sementara, hal-hal yang kecil dan sederhana ini bisa berdampak sangat besar dan buruk jika tidak ditangani dan diantisipasi dengan baik sejak dini.

Menurut Yoga, tidak banyak pemimpin yang mau bekerja seperti Mr. Very Detail, Jenderal Andika. Sosok ini mau bekerja fokus dan menjajaki hal-hal detail, serta mau ponder the improbable, yaitu mengantisipasi bahwa ancaman yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin, berbasis konstruksi berpikir yang logis.

“Biasanya semakin tinggi jabatan maka seseorang hanya akan memikirkan hal-hal umum dan diatas permukaan yang populis, sementara hal-hal teknis dan detail diserahkan anak buah dengan alasan terlalu menyita banyak fikiran dan tenaga. Namun, hal ini tidak berlaku untuk Jenderal Andika. Salut dan apresiasi untuk Mr. Very Detail, Bapak Panglima TNI kita!, “ pungkas Yoga yang juga anggota Dewan Pertimbangan Pengurus Pusat Serikat Media Siber Indonesia.

News

OPD Pemprov Sumut dan BUMD Siap Sukseskan HPN 2023

Published

on

MEDAN, koin24.co.id – Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Pimpinan BUMD Sumut siap menyukseskan Penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan menjadi penanggung jawab pendampingan para tamu atau Laison Officer (LO), pada event nasional yang dilaksankan pada 7-12 Februari 2023 di Sumut.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Panitia Daerah HPN 2023 yang berlangsung di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Sabtu (21/1).

Rapat tersebut dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut, Arief S Trinugroho selaku Ketua Umum Panitia Daerah HPN 2023, didampingi Ketua III yang merupakan Kepala Dinas PMPPTSP Faisal Arif Nasution, dan Sekretaris yaitu Kepala Dinas Kominfo Ilyas S Sitorus. Hadir juga Plt Asisten Administrasi Umum Zulkifli, Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Basarin Yunus Tanjung, serta seluruh Kepala OPD Pemprov Sumut dan Kepala BUMD.

Sekdaprov Arief S Trinugroho dalam kesempatan itu meminta seluruh Kepala OPD dan BUMD untuk menyukseskan HPN 2023 di Sumut, dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu yang hadir. Menurutnya, Sumut pada tahun 2023 ini mendapat kesempatan yang luar biasa menjadi tuan rumah event nasional, bahkan dunia.

“Awal tahun 2023 ini kita mendapat kepercayaan yang besar menjadi tuan rumah berbagai event, tidak hanya skala nasional, bahkan dunia. Untuk itu, mari kita berikan pelayanan terbaik, sehingga Sumatera Utara dapat memberikan citra dan kenangan yang baik, “ ujar Arief.

Ditambahkannya, kegiatan-kegiatan ini, juga akan mendorong kebangkitan ekonomi Sumut.

Seperti diketahui, Sumut juga mejadi tuan rumah ajang balap perahu super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat). Perhelatan bertaraf internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, pada 24-26 Februari 2023. HPN 2023 sendiri akan dihadiri belasan ribu tamu yang berasal dari unsur organisasi pers, pemerintah daerah dari seluruh provinsi, para Duta Besar dan wartawan asing.

Adapun rangkaian kegiatan dalam rangkaian HPN yaitu Workshop Literasi Digital: Media Sosial Dan Entrepreneurship Untuk Generasi Milenial di Aula Fisip – USU; Seminar Seruan Pers dari Sumatera Utara: Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat dan Seminar Anugerah Jurnalistik Adinegoro di Ballroom Hotel Grand Mercure; Seminar Internasional : Disrupsi Digital dan Tata Ulang Ekosistem Media Yang Berkelanjutan di Amarilis Room – Hotel Grand Mercure. Semuanya berlangsung pada 7 Februari.

Kemudian, pada tanggal yang sama (7/1) akan berlangsung juga Kongres Ke XXVI SPS dan Seminar SPS di Ballroom Hotel Arya Duta, dan Diskusi Anugerah Kebudayaan di Hotel Santika Dyandra. Juga akan digelar Rakernas IKWI dan Bakti Sosial di Hotel Khas Parapat pada 7 – 8 Februari, Pertemuan Dewan Kehormatan PWI Pusat dengan Dewan Kehormatan Provinsi se-Indonesia di Aula T Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur.

Selanjutnya akan digelar Pameran HPN 2023 dan Pameran Tiga Abad Surat Kabar Indonesia di Komplek Astaka Pemprov Sumut dari tanggal 7-12 Februari dan Seminar Internasional Trade, Tourism and Investment Forum For North Sumatera” di Ballroom Hotel Adimulia pada 8 Februari. Konvensi Nasional Media Massa akan digelar di Ballroom Hotel Grand Mercure Medan, pada 8 Februari. Seminar Olahraga “Strategi Sumut Dan Aceh Meningkatkan Prestasi Olahraga Dan Kebangkitan Ekonomi Daerah“ dan Rakernas SIWO di Ballroom Hotel Santika Medan pada 8 Februari.

Ada juga seminar Dana Bagi Hasil Perkebunan untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur pada 8 Februari. Serta Welcome Dinner di Rumah Jabatan Gubernur pada 8 Februari.

Untuk Acara puncak akan dilaksanakan di GOR Gedung Serba Guna Pancing Medan pada 9 Februari yang akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo serta dilaksanakan juga Tour ke Danau Toba bagi Peserta HPN di Hotel Khas Parapat pada 9 – 10 Februari.

*_(Tim Humas PWI/DISKOMINFO SUMUT)_*

Continue Reading

News

HPN 2023: Ekspedisi Danau Toba, Energi Baru Pertahankan UGG

Published

on

Pengurus SMSI Sumut dan Samosir di Kantor Dinas Pariwisata Pemkab Samosir.
Pengurus SMSI Sumut dan Samosir di Kantor Dinas Pariwisata Pemkab Samosir.

Samosir, koin24.co.id — Bupati Samosir Vandiko Gultom menyambut baik daerahnya dipilih Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) sebagai salah satu tujuan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba pada rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara, 4-7 Februari mendatang.

Bupati Vandiko Gultom pun berterima kasih sekaligus mengapresiasi SMSI. Hal itu disampaikan Vandiko Gultom melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Tetty Naibaho kepada Panitia Pelaksana Ekspedisi Geopark Kaldera Toba pada rangkaian kegiatan HPN 2023 SMSI di Provinsi Sumut, di Parbaba Samosir, Jumat (20/01/2023).

Tetty Naibaho mengatakan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang akan mengunjungi Geosite-geosite Kaldera Toba yang ada di Samosir, akan memberi energi baru untuk upaya mempertahankan predikat Unesco Global Geopark (UGG) atau Taman Warisan Bumi Unesco untuk Geopark Kaldera Toba.

“Karena memang ada revalidasi terhadap status UGG terhadap Geopark Kaldera Toba pada tahun 2024. Jadi ekspedisi ini tentu harapan kita menggaungkan kembali semangat semua pihak mendukung status UGG Geopark Kaldera Toba,” ujar Tetty.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kominfo Samosir, Immanuel Sitanggang, yang juga menerima kehadiran panitia ekspedisi di kantornya, di Pangururan Samosir.

Menurut Immanuel Sitanggang dengan adanya Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, pihaknya semakin berharap objek-objek wisata dan potensi-potensi unggulan yang ada di Samosir, bisa dipublikasikan lewat ekspedisi yang memeriahlan HPN 2023 itu.

“Seperti obyek-obyek wisata, hasil-hasil produk kerajinan dan sebagainya, yang diharapkan nantinya menarik siapa saja untuk berkunjung, berwisata di Samosir,” ujar Immanuel.

Baik Tetty Naibaho maupun Immanuel Sitanggang, merespon positif rangkaian kegiatan HPN 2023 SMSI itu. Keduanya mengaku segera melaporkan rangkaian kegiatan itu kepada Bupati Vandiko. “Kebetulan pimpinan kita sedang tugas di Medan,” jelas Immanuel.

Sebelumnya Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupu, yang juga Ketua Panitia Pelaksana Ekspedisi Geopark Kaldera Toba Rangkaian Kegiatan HPN 2023 SMSI di Provinsi Sumut, memaparkan rencana kegiatan tersebut.

“Kami pilih Samosir ya karena bagian dari Geopark Kaldera Toba, juga karena ikonnya wisata Sumut,” ujar Erris didampingi Sekretaris Benny Pasaribu, dan panitia lainnya Irwan Manalu, Agus Utama, Waliono. Hadir juga Penasihat SMSI Sumut, Roby Purba, Plt Ketua SMSI Samosir, Hotman Siagian, dan jajaran pengurus lainnya.

Erris berharap dukungan Pemkab Samosir untuk suksesnya pelaksanaan ekspedisi tersebut, terutama dari masyarakat Samosir. Ia juga menyampaikan rencana SMSI mengganjar Bupati Vandiko Gultom dengan penghargaan pers.

Lebih lanjut Erris menjelaskan, Ekspedisi Geopark Kaldera Toba Rangkaian Kegiatan HPN 2023 SMSI di Sumut dimulai pada 4 Februari dengan mengunjungi Geosite Kaldera Toba di Tapanuli Utara dan penandatanganan kesepahaman (MoU) dengan bupati.

Kemudian peninjauan Geosite Kaldera Toba berlanjut ke Samosir pada 5 Februari dan penandatangan MoU dengan BP-GKT. Lalu pada 6 Febuari ke Kota Pematangsiantar berkeliling kota mengendarai Becak Siantar, lalu mengikuti silaturahmi dengan Bupati Serdang Bedagai.

Terakhir, rangkaian kegiatan akan berlanjut di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut pada 7 Februari, untuk Silaturahmi Nasional SMSI, yang antara lain diisi dengan pelantikan Pengurus SMSI Sumut 2022-2027 dan pemberian penghargaan SMSI kepada para kepala daerah terpilih di Sumut serta kepada Direksi BUMD.

“SMSI sebagaimana arahan Ketua Umum Pak Firdaus, mendukung penuh untuk suksesnya HPN 2023 di Sumut sebagai tuan rumah,” tambah Erris.

Continue Reading

News

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Muhammad Nasir Djamil angkat bicara terkait kasus ancam bunuh terhadap Wartawan yang bekerja di Kabupaten Aceh Tengah, Jurnalisa.

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Nasir Djamil di Komisi III yang juga membawahi lembaga vertikal Kepolisian meminta Polda Aceh untuk sesegera mungkin menyahuti permintaan permintaan korban pengancaman Jurnalisa yang diancam bunuh didepan anak dan istrinya dikediaman pribadi di Lorong 1001 Dusun Kemala Pangkat, Desa Kemili, Kecamatan Bebesen.

Menurut Nasir Djamil Wartawan tidak akan dapat bekerja maksimal dalam membantu masyarakat dalam mencari berita, jika dirinya masih dalam ancaman para pihak.

“Dan apalagi yang ancam oknum kontraktor dan pengawas proyek,” kata Nasir Djamil.

Kasus ini harus cepat ditangani oleh Polda Aceh melalui Polres Aceh Tengah. “Dan saya dengar sudah ada gelar perkara, berarti akan rampung,” kata Nasir Djamil lagi.

Pekerjaan Wartawan dilindungi Undang-undang dan hari ini Jurnalisa harus memperoleh ketetapan hukum pasti, sebagai korban pengancaman.

“Kalau kasus ini tidak selesai tentu akan menimbulkan rasa was-was dalam meliput berita, dan ini tidak boleh,” lanjut Nasir Djamil sambil mengatakan kita tidak tahu apa yang akan terjadi jika kepastian hukum belum ada.

Politisi dari Partai PKS ini berjanji akan mendorong agar kasus ini cepat selesai. “Tidak ada alasan polisi menunda kasus ini, karena nanti akan mudah orang melakukan Kriminal yang sama,” ungkap Nasir Djamil mantan Wartawan itu.

Nasir Djamil berjanji akan memberitahukan kejadian itu kepada pimpinan Polri di Jakarta, terkait adanya mitra Polri yang saat ini membutuhkan kepastian hukum.

“Saya akan memberitahukan pimpinan Polri di Jakarta terkait penanganan kasus itu, agar menjadi atensi lembaga penegak hukum,” lanjut Nasir Djamil.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler