Connect with us

News

Kasal: Dua KAL 28 meter, siap jaga keamanan laut dan tegakkan hukum di laut

Avatar

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Pembangunan dua unit Kapal Angkatan Laut (KAL) 28 meter yang merupakan bagian integral dari pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut (TNI AL) salah satunya perencanaan strategis yang siap menjaga keamanan dan melaksanakan penegakkan hukum di laut, sebagai perwujudan dari tugas prajurit TNI AL yang profesional, modern dan tangguh, demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laskamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono saat meresmikan Shipnaming dan Launching KAL Pandang I-1-72 dan KAL Sarudik I-2-18, bertempat di Halte Slipway PT. Palindo Marine, Batam, Senin (5/4).

Kegiatan Shipnaming dan Launching dua unit KAL 28 meter ini momentum strategis bukti bahwa galangan kapal Indonesia dalam hal ini PT. Palindo Shipyard Marine Batam mampu mendukung industri strategis di bidang pertahanan negara di laut. PT. Palindo telah mampu melaksanakan tugas sebagai pengembang teknologi industri pertahanan dan pendukung kebijakan industri pertahanan dalam rangka menekan ketergantungan dari luar negeri yakni pengadaan kapal, sekaligus mewujudkan kemandirian industri pertahanan.

Menurut Kasal, Shipnaming dalam pembangunan kapal perang, merupakan bagian dari rangkaian seremonial pembangunan kapal perang, secara lengkap, seremonial pembangunan kapal meliputi: first steel cutting, keel laying, shipnaming, launching, delivery and receiving, commissioning dan terakhir adalah pengukuhan. Selain itu, pembangunan kapal merupakan salah satu upaya dalam pembangunan kekuatan TNI AL.

“Melalui kegiatan ini, saya sampaikan bahwa kehadiran KAL Pandang dan KAL Sarudik dapat meningkatkan performa pelaksanaan tugas-tugas TNI AL. Untuk itu, KAL 28 meter ini agar diawaki oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan tangguh sehingga pengoperasian sekaligus perawatan KAL 28 meter ini dapat terlaksana secara optimal yang disertai manajemen pangkalan yang baik dalam hal pemeliharaan dan perawatan agar dapat beroperasi secara berkesinambungan” tegas Kasal.

Peresmian Shipnaming dan Launching KAL Pandang dan KAL Sarudik ditandai dengan pemotongan pita yang terhubung dengan kendi dalam proses pemecahan kendi ke badan kapal oleh Ketua Umum Jalasenastri dan penekanan tombol sirine oleh Kasal bersamaan bunyi sirine KAL Pandang ditarik oleh Winch Slipway keluar Dock dengan diiringi mars TNI AL, serta penandatanganan berita acara serah terima dua unit KAL 28 M oleh Kepala Dinas Material Angkatan laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo, CHRMP., dan Dirut PT. Palindo Marine Batam Harmanto dan disaksilan langsung Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Dua unit KAL 28 M 100% buatan Indonesia ini memiliki spesifikasi panjang 28 meter, lebar 6,2 meter dengan berat 90 ton terebut memiliki kecepatan maksimal 28 knots, kecepatan jelajah 18 knots dengan jumlah ABK 15 ini mampu berlayar dengan endurance selama 3 hari. Selain itu, juga dua KAL ini dilengkapi dengan persenjataan 1x Meriam Kaliber 20 mm dan 2x Mitraliur Kaliber 12.7 mm yang berlayar menggunakan mesin pokok 2x 1.397 kW (MAN 12V D2862 LE476 @ 2.300 RPM) dan diesel generator 2x 63 kW, 50 Hz, 380 VAC (Perkins PDM 63 @ 1.500 RPM).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat utama Mabesal, para pimpinan Kotama TNI AL, para Kepala Dinas jajaran Mabesal, dan para Pengurus Jalasenastri serta para pejabat terkait lainnya. (Dispenal)

News

Perwira siswa Dikreg LX Seskoad terima pembekalan Aslat Kasad Mayjen TNI Harianto

Published

on

Bandung, Jawa Barat, koin24.co.id – Sebanyak 451 Perwira Siswa (Pasis) Dikreg LX Seskoad TA 2021, menerima Ceramah pembekalan dari Asisten Latihan (Aslat) Kasad, Mayjen TNI Harianto, Selasa (4/5/2021)

Di awal sambutan pembukaanya Komandan Seskoad, Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS., M.A mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Aslat Kasad, yang telah meluangkan waktu disela-sela kesibukan, untuk memberikan ceramah pembekalan kepada Pasis Dikreg LX Seskoad TA 2021.

Mengawali Ceramah pembekalannya, Aslat Kasad mengatakan HIDUP ADALAH PERJUANGAN PANJNG “Kita tidak tahu kemana mengarah dan kapan berhentinya”.

Lebih lanjut Aslat menyampaikan, SI VIS PACEM, PARA BELLUM ” jika kau mendambakan perdamaian bersiap siaplah untuk perang. “Peran Dansat dalam merencanakan Latihan sangatlah penting, oleh karena itu diperlukan Kepekaan, Kepedulian dan Berbuat yang terbaik,” tegas Jenderal Bintang dua ini.

Selama proses ceramah pembekalan dapat berjalan dengan lancar dan terjadi Komunikasi aktif antara Pasis dengan Aslat Kasad selaku penceramah.

Turut Hadir dalam Ceramah Pembekalan ini, Wadan Seskoad, Brigjen TNI Fulad, S.Sos., M.Si, Ir Seskoad, Para Direktur, Kakordos, Dankorsis, serta Pejabat Struktural Seskoad dengan tetap memperhatikan Protokol kesehatan Covid-19. (Red/Penseskoad).

Continue Reading

News

Kasespim Lemdiklat Polri, berikan paket lebaran ke para staf Sespim

Published

on

Bandung, Jawa Barat, koin24.co.id – Bertempat di lapangan apel Djayoesman Mako Sespim Lemdiklat Polri, telah berlangsung Upacara penyerahan bingkisan lebaran secara simbolis dari Kasespim Lemdiklat Polri, Irjen Pol. Drs. Rokhmad Sunanto, M.M kepada perwakilan anggota/staf Sespim Lemdiklat Polri, pada Senin (4 Mei 2021).

Dalam sambutannya, Kasespim menyampaikan bahwa, bingkisan ini memang tidak seberapa nilainya, namun memiliki makna yang besar yaitu memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan serta cinta kasih antar sesama anggota Sespim Lemdiklat polri, sehingga diharapkan lebih solid dalam melaksanakan tugasnya.

Acara ini diselenggarakan bukan bertujuan untuk memamerkan supaya mendapat sanjungan, namun dikandung dimaksud untuk memberikan keteladanan bagi seluruh anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya yang kebetulan mendapatkan rezeki lebih dari Tuhan Yang Maha Esa agar tergugah hatinya untuk mau berbagi kepada sesama saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Apalagi dimasa Pandemi Covid-19 ini, bantuan sekecil apapun dari kita kepada masyarakat sangatlah berarti.

“Maka, apabila seluruh komponen masyarakat yg memahami tentang hal itu terlebih pada bulan ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah adalah momen yang tepat untuk melakukan amal perbuatan yang lebih baik,” imbuh Irjen Pol Rokhmat Sunanto.

Selanjutnya, Kasespim menyampaikan bahwa, Sespim Lemdiklat Polri merupakan lembaga pendidikan yang mendidik calon-calon pemimpin dimasa depan, para peserta didik terdiri dari berbagai kalangan, selain Polri ada juga dari TNI, Kejaksaan dan Kemenkumham.

Kepada mereka para peserta, diharapkan dapat memilki sikap, perilaku yang terpuji dan memiliki rasa empati serta jiwa sosial yang tinggi peka terhadap lingkungan kerja dan tempat tinggal, sehingga tujuan membentuk karakter polisi yang presisi sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat dapat terwujud dengan baik.

Karena adanya kebersamaan dan sambung rasa antara masyarakat dan Polri dalam rangka terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif.

“Dengan dibagikannya bingkisan lebaran kepada seluruh anggota dan personel Sespim Lemdiklat Polri, diharapkan mereka dapat merayakan hari raya Idul Fitri dirumah masing-masing bersama keluarga dan tidak berfikir lagi untuk berkeinginanan pulang mudik. Sebagaimana anjuran yang disampaikan pemerintah, kiranya sebagai Anggota Polri dan ASN dapat memberikan contoh kedisiplinan kepada masyarakat,” pungkas Jenderal Polisi Bintang 2 asal Kota Wali Demak. (Red).

Continue Reading

News

Seskoad bagikan bingkisan lebaran

Published

on

Bandung, Jawa Barat, koin24.co.id – Komandan Seskoad, Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS., M.A mengambil apel Organik Seskoad, Senin (3/5/2021), bertempat di Lapangan Melati Mekar Seskoad, apel pagi kali ini dihadiri oleh Pejabat Struktural Seskoad, serta organik Militer dan PNS Seskoad.

Dalam kesempatan ini, Komandan Seskoad menekankan kepada organik Seskoad agar tidak melaksanakan mudik lebaran dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, serta tingkat penyebarannya yang masih tinggi, Ini terlihat dengan jelas dari masih tingginya angka dari warga masyarakat yang positif terkena Covid-19 dan yang meninggal dunia karenanya. Tujuan pelarangan mudik pada tahun ini adalah untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 seperti yang terjadi sebelumnya, yakni pada beberapa kali masa libur panjang, termasuk saat libur Natal dan Tahun Baru 2020.

“Saya sangat berharap kepada seluruh organik Seskoad baik Militer maupun PNS pada hari raya Idul Fitri tahun ini tidak melaksanakan mudik mengingat pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir. Mari kita sama-sama jaga diri kita dan keluarga kita agar terhindar dari Covid-19. Hal tersebut sekaligus untuk memaksimalkan manfaat dari pelaksanaan vaksinasi yang telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu,” ucap Komandan Seskoad dalam pengarahannya.

Selain memberikan pengarahan kepada organik Seskoad, Komandan Seskoad memberikan bingkisan parcel kepada organik Seskoad dan berharap bingkisan parcel tersebut dapat membantu kebutuhan pangan organik untuk Idul Fitri, setidaknya bantuan ini juga dapat mempererat Tali silahturahmi keluarga besar Seskoad.

Dima a Kegiatan ini, merupakan bentuk kepedulian Seskoad terhadap seluruh Organik Seskoad.

Sementara Komandan Seskoad, Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS., M.A mengapresiasi kepada pengelola koperasi Seskoad yang telah bekerja keras sehingga menghasilkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang sebagian dapat dibagikan kepada para anggota baik Militer maupun PNS Seskoad dalam bentuk bingkisan lebaran.

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Red/Penseskoad).

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler