Connect with us

Kuliner

Nasi kebuli murah meriah di Bambu Apus

Redaksi KOIN24.CO.ID

Published

on

Belajar Angka Dalam Bahasa Hokkien

satu=it
dua=ji
tiga=sa
empat=si
lima=go
enam=lak
tujuh=chit
delapan=pek
sembilan=kau
sepuluh=cap
kosong/nol=khong
seratus= ce pak
seribu=ce cheng
sepuluh ribu=ce ban
seratus ribu= ce pak cheng
satu juta= ce tiau
satu milyar=ce ek

_setelah angka 10(cap), maka digunakan kata “cap” di depan, contoh:cap it=11, cap ji=12(cap ji),dst sampai 19

-untuk puluhan yg bersatuan nol digunakan “cap ” di belakang
contoh : ji cap(20), sa cap (30),dst,sampai 90

-angka 1(it) utk ratusan dan seterusnya berubah menjadi “ce”
‘contoh:100= ce pak, 1000=ce cheng

_setelah menjadi ratusan dan seterusnya, angka 2(ji) berubah menjadi “no”
contoh 200(no pak), 2000(no cheng)

-angka nol pada pertengahan bilangan, hatus menggunakan “khong”
contoh: 101= ce pak khong it,
2002= no cheng khong ji,
105.000= ce pak khong go cheng

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Kuliner

Asyiknya ‘kulineran’ sembari menikmati sensasi pemandangan landscape Kota Bandung 360 derajat

Published

on

Bandung, Jawa Barat, koin24.co.id – Menikmati makanan dan minuman, sambil dikelilingi landscape Kota Bandung? Bisa!

Kita bisa merasakan sensasi pemandangan 360 derajat dari roof top Ganesha Cafe yang berada di Jalan Brigjen Katamso, No.92, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Bandung, Jawa Barat.

Hanya 15 menit dari Gerbang Tol Pasteur, lokasi cafe ini dengan dengan Pusat Pendidikan Infanteri Pussenif Kodiklat TNI AD. Hal inilah yang menjadikan desain cafe ini army look.

Aroma outdoor activity terasa saat mau masuk ke dalam Ganesha Cafe. Ada muka mobil Land Rover berwarna merah yang identik dengan olahraga otomotif Off Road.

Di lantai 1 ini, terdapat beberapa stand produk seperti 5.11 Tactical dan juga Rudy Project untuk penjualan kacamata.

Sementara di lantai 2, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman perpaduan tradisional dengan modern. Di lantai menawarkan suasana yang cozy untuk mengobrol bersama keluarga ataupun teman.

Dan untuk mendapatkan suasana yang berbeda, dan inilah favorit dari Ganesha Cafe. Pengunjung bisa menikmati makanan minuman dengan sensasi pemandangan 360 derajat.

Pengelola sengaja membuka 4 sisi lantai ini agar pengunjung bebas menikmati landscape Kota Bandung sejauh mata memandang. Tidak hanya permukiman, jajaran pegunungan yang memagari Kota Bandung pun bisa terlihat jelas.

Ada area dengan rumput sintetis yang dapat digunakan pengunjung “Bermalas-malasan”, merasakan hembusan angin kawasan Pasundan ini. Pokoknya area yang instagramable di lantai ini, akan membuat kita tidak bosan berfoto.

Bahkan jika datang pada malam hari, dan beruntung cuaca yang cerah, akan terlihat bintang berkerlap kerlip di langit Kota Bandung.

Ganesha Cafe juga memiliki banyak makanan dan minuman yang enak.

Seperti Nasi Liwet Ganesha. Yang bertabur petai, teri dan telur asin dengan pelengkap ayam goreng, tahu dan tempe bacem. Ada juga minuman Klepon Latte, dengan cita rasa tradisional yang dikemas secara modern dalam bentuk latte kekinian.

Untuk harga tidak usah khawatir, cukup terjangkau. Untuk harga makanan mulai dari Rp 20.000, sementara minuman bisa didapat mulai Rp 15.000.

Itu saja masih bisa lebih murah, kalau pengunjung follow akun Instagram @ganeshacafe.bdg. Setelah memposting dan tag akunnya, pengunjung masih bisa mendapatkan potongan 10%. Ada juga diskon khusus anggota TNI/Polri 10%.

Untuk kalian yang ingin membuat acara kumpul-kumpul, arisan, acara ulang tahun, lamaran, bahkan resepsi pernikahan bisa juga di Ganesha Cafe. Di masa pandemi Covid-19 ini, pengelola sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Selain menyediakan tempat cuci tangan futuristik dengan sistem otomatis, aturan memakai masker serta pemeriksaan kesehatan pegawai secara berkala dilakukan. (***)

Continue Reading

Kuliner

Duren Acin Mangga Besar, omset turun hingga 60 persen di era pandemi meski terapkan protokol kesehatan ketat

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Buah durian atau duren memang menjadi salah satu favorit kuliner warga Jakarta dan juga Indonesia. Di tengah tengah hingar bingar kota, salah satu kawasan kuliner yang ramai dikunjungi adalah kawasan Mangga Besar Jakarta. Selain menyajikan berbagai macam makanan dan minuman, kawasan Mangga Besar juga jadi surganya pesta durian di sepanjang jalan Mangga Besar.

Harum buah durian dan rasanya yang di angan-angan, sudah pasti memikat anda untuk mencicipinya. Salah satu kedai yang menyita perhatian adalah Kedai Durian Acin. Anda bisa melihat dengan jelas spanduk besar di kawasan Mangga Besar. Karena memang letaknya di pinggir jalan dan ada tiga cabangnya.

Durian Acin menyajikan berbagai macam durian baik montong maupun lokal. Namun yang menjadi spesialisnya adalah durian medan dengan rasa manis pahit yang menggoda lidah.

Sang pemilik Acin mengaku sudah 25 tahun berjualan durian di kawasan Jakarta. Dijelaskan Acin, sebagian besar pembelinya adalah pelanggan tetap yang memang sudah merasakan sensasi durian Medan Acin yang terjaga kualitasnya.

“Kita pengiriman setiap tiga hari sekali langsung dari Medan menggunakan thermo king. Dan kami jaga kualitas durian Medan mulai dari pengiriman sampai penyimpanan di Jakarta hingga sampai di pelanggan,” ucap Acin belum lama di kiosnya di daerah Mangga Besar, Jakarta.

“Rasa kami tanggung jawab. Karena kalau tidak enak baik dikarenakan busuk atau hal lain, langsung kami ganti. Jadi jangan protes, langsung bilang saja ke karyawan kami yang berseragam, pasti diganti yang baru,” tagas Acin yang menjamin rasa buah duriannya paling favorit di Jakarta.

Ditambahkan Hengki, rekan kerja Acin, durian yang dijajakan ke pelanggan merupakan durian pilihan. “Yang di atas sudah pilihan kami baik dari rasa atau pun bentuk. Kita sudah sortir satu per satu untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Intinya kami tanggung jawab soal rasa, kalau tidak sesuai, kami sajikan buah baru. Anda puas, kami juga puas,” ucap Hengki dengan ciri khas rambut panjang yang dikepang.

“Saya sudah 16 tahun ikut Ko Acin, di sini kami tidak mau pelanggan pulang dengan rasa kecewa. Kami maunya pelanggan puas dan pasti akan balik lagi. Ini yang kami jaga,” ucap salah satu karyawan setia Acin.

Soal harga Acin menjualnya mulai dari Rp50 ribu, tergantung jenis dan ukurannya. “Saya makan duren bersama kawan-kawan 6 buah. Tadi ada dua buah yang besar ternyata kurang mantap dan begitu lapor langsung diganti duren baru. Pokoknya di sini tinggal duduk, langsung dipilihkan, kita percaya sama tukang duren,” ujar Anto yang mentraktir rekan-rekannya.

“Ini saya makan, keluarga di rumah minta dibungkus. Untung Durian Acin juga menyediakan packing untuk dibawa pulang. Temen senang, keluarga juga senang,” tutur Anto.

Di saat pandemi, Acin mengaku omsetnya menurun drastis hingga 60 persen. Namun demikian, Acin tidak mau ambil pusing dan tetap mengikuti aturan pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan. Semua karyawannya diwajibkan memakai masker, lalu juga menyediakan tempat cuci tangan sampai dengan imbauan untuk menjaga jarak. Acin juga selalu berkoordinasi dengan Satpol PP setempat untuk berkonsultasi dan menjaga protokol kesehatan dengan baik.

“Sudah pasti kita terapkan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kesehatan menjadi prioritas kami,” ucap Acin menutup pembicaraan. (***)

Continue Reading

Kuliner

Seselera, makan daging rasa premium harga bersahabat

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Makan daging yang empuk dengan harga terjangkau bercita rasa istimewa hanya ada di Resto Seselera, yang dipadukan dengan empat toping spesial yakni sambal matah, saos keju, saos teriyaki atau racikan khusus yakni krim seselera.

Biasanya kalau mau makan daging sapi atau ayam, pada nunggu gajian yach. Sekarang tidak lagi, karena ada resto yang menjual daging berkualitas bagus dengan harga terjangkau.

Resto yang sedang hits ini namanya Seselera. Pilihan makanan yang disajikan juga sangat memanjakan lidah dengan daging yang empuk.

Ada menu daging sapi dan ayam yang menjadi andalan. Sang pemilik Fino Zaini menjelaskan ada nasi daging iris ala Jepang yakni Beef Bowl dari Seselera yang dagingnya 100 % US beef.

“No kaleng-kaleng, bahan bakunya berkualitas, packagingnya mewah dan harganya nggak bikin kamu melarat,” ucap pengusaha muda yang dikenal kreatif ini.

Selain itu juga ada juga daging ayam empuk yakni Grilled Chiken Bowl, yang khusus dari daging paha ayam dengan kulit tanpa tulang yang lembut dipanggang sampai juicy, bikin nagih.

“Konsep awalnya mau bikin makanan yang kemasannya sudah dikenal orang, tapi menunya beda dengan yang lain. Nah rice bowl dengan menu daging atau ayam yang di mall bisanya mencapai Rp 50 ribuan. Ini kita jual dengan harga terjangkau Rp20 ribuan,” ujarnya.

Pilihan topingnya juga sangat menggugah selera yakni sambal matah yang sangat terkenal dari Bali, saos teriyaki, saos keju dan yang istimewa ada racikan khusus yakni Krim Seselera.

“Ini kalau diceritain rasanya udah pasti bikin ketagihan. Kita juga terkejut, karena penjualan untuk krim seselera di luar dugaan sangat tinggi. Pokoknya cobain aja, karena masih banyak promo menarik,” papar Fino.

Dijelaskan Fino, saat ini ada dua outlet yang bisa dikunjungi yakni Seselera Bintaro ada di Jalan W.R Supratman nomor 30, Pondok Ranji dan yang terbaru di Jalan Karang Tengah nomor 14, Lebak Bulus.

Tertarik untuk mencoba? (***)

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler