Connect with us

Sport & Soccer

Sambut HSP ke-94, Kemenpora Gelar Turnamen Olahraga Pemuda Indonesia

meldachaniago

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Dalam menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggelar ajang Futsal dan Bulutangkis bertajuk Turnamen Olahraga Pemuda Indonesia antar Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Kemahasiswaan, pada 20-26 Oktober 2022.

Ajang tersebut diikuti 24 tim dibuka oleh Plt. Sesmenpora Jonni Mardizal di Lapangan Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (20/10/2022). Turut hadir Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Soleh, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Tenaga Ahli Menpora Uden Kusumawijaya dan beberapa pejabat Kemenpora lainnya.

Menurut Jonni, antara pemuda dan olahraga adalah dua elemen yang tidak bisa dipisahkan. “Dalam olahraga ada nilai-nilai sportivitas yang dijunjung. Demikian juga diharapkan kawan-kawan pemuda ini dalam berorganisasi juga menjunjung tinggi nilai sportivitas. Kapan saatnya kita bertarung, kapan saatnya kita damai, dan ada saatnya kita membangun,” kata Jonni.

Ia juga menyampaikan, digelarnya acaranya ini bertujuan untuk menjadi bagian mememeriahkan peringatan HSP ke-94 yang akan jatuh pada tanggal 28 Oktober. “Terima kasih kepada para peserta OKP dan Organisasi Kemahasiswaan yang sudah hadir dan mengikuti acara ini. Saya harap turnamen ini bisa menjadi forum silaturahmi dalam menyambut peringatan HSP tanggal 28 Oktober nanti,” lanjut Jonni.

Memperkuat persahabatan antar unsur mahasiswa, sekaligus mencapai fisik yang bugar menjadi tujuan lain dari gelaran ini. “Kegiatan ini diikuti oleh unsur dari mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi se-Jabodetabek. Ada organisasi intranya, dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), ada organisasi ekstra, ada juga organisasi kepelajaran,” ungkap Niam Soleh.

“Kegiatan ini, selain untuk aktivitas olahraga, juga untuk menyatukan mereka di dalam persahabatan dan persaudaraan, setelah mereka beraktivitas di internal mereka masing-masing. Ini menjadi embrio kita untuk meneguhkan kebersamaan untuk memajukan Indonesia,” tambahnya.

Niam juga menyatakan, komitmen persatuan itu menjadi salah satu inti dari Sumpah Pemuda. “Bagaimana merevitalisasi semangat persatuan itu di dalam konteks kekinian, di tengah tantangan lingkungan strategis yang berbeda. Spirit persatuannya harus tetap menjadi ruh, tetapi diimplementasi di dalam konteks kekinian. Jadi, bersatu untuk membangun bangsa,” urainya.

Menurutnya, ajang ini sebagai upaya mendukung komitmen meneguhkan tema utama HSP, yaitu Bersatu Bangun Bangsa. “Upaya membangun bangsa itu bukan hanya sekedar dengan ide dan gagasan, tapi harus dengan kebugaran. Olahraga mendorong kita untuk terus bugar dan pemuda memiliki peran strategis karena kondisi fisik yang kuat, yang membutuhkan kecepatan bertindak,” jelas Niam.

Tim yang ambil bagian diantaranya berasal dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Krisnadwipayana, Universitas Pamulang, Universitas Borobudur, Universitas Moestopo, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, DPP Mahasiswa Pancasila, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta, dan Universitas YARSI.

Turut serta pula tim dari Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), dan Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI).

Sejatinya, dalam menyambut HSP tahun 2022 ini, Kemenpora tak hanya menggelar turnamen Futsal dan Bulutangkis antar Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Kemahasiswaan saja, namun juga menggelar turnamen E-Sport Free Fire dan Bulutangkis untuk kalangan wartawan yang terbungkus dalam 1st Free Fire & Badminton Journalist Tournament 2022 Road to Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94.

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Sport & Soccer

DPP Mapancas Juarai Turnamen Futsal Road to HSP ke-94 Tahun 2022

meldachaniago

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Tim DPP Mapancas (Mahasiswa Pancasila), tampil sebagai juara pada turnamen Futsal dan Bulutangkis bertajuk Olahraga Pemuda Indonesia antar Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Kemahasiswaan yang digelar Kemenpora Kemenpora, usai mengalahkan Tim Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melalui adu penalti dengan skor 3-1 (1-1), pada Minggu (23/10/2022), di Lapangan Futsal Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Berkat kemenangan ini, DPP Mapancas memperoleh uang pembinaan sebesar Rp12 juta, sementara Tim UMJ mendapat uang pembinaan Rp8 juta. Sedangkan Tim Universitas Pamulang dan Tim UNJ yang menempati posisi ketiga dan keempat masing-masing meraih uang pembinaan sebesar Rp5 juta dan Rp3 juta.

Selain meraih gelar juara, Tim DPP Mapancas, terpilih sebagai Tim Fair Play dan top skor (Saddam – 5 gol), masing-masing mendapat Rp500 ribu. Sedangkan penjaga gawang terbaik Nurcholish (UNJ) dan pemain terbaik I Made Radite Wiguna, juga mendapat Rp500 ribu.

Sekretaris Kedeputian Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Edi Nurindra, mengaku sangat puas dengan perhelatan olahraga yang digelar dalam rangka Road to Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tersebut, dimana para peserta mampu menjaga rasa sportivitas.

“Kami sangat puas dengan berakhirnya Turnamen Futsal dan Bulutangkis. Khususnya untuk turnamen futsal. Meskipun kontak fisik sering terjadi saat mereka bertanding, namun mereka mampu menjaga rasa sportivitas. Hal inilah yang kami harapkan. Melalui turnamen ini, kami berharap rasa persatuan di antara kaum muda bisa terus terjaga,” ujar Edi Nurindra kepada awak media.

Ditambahkan Edi, Kedeputian Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora tak berhenti menggelar turnamen olahraga untuk kalangan pemuda hanya pada dua cabang olahraga tersebut untuk kedepannya, dimana ajang lainnya akan digelar seiring dengan bertambahnya cabang olahraga.

Apa yang diutarakan Edi itu pun selaras pada kenyataannya, dimana pihaknya pun menggelar ajang bagi para awak media yang notabene kalangan pemuda, dalam turnamen yang bertajuk 1st Free Fire & Badminton Journalist Tournament 2022 Road to Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94, mulai 24 hingga 25 Oktober mendatang.

Sementara itu wakil Walikota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan yang berkesempatan memberikan piala kepada juara turnamen futsal, merasa bangga karena juara 1 dan semifinalis turnamen futsal di Kemenpora, berasal dari Tangerang Selatan.

“Ini merupakan kebangkitan tim futsal Tangerang Selatan. Khusus untuk DPP Mapancas yang tampil sebagai juara, kami akan memberikan bonus Rp10 juta,” kata Pilar Saga yang juga Ketua Umum DPP Mapancas.

Continue Reading

Sport & Soccer

Ratusan Jurnalis Meriahkan 4th Journalist Games 2022

meldachaniago

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Dalam rangka menyambut Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Tahun 2022 dan menggemakan pola hidup sehat melalui olahraga, SIWO PWI Pusat bersama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI) menggelar Journalist Games 2022.

Ajang mengusung tema #bersamacetakjuara itu, diikuti rekan-rekan wartawan dan pekerja media dari berbagai media massa nasional dan daerah ini, berlangsung pada 31 Agustus hingga 2 September 2022. Kegiatan ini diharapkan bisa makin mempererat tali silaturahmi antar wartawan dan juga jadi momentum sinergitas antara wartawan olahraga dengan Kemenpora, terutama dalam mendukung program Ayo Olahraga dan implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Seluruh pertandingan akan dimainkan di komplek Kementerian Pemuda dan Olahraga. Rencananya, event ini akan dibuka oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI, Chandra Bhakti.

Bukan tanpa alasan event yang melibatkan ratusan jurnalis ini digelar. Mencapai kondisi fisik yang bugar melalui olahraga menjadi target yang harus diwujudkan setiap individu, termasuk para jurnalis.

“Sebagai elemen yang sangat melekat dengan aktivitas olahraga nasional, para jurnalis juga harus aktif berolahraga. Dengan digelarnya ajang ini, diharapkan rekan-rekan jurnalis juga kian terpacu untuk terus berolahraga setiap hari dan menjalani pola hidup sehat untuk mencapai kondisi fisik yang bugar,” kata Chandra Bhakti.

Senada dengan Deputi IV, Hermansyah selaku Ketua Panitia Pelaksana Journalist Games 2022 juga menyebut pola hidup sehat dan tercapainya kondisi fisik yang prima sebagai tujuan digelarnya ajang ini. Selain juga untuk kian mengakrabkan rekan-rekan jurnalis olahraga yang biasa meliput olahraga nasional, termasuk aktivitas di Kemenpora RI.

“Melalui Journalist Games 2022 diharapkan rekan-rekan jurnalis kian terpacu untuk menjalankan pola hidup sehat melalui olahraga. Untuk meningkatkan semangat berolahraga, perlu juga disisipkan unsur kompetisi. Untuk itulah kami menggelar Journalist Games 2022 yang didukung penuh oleh Kemenpora RI,” jelas Hermansyah yang juga berstatus wartawan olahraga senior dari Harian Terbit ini.

Ada tiga cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Journalist Games 2022 ini. Ketiga cabang itu adalah futsal, bulutangkis, dan basket 3 on 3. Cabang futsal diikuti oleh 9 tim yang terbagi dalam 3 grup. Masing-masing grup dihuni oleh 3 tim.

Tim yang menyatakan siap bertarung di cabang futsal adalah Kemenpora A, Kemenpora B, Kemenpora Pers, Forum Wartawan Polda (FWP), Haornas FC, Parlemen FC, PSSI Pers, Pokja Jaksel, dan Balaikota DKI.

Sementara basket 3 on 3 diikuti oleh 9 tim yang dibagi ke dalam 3 grup. Sembilan tim yang ambil bagian di cabang ini adalah Jusraga, IBL Pers, Kemenpora, Kemenpora Pers, Kemenpora 2, Kemenpora 3, Pokja Hiburan, Akuatik Pers, dan PSSI Pers.

Untuk cabang badminton yang hanya mempertandingkan nomor ganda putra, 16 pasangan siap tampil. Mereka berasal dari Pokja Kemenpora Pers, Pokja SIWO KONI, Pokja DPR RI, Pokja Hiburan, Pokja Balaikota, Pewarta Foto, dan Kemenpora.

Format pertandingan cabang badminton menggunakan sistem setengah kompetisi satu grup 4 pasang, juara grup melaju ke semi final. Bagi pemenang tiap-tiap cabang disiapkan sejumlah uang dan piala.

Continue Reading

Sport & Soccer

FORNAS Beri Energi Positif bagi Warga Palembang

meldachaniago

Published

on

Palembang, koin24.co.id – Gelaran Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2022 benar-benar memberi energi positif bagi warga Palembang. Antusiasme warga kota untuk menyaksikan beragam cabang olahraga prestasi dan olahraga rekreasi begitu tinggi, apalagi ajang tersebut mendapat dukungan dari Kemenpora RI.

Seperti yang terlihat di PTC Mall Palembang. Di mall kebanggaan warga Palembang itu digelar lima cabang olahraga, yakni tai chi, barongsai, liong dan barongsai, breakdance, dan senam kreasi. Hadirnya kelima cabang olahraga rekreasi itu tak pelak menarik animo masyarakat Palembang untuk datang ke PTC Mall.

Salah satu yang paling menyedot banyak perhatian adalah breakdance, yang digelar di lantai M3 PTC Mall. Saat event berlangsung, Minggu (3/7/2022), penonton menyemut mengelilingi arena. Hentakan musik yang diputar, membahanan di seantero ruangan, membuat penonton kan bersemangat menyaksikan puluhan peserta unjuk aksi.

Cabor breakdance di FORNAS VI 2022 mempertandingkan tiga kategori, yakni open style, B-boy battle, dan dance competition. “Untuk kategori open style, ada 25 tim yang ambil bagain. Di kategor B-boy battle ada 16 tim dan di kategori dance competition ada 12 tim yang turut serta,” jelas Praditya Ilham, Ketua Panitia cabor breakdance.

Puluhan peserta itu datang dari berbagai daerah, seperti Jambi, Padang, Pekanbaru, Palu, dan tentu saja tuan rumah, Palembang. Beradu kemampuan breakdance di ajang sekelas FORNAS ini mendorong peserta untuk menampilkan kemampuan terbaik mereka.

“Kami ingin menunjukkan kemampuan terbaik kami di ajang ini. Palembang punya talenta-talenta breakdance yang berkualitas. Lewat FORNAS, kami akan perlihatkan performa maksimal,” kata Sherlyne Marjana, salah satu peserta yang tampil.

Menurutnya, selain membuat tubuh menjadi bugar, breakdance juga bisa membangun kepercayaan diri. “Tampil di hadapan orang banyak membuat kami bisa melatih rasa percaya diri. Kami tak lagi ragu melakukan gerakan-gerakan disaksikan orang banyak. Justru hadirnya penonton membuat kami kian bersemangat,” lanjut Sherlyne yang tergabung dalam Evo Dance School.

Tak hanya peserta yang bersemangat, pengunjung yang hadir di PTC Mall pun menjadi semangat mendengar hentakan musik dan melihat para atlet breakdance unjuk kebolehan. “Ajang breakdance jelas menghibur kami yang semula datang ke mall hanya ingin berbelanja. Gerakan yang diperlihatkan sangat energik,” kata salah satu pengunjung PTC Mall, Dina Marlina.

Sementara itu Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta saat membuka pertandingan salah satu Induk Olahraga (Inorga) di FORNAS 2022 ini berpesan untuk selalu bersemangat dan tunjukkan yang terbaik melalui ajang ini sehingga membuat Indonesia lebih bugar lagi kedepannya.

Menurutnya, melalui ajang FORNAS ini terdapat hal-hal yang menyenangkan, karena selain berolahraga, terjalin pula silaturahim antar masyarakat, ada cerita seputar relawan-relawan, penggiat-penggiat mandiri, sehingga jika hal ini tersampiakan dengan baik kepada masyarakat akan menimbulkan motivasi untuk berolahraga dengan penuh kegembiraan.

“Dalam olahraga masyarakat, kebugaran itu jiwa dan raga, bukan hanya jasmani yang sehat, tapi juga mental, sehingga melalui ajang FORNAS ini tercipta kegembiraan bersilaturahmi melalui olahraga yang mencakup jiwa persahabatan dan persaudaraan,” ucap Raden Isnanta kepada para peserta lomba.

“Pastikan anda memiliki visi untuk membuat Indonesia bugar, karena anda semua merupakan dutanya provinsi untuk menyebarkan ajakan berolahraga ke dareahnya masing-masing usai ajang di Palembang ini selesai, sehingga dengan selesainya ajang FORNAS ke-VI nanti, bukan menjadikan kita selesai berolahraga, namun menambah motivasi kepada kita untuk terus mengajak masyarakat untuk lebih bugar, sehat melalui olahraga,” tambahnya.

Selain itu, olahraga masyarakat sangat memegang peranan penting, karena tidak mungkin mendapatkan prestasi yang gemilang kalau dari hulunya yakni olahraga masyarakat tidak tergerakkan.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler