Connect with us

News

Upayakan kedamaian keluarga korban Sriwijaya Air SJ 182, Pordam Kemensos lakukan ini

Avatar

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Melanjutkan dukungan penanganan krisis pada hari-hari pertama pasca jatuhnya pesawat udara SJ 128, Korps Pelopor Perdamaian, Kementerian Sosial memasuki tahap kedua dalam mendukung keluarga penumpang dan crew.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kementerian Sosial Sunarti mengatakan: bahwa searah dengan instruksi Menteri Sosial untuk memberikan pelayanan yang proaktif, Korps Pelopor perdamaian meluncurkan kegiatan pendampingan berbasis Layanan Dukungan Psikososial (LDP) dengan memobilisasi 15 orang tim pendamping.

Pendampingan ini melanjutkan pelayanan yang  sudah berlangsung sejak identifikasi keluarga korban di daerah asal, pemberangkatan ke Jakarta, ketibaan di Crisis Centre di Bandara Soetta, sampai ke akomodasi yang disediakan pihak operator.

“Anggota yang sudah terlatih dan berpengalaman terus mendampingi para keluarga korban selama proses pencarian, pengenalan jasad sampai pengebumian, dan nantinya pengurusan asuransi dan santunan; serta  penguatan untuk melanjutkan hidup dan kehidupannya,” kata Dr. Puji Pujiono, MSW., koordinator LDP Pelopor Perdamaian, Kemensos, seusai melakukan briefing konsolidasi di Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Pendampingan itu melibatkan beberapa tahap yaitu

Pengenalan dan pelibatan, dimana anggota melakukan kontak dan kesepakatan hubungan pendampingan dengan pihak keluarga. Disini juga dipertimbangkan pemberian pertolongan pertama psikososial, dan penatakelolaan kegundahan dan kecemasan akibat kecelakaan itu.

Pengkajian kebutuhan, anggota bersama keluarga meninjau situasi mereka selama proses pasca kecelakaan ini termasuk tantangan sosial anggota keluarga yang ditinggalkan di kampung halamannya, serta mengidentifikasi tugas-tugas praktis yang perlu dilaksanakan oleh keluarga, mengingat proses ini kompleks dan stressful.

Perencanaan, anggota dan keluarga membangunn kesepakatan tentang apa yang  perlu dilakukan, kapan, bagaimana dan di mana supaya keluarga dapat menunaikan proses – proses yang dibutuhkan

Pendampingan, dimana anggota Pelopor Perdamaian melaksanakan rencana yang sudah dibuat bersama keluarga korban sampai dengan pengurusan klaim asuransi serta santunan dengan memanfaatkan hubungan pertolongan itu sendiri, pengerahan dukungan dari Dinas-Dinas Sosial dan korps Pelopor Perdamaian di daerah asal, maupun unsur-unsur pelayanan lain dari Kemensos.

Penilaian, keluarga korban dan anggota bersama-sama meninjau proses dan hasil kerjasama mereka dalam hubungan pendampingan dan pertolongan, serta mengidentifikasi tugas-tugas baru yang harus dilakukan pasca pengebumian korban

Pengakhiran, dimana anggota dan keluarga sepakat untuk ber transisi menuju pemulihan dengan menentukan tugas-tugas lanjutan, menemukan pembelajaran dari musibah ini untuk secara positif menjadi pijakan pemulihan, dalam kaitna ini memastikan bahwa jaringan pelayanan Kemensos tetap mendukung selama diperlukan.
Hari ini keluarga salah satu korban Sriwijaya Air – SJ182 yaitu alm.Asy Habil Yamin, mendatangi RS Polri, setelah ia diberitahu bahwa jasad anggota keluarganya yang menjadi korban telah teridentifikasi, setelah sebelumnya korban a.n Okky Bisma juga telah teridentifikasi dan diambil jenazahnya oleh keluarga.

Mereka datang didampingi oleh anggota Pelopor Perdamaian mulai dari lokasi peristirahatan di Hotel Mercure Gatot Soebroto sampai ke RS Polri.

Tugas utama mereka adalah memberi pendampingan kepada keluarga korban. Mereka membantu keluarga korban yang syok dan sedang berduka, dan mereka pun tidak jarang menjadi tempat bercerita. Walau mereka tidak bisa mengembalikan orang yang dicintai, setidaknya mereka bisa memberi sedikit pelipur lara.

Dan sesuai dengan mandat dari Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, mereka pun turut membantu urusan administrasi keluarga korban. Mereka membantu keluarga yang mengalami hambatan untuk memenuhi syarat-syarat yang dibutuhkan.

Setelah jenazah diserahterimakan kepada keluarga korban., kemudian dibawa menggunakan ambulans menuju pemakaman di Tanah Kusir Jakatta Selatan diiringi oleh keluarga.

Dalam proses ini, anggota Pelopor Perdamaian turut mengiringi menuju ke pusara. Pelopor Perdamaian mendampingi keluarga, hingga jasad korban tertutup tanah.

Seperti diketahui, Kementerian Sosial membentuk korps relawan Pelopor Perdamaian pada tanggal 21 September 2010, dan dikukuhkan secara resmi sebagai Pelopor Perdamaian “Pordam” Indonesia pada tanggal 2 Desember 2020 di Mesuji Provinsi Lampung beberapa waktu lalu.

Saat ini, memiliki 1.500 anggota dari berbagai kalangan pegiat dan tokoh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Pordam merupakan aset  Kemensos RI dalam menangani Bencana Sosial, konflik dan bencana non alam, termasuk akibat kecelakaan ini. (Humas Ditjen Linjamsos)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Airlangga Hartarto masuk polling tokoh harapan rakyat, ini respon pengurus Partai Golkar

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, sementara menduduki posisi puncak dalam perburuan tokoh harapan untuk kepemimpinan nasional. Airlangga Hartarto tampaknya sekaligus digadang-gadang menuju Pilpres 2024.

Penempatan nama Airlangga Hartarto di urutan pertama tokoh harapan untuk kepemimpinan tersebut, berdasarkan jajak pendapat (polling) sebuah situs berita nasional.

Menanggapi hasil polling online tersebut, Ketua DPP Partai Golkar Tb Ace Hasan Syadzily mengatakan, pihaknya mengapresiasi pilihan masyarakat yang telah mempercayakan Airlangga Hartarto sebagai tokoh harapan 2024.

“Hasil polling tersebut merupakan cerminan bahwa kinerja Airlangga Hartarto baik sebagai menteri maupun Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), dinilai positif oleh masyarakat,” ucap Ace.

“Pertama, tentu kami mengucapkan terima kasih atas pilihan masyarakat yang mempercayakan pilihannya kepada Pak Airlangga Hartarto sebagai tokoh harapan 2024. Berarti Pak Airlangga yang selama ini bekerja keras sebagai Ketua Komite PEN dalam menjaga stabilitas ekonomi dinilai masyarakat dengan pandangan positif,” sambung Ace.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini menjelaskan, saat ini Airlangga Hartarto tengah fokus bekerja memulihkan ekonomi Indonesia yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Terkait hasil polling, pihaknya mengaku menyerahkan kepada para pembaca media online untuk menilai tokoh-tokoh yang memiliki harapan pada 2024.

“Masyarakat sudah cerdas untuk menentukan pilihan terbaiknya,” tegas Ace.

Dari jajak pendapat tersebut, hingga Rabu (24/2/2021) siang, Airlangga Hartarto memimpin dengan keunggulan sementara 16,44%. Menko Perekonomian sekaligus Ketua KPCPEN ini bersaing ketat dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Penyelenggara polling memberi pilihan 24 nama tokoh nasional populer yang terdiri dari kepala daerah, politisi, ketua partai, menteri, pimpinan lembaga negara.

Nama-nama seperti Ganjar Pranowo, Tri Rismaharini, Prabowo Subianto, hingga Susi Pudjiastuti juga masuk dalam daftar pilihan.

Selain 24 nama yang disediakan, penyelenggara polling juga meminta publik untuk memunculkan nama lain, jika dinilai layak. (***)

Continue Reading

News

Airlangga sebut pemerintah distribusikan 35 juta masker untuk masyarakat

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Dalam mendukung pelaksanaan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) mikro, pemerintah mulai membagikan masker kepada masyarakat. PPKM Mikro ini sendiri telah diperpanjang pemerintah hingga 8 Maret di tujuh provinsi di Pulau Jawa.

“Siang ini saya bersama Menteri Perindustrian Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita (@agusgumiwangK) menyerahkan 35 juta masker yang akan didistribusikan untuk masyarakat melalui TNI dan Polri,” begitu isi cuitan akun twitter resmi Menko Perekonomian dan Ketua KPCPEN, Airlangga Hartarto.

Masker berbahan kain dengan standar kesehatan itu diberikan gratis kepada masyarakat untuk mensukseskan program 3 M (Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). Diharapkan dengan adanya pembagian masker ini masyarakat bisa senantiasa mematuhi protokol kesehatan.

“Penyerahan 35 juta masker ini merupakan bentuk komitmen pemerintah lewat Kementerian Perindustrian untuk membantu mensukseskan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, terutama dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro,” tambah Airlangga dalam cuitannya, Kamis (24/2/2021) malam.

Selama ini pemerintah memang sangat mengharapkan tingkat kedisiplinan masyarakat terus meningkat untuk menerapkan protokol disiplin kesehatan. Dalam Pemaparan penanganan Covid-19 beberapa hari lalu menyebutkan jika tren kepatuhan protokol kesehatan juga meningkat di seluruh provinsi hingga 87-88 persen.

Dalam program pemberian masker oleh pemerintah itu sendiri, berlaku untuk masyarakat yang berada di semua zona, baik hijau, kuning, orange dan merah. Penyaluran masker gratis berbahan kain ini dikoordinasikan melalui aparat TNI/Polri yang ditegaskan untuk membantu pelaksanaan PPKM mikro.

“Hal ini juga sesuai arahan Presiden Joko Widodo @jokowi dimana pemerintah harus mendorong kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, salah satunya memakai masker. Untuk seluruh masyarakat, mari bersama kita jaga dan tetap patuhi protokol kesehatan. Salam,” pungkas Airlangga Hartarto lewat akun twitternya, @airlangga_hrt.

Lewat program pembagian masker secara gratis ini diharapkan bisa terus meningkatkan kepatuhan disiplin protokol kesehatan dan tentunya bisa menekan angka positif pandemi Covid-19 di Tanah Air. (***)

Continue Reading

News

Desa Tolok punya jalan layak, Dandim Sambas jelaskan program TMMD

Published

on

Sambas, Kalimantan Barat, koin24.co.id – Warga Desa Tolok, Kec. Menyuke, Kab. Landak, Kalimantan Barat (Kalbar) mengeluhkan rusaknya jalan di desa mereka, sehingga banyak aktifitas tidak berjalan dengan normal terutama pada sektor pertanian dan pendidikan.

Rusaknya fasilitas umum (jalan) tersebut sangat berpengaruh pada peningkatan perekonomian, karena jalan tersebut merupakan akses penting bagi masyarakat terutama bagi para petani.

Dandim 1208/Sambas Letkol Inf Setyo Budiyono, S.H., M.Tr.(Han), Rabu (24/2/2021) menjelaskan bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai langkah TNI AD untuk membangun desa yang tertinggal terutama infrastruktur, sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Dengan hadirnya Program TMMD ini dapat menyentuh sampai ke pelosok desa karena memang sudah menjadi tujuan TNI Manunggal Membangun Desa untuk kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Sukimin warga Desa Tolok mengungkapkan, jalan penghubung antar Desa dan Kecamatan itu merupakan akses utama transportasi masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian. “Sudah bertahun-tahun belum diperbaiki, sehingga warga sulit beraktifitas, apalagi saat kemarau kondisi jalan berdebu serta mengganggu pernafasan. Namun, saat musim hujan jalannya licin, berlumpur dan tidak bisa digunakan,” ungkapnya.

Ia menuturkan, guliran program TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke-110 Tahun 2021 yang dikerjakan Satgas TMMD Kodim 1201/Mempawah sangat membantu masyarakat yang kesulitan. (Pendim 1208/Sambas).

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler