Connect with us

Ekonomi

Ini daftar capaian APBN November 2020

Avatar

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan capaian manfaat APBN termasuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sampai dengan November 2020 pada konferensi pers virtual APBN KiTa (Kinerja dan Fakta) Edisi Desember di Jakarta, Senin, (21/12).

“Untuk capaian APBN 2020, kita tetap melakukan tracking terhadap keseluruhan capaian baik belanja termasuk PEN meskipun APBN sangat didominasi oleh masalah Covid,” jelas Menkeu.

Pada capaian bidang kesehatan sudah terealisasi untuk anggaran peserta PBI JKN sebanyak 96,7 juta jiwa, iuran bantuan PBPU/BP mencapai 44,4 juta jiwa, insentif tenaga kesehatan mencapai 449,5 ribu dokter dan pegawai di bidang kesehatan, santunan meninggal 143 nakes, pembayaran dan perawatan pasien Covid sudah mencapai 166,6 ribu pasien, alat-alat kesehatan untuk berbagai RS termasuk APD, masker incinerator, peralatan lab/PCR, 2.612 ventilator di lingkungan RS Pemerintah, Kementerian Kesehatan, maupun TNI-Polri.

Untuk Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) bidang kesehatan, insentif nakes di daerah sudah dibayarkan sebanyak 267,5 ribu dokter dan nakes. Sedangkan untuk pelatihan nakes sebanyak 1.171 orang dan tenaga administrasi 458,8 ribu orang.

Untuk perbaikan gedung Puskesmas, fasilitas rehabilitasi, pengadaan alat-alat kesehatan 71.165 unit, alat habis pakai dan obat-obatan sebanyak 215.088 paket, Bantuan Operasional untuk 9.058 Puskesmas, pelayanan kesehatan promotif/preventif untuk 3.320 orang dan kuratif rehabilitatif 530,2 ribu orang.

Pemerintah juga membantu pembayaran iuran JKN untuk 664.595 orang dan pembayaran tindakan kesehatan fakir-miskin untuk 2.935 orang.

Untuk capaian bantuan sosial (bansos) telah dianggarkan untuk program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan beras peserta PKH untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), bantuan sembako Jabodetabek untuk 1,9 juta KPM, Kartu Sembako untuk 19,4 juta KPM, Bantuan Tunai peserta Sembako Non PKH sebanyak 9 juta KPM, Bansos Tunai Non Jabodetabek 9,2 juta KPM.

Untuk Kartu Pra Kerja dialokasikasikan untuk 5,6 juta penerima, Bantuan Upah karyawan 12,4 juta pekerja, Bantuan Upah guru honorer (Kemendikbud) 1,5 juta guru.

Selain itu juga terdapat diskon listrik untuk 31,6 juta pelanggan rumah tangga dan UMKM, subsidi bunga UMKM untuk 20,4 juta debitur, penjaminan kredit UMKM sebanyak 246,6 ribu debitur, Bantuan Usaha Mikro untuk 10,4 juta penerima, pembiayaan investasi Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) untuk 101 ribu UMKM, subsidi pupuk sebanyak 7,9 juta ton dan insentif perumahan untuk 183,3 ribu unit.

Sedangkan untuk belanja ke daerah melalui TKDD, telah disalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 8 juta penerima, kegiatan padat karya telah diikuti 281 orang. Kemudian bantuan budidaya ternak sebanyak 7.810 unit/set, 7.494 ternak, 63.510 bibit/benih. Selain itu, bantuan perlatan disediakan sebanyak 131 unit, fasilitas promosi 5 frekuensi untuk 520 orang dan bantuan usaha untuk 520 UMKM.

Menteri Kejuangan Sri Mulyani Indrawati. (Kemenkeu)

Di bidang pendidikan, telah terealisir dari Program Indonesia Pintar untuk 16,14 juta siswa, Bidik Misi/KIP Kuliah 838,98 ribu mahasiswa, subsisdi kuota internet Kemendikbud 44,3 juta penerima, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kementerian Agama (Kemenag) untuk 8,4 juta siswa. Untuk membangun/rehab gedung Sekolah Dasar hingga Menengah telah direalisir sebanyak 755 sekolah, madrasah dan sekolah keagamaan sebanyak 338 sekolah. Pembangunan 24 asrama dan 25 ruang belajar untuk pondok pesantren, pembangunan/rehab kelas/madrasah dan sekolah keagamaan (Kementerian PUPR) sudah mencapai 48,86% dari target 100 pesantren, dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pesantren untuk 193 ribu emabga dan 14,2 ribu pesantren.

Untuk penyaluran anggaran pendidikan di daerah melalui TKDD, telah disalurkan dana BOS untuk 44,2 juta siswa pada 216 ribu sekolah, BOUS PAUD bagi 5,9 juta anak, tunjangan profesi guru untuk 1,15 ribu guru, pelatihan kepariwisataan sebanyak 23.067 peserta dan 64 Pusat Informasi Pariwisata (TIC).

Untuk rehabilitasi ruang kelas sebanyak 30.138 ruang, pembangunan RKB beserta perabot sebanyak 6.404 ruang, pengadaan peralatan pendidikan 42.915 paket dan pembangunan laboratorium sebanyak 2.903 ruang.

Untuk capaian di bidang infrastruktur, telah terbangun jaringan irigasi sepanjang 280,84 km dengan rata-rata fisik sudah mencapai 90,34%, bendungan sudah terbangun 45 buah, pembangunan jalan baru sepanjang 208,74 km, pelabuhan di 5 lokasi yaitu di pelabuhan Sanur, Bali, pelabuhan Labuhan Bajo, NTT, pelabuhan Lebiti Sulawesi Tengah, pelabuhan Munse Sulawesi Tenggara, pelabuhan Tanjung Ular, Bangka Belitung.

Untuk rehabilitasi jaringan irigasi tersier telah tercapai 160.515 hektar atau 96,78%, rehabilitasi jaringan irigasi terbangun rata-rata fisik 88,19%, rel kereta api sepanjang 368,4 km’sp, pembangunan jembatan 5.829,97 m, jaringan gas di 23 kabupaten/kota sebanyak 128.695 sambungan rumah (SR) atau 92,43%, Padat Karya untuk 2,2 juta orang.

Untuk capaian infrastruktur melalui TKDD, telah terbangun jaringan irigasi 240 ha, peningkatan 222 ha, rehabilitiasi 15.959 ha. Untuk pembangunan jalan sepanjang 37 km, pemeliharaan 180 km, peningkatan 938 km. Untuk sanitasi, pembangunan tangki septik sebanyak 52.023 unit, pembangunan MCK 165 unit, pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 594 unit. Untuk Sistem Penyediaan Air Minum, telah ada pembangunan baru sebanyak 7.791 sambungan rumah (SR), peningkatan 22.748 SR, dan perluasan 26.969. Untuk jembatan telah dibangun sepanjang 150 m, dan pemeliharaan 225 m. Untuk pertanian telah dibangun sumber-sumber air sebanyak 1.241 unit, pembangunan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) baru 12 unit, renovasi BPP 5.239 meter persegi, sarana pendukung BPP 213 paket dan pembangunan/renovasi UPTD/Balai sebanyak 52 unit. (nr/ds/Kemenkeu)

Ekonomi

Luncurkan Motor Grader Cat 16 GC, Trakindo: Tingkatkan Industri Pertambangan Nasional

meldachaniago

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – PT Trakindo Utama (Trakindo) meluncurkan unit terbarunya Motor Grader Cat 16 GC di acara Mining Expo 2023, Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2023). Produk terbaru ini dianggap lebih ekonomis dan mudah perawatan serta sejalan dengan komitmen perusahaan yakni “Advancing You Forward” untuk senantiasa mendukung peningkatan produktivitas pelanggan khususnya di industri pertambangan.

General Manager Sales Mining Trakindo Ario Wirawan menjelaskan, penggunaan alat berat yang tepat dan penerapan teknologi terkini diharapkan bisa menjadi solusi yang efektif dalam upaya mencapai hasil produksi yang optimal. Terlebih, optimalisasi kemampuan alat berat merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan produktivitas.

“Harapannya melalui kegiatan ini, kami bisa hadir lebih dekat kepada pelanggan dan mendukung kemajuan bisnisnya, sekaligus turut berkontribusi untuk meningkatkan industri pertambangan nasional,” jelas Ario.

Menurut dia, MineStar merupakan teknologi solusi komprehensif yang mengintegrasikan produk, proses, dan sumber daya manusia untuk membantu pelaku industri dalam mengelola rantai pekerjaan pertambangan, mulai dari pelacakan material, manajemen armada, identifikasi kesehatan alat berat, hingga sistem peralatan otonom. MineStar merupakan jawaban atas tantangan industri pertambangan untuk mendorong produktivitas pertambangan dengan tetap mengedepankan unsur keselamatan.

“Pemantauan pekerjaan alat berat dan operasional di site bisa didapatkan secara akurat dan real-time,sehingga pengambilan keputusan pun dapat dilakukan lebih cepat, tepat, dan operasional pun menjadi lebih efektif. Selain itu, pekerjaan operator juga menjadi lebih akurat dan produktif, serta mengurangi risiko insiden keselamatan,” kata Ario.

Berbagai manfaat dirasakan langsung oleh para pelanggan Trakindo, salah satunya PT Cipta Kridatama (CK). Ilham Medica selaku Technology Solution Manager Cipta Kridatama mengungkapkan, keputusan menggunakan MineStar merupakan wujud transformasi digital CK dalam menghadapi tantangan di pertambangan. Setelah menggunakan MineStar, terutama fitur Fleet / Fleet Management System (FMS), CK merasakan berbagai perubahan positif, bahkan telah memberikan banyak pekerjaan dengan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

“Salah satu contohnya memberikan perubahan rute unit yang lebih cepat hanya dengan sentuhan jari. Karena sebelumnya pengawas harus mendatangi setiap unit secara langsung untuk memberikan rute baru kepada operatornya,” terangnya.

Continue Reading

Ekonomi

Kerja Sama dengan Pos Indonesia, Treetan Mudahkan Layanan Wisata Halal dan Umrah Melalui PosPay

meldachaniago

Published

on

JAKARTA, koin24.co.id – PT Treetan Nusantara Network melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT Pos Indonesia (Persero) di Jakarta. Kerja sama ini menyangkut penyediaan layanan digital paket umrah dan wisata halal melalui channel PosPay.

Chief Executive Officer and Co-Founder Treetan Aan Yugiastomo mengatakan, kerja sama ini untuk memudahkan masyarakat melakukan ibadah umrah dan wisata halal.

“Penandatangan perjanjian kerja sama antara PT Treetan Nusantara Network dengan PT Pos Indonesia (Persero) tentang penyediaan layanan digital paket umrah dan wisata halal melalui modern channel Pospay di Jakarta,” tutur Aan di Jakarta, Jumat (21/7/2023).

“Kemudahan Umroh dan Wisata Syariah Kolaborasi Treetan dengan PosPay Syariah serta jaringan PT. Pos di Seluruh Indonesia,” sambungnya.

Aan juga menuturkan, pihaknya sangat senang dengan kerja sama ini. Pasalnya, kata dia, hal ini dapat memudahkan masyarakat untuk lebih dekat lagi dengan Treetan.

“Kami sangat bangga bisa bekerja sama dengan PosPay dan jaringan PT Pos Indonesia, untuk memudahkan masyarakat kita untuk lebih dekat lagi kepada travel-travel yang telah kami Kurasi,” kata Aan.

Dia optimistis kerja sama ini dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat. “Kerja sama ini kita akan terus kembangan dengan layanan yang ada di PT Pos, baik produk giropos serta channel pembayaran yang bisa difasilitasi melalui jaringan PT Pos di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, SVP Sales and Marketing financial service) PT Pos Indonesia Kiagus Muhammad Amran mengaku senang dengan kerja sama ini. Dia mengatakan, kerja sama ini juga untuk mengembangkan layanan PosPay ke seluruh Indonesia.

“PT Pos sangat senang bisa bekerja sama dengan Treetan untuk mengembangkan layanan PosPay dan keuangan agar masyarakat lebih mudah beribah umrah,” tutur Kiagus.

Continue Reading

Ekonomi

Raker PT. PPILN yang Ke-10 Tahun 2022 Menuju Era Mas

Avatar

Published

on

Jakarta, koin24.co.id – PT. Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional menggelar rapat kerja nasional ke-10 sekaligus memberikan Award kepada wilayah-wilayah terbaik. Terbaik ketiga di berikan kepada wilayah Bali, terbaik kedua di berikan wilayah Sumsel, terbaik ke satu di raih wilayah Jatim, yang berlangsung di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/1/22).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Perwakilan Dirjen Ketenagalistrikan Kemen ESDM, Muhadi, ST.Mt, selaku Koordinator Usaha Penunjang Ketenagalistrikan. L Didit Waskito, ST., MT, selaku Koordinator Kelaikan Tehnik dan Keselamatan Ketenagalistrikan, Komisaris PT. PPILN. Direktur Utama PT. PPILN, Edy Sayudi, ST, Direktur Bidang PT. PPILN. General Manager PT. PPILN Wilayah se-Indonesia dan peserta Zoom Pengawas Wilayah dan seluruh Manager Area PT. PPILN seluruh Indonesia.

Direktur Utama PT. PPILN, H. Edy Sayudi, ST dalam sambutannya mengatakan, perjalanan perusahaan yang menginjak 10 tahun merupakan kebanggan bagi kita semua. Bagaimanapun perusahaan membangun soliditas dan kekuatan manajemen sehingga pembangunan kekeluargaan tetap senantiasa terjaga.

“Alhamdulillah, PT. PPILN yang sudah 10 tahun berjalan tanpa mengenal lelah sekalipun kesulitan yang kita hadapi tanpa ada hentinya atas kerja keras seluruh karyawan karyawati di seluruh indonesia PPILN mampu mempertahankan kenerja yang sangat baik terbukti berturut turut menerima penghargaan terbaik dari EDSM

Dijelaskan Edy, tentunya pembinaan dan penilaian yang di lakukan oleh pemerintah tidak mudah dilakukan oleh DJK terhadap perusahaan yang dibawahnya karena dinamika yang ada memiliki karakteristik yang berbeda beda sehingga mungkin dari seluruh stakeholder yang dibawah pemerintah terutama para LIT TR memiliki cara yang berbeda penilaian yang di lakukan oleh DJK sangat berat sekalipun standarisasi penilaian sudah di tetapkan

“Kami ucapkan terima kasih banyak karena PT. PPILN masih mendapatkan nilai terbaik dari pemerintah,” terangnya.

Ia menambahkan, penilaian tidak mudah didapat karena persaingan begitu ketat dan ada kriteria yang harus dipenuhi. (Red).

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Terpopuler